Tanya Herbal

Endometriosis, Kelainan Pada Sistem Reproduksi Perempuan

Endometriosis, Kelainan Pada Sistem Reproduksi Perempuan. Penyakit tersebut muncul saat jaringan dari lapisan dalam dinding rahim tumbuh di luar rongga rahim.

Meski penyakit ini tidak tergolong penyakit yang mematikan, namun endometriosis kronis bisa menyebabkan gejala yang dapat mengganggu aktivitas. Gejala endometriosis yang paling sering terasa biasanya berupa sakit yang luar biasa ketika menstruasi.

Tidak hanya itu, peserta pun dapat mengalami pendarahan berlebih ketika menstruasi dan rasa sakit ketika buang air besar maupun kecil. Gejala endometriosis biasanya terasa paling parah sebelum dan selama menstruasi berlangsung. Dampak penyakit ini akan berbeda-beda pada setiap perempuan.


Oleh karena itu, sangat penting untuk tidak meremehkan sakit yang berlebih ketika menstruasi dan baiknya memeriksakan diri ke dokter dengan segera.

Setiap bulan, di dalam tubuh perempuan terjadi pelepasan hormon yang dapat memicu penebalan dinding rahim maupun endometrium serta bersiap menerima sel telur yang telah dibuahi. Jika kehamilan tidak terjadi, dinding rahim akan luruh keluar dari dalam tubuh dalam bentuk menstruasi.

Endometriosis, Kelainan Pada Sistem Reproduksi Perempuan terjadi ketika jaringan endometrium tumbuh di luar rahim. Ketika Anda mengidap endometriosis, jaringan tersebut mengalami proses penebalan serta luruh yang sama dengan menstruasi. Namun darah di luar rahim mengendap dan tidak mampu keluar karena terletak di luar rahim.

Endapan tersebut dan jaringan di sekitarnya mengalami iritasi dan membentuk jaringan parut maupun bekas iritasi terbentuk.

Penyebab jaringan endometrium tumbuh di luar rahim belum diketahui dengan pasti. Namun ada hal yang memperparah kondisi ini yakni kadar hormon estrogen yang tinggi.

Oleh karena itu, Endometriosis, Kelainan Pada Sistem Reproduksi Perempuan biasanya menyerang perempuan di usia produktif. Beberapa faktor risiko disamping estrogen juga diduga menjadi pemicu lainnya seperti faktor keturunan, keabnormalan pada rahim, serta pengaruh infeksi panggul yang pernah diidap.

Karena penyebab endometriosis belum diketahui dengan pasti, langkah penanganannya pun belum ada. Namun pengobatan tetap bisa dilakukan dengan tujuan untuk mengurangi gejala supaya tidak mengganggu rutinitas sehari-hari.

Sakit luar biasa ketika menstruasi yang menjadi gejala utama endometriosis bisa dikurangi dengan obat pereda rasa sakit ataupun terapi hormon. Penanganan melalui operasi juga dapat dilakukan untuk mengangkat jaringan endometriosis, terutama untuk para pengidap yang sedang merencanakan kehamilan.

Gejala lain yang biasanya dirasakan penderita adalah sakit ketika berhubungan seksual, sakit di perut bagian bawah serta pinggul, sakit saat buang air kecil, perut terasa kembung, terjadi pendarahan di luar siklus mentruasi, dan volume darah berlebihan ketika sedang menstruasi. Jaringan endometrium juga bisa terjadi di bagian tubuh lainnya seperti ovarium, vaginam dinding luar rahim, kandung kemih, paru-paru, dan otak.

Jika anda mengalami hal ini maka penting untuk segera melakukan konsultasi ke dokter kandungan atau dokter ahli penyakit dalam untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut.

By Rifaldi Abdul Ridwan - Kesehatan Rabu, 07 Desember 2016 14:10:18

Endometriosis, Kelainan Pada Sistem Reproduksi Perempuan
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Penjelasan lengkap mengenai penyakit Endometriosis, Kelainan Pada Sistem Reproduksi Perempuan yang diulas dengan solusinya
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak sering pipis

    0 Balasan

    Kesehatan

    Assalamu’alaikum. anak saya umur 18 bulan, masih ASI, sering sekalai minta minum air putih apalagi jika malam, sering kebangun minta minum. Dalam sehari bisa 4-5 diapers. Cuaca dirumah memang panas.…

  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    3 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    8 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…


Kesehatan
Penyebab Cedera Saraf Tulang Belakang

Anda harus mengetahui penyebab cedera…

Kesehatan
Manfaat Ikan Dori Untuk kesehatan

Kandungan gizi yang terdapat dalam…

Kesehatan
Diagnosis Diare, Mulai Tes Darah Sampai Colok Dubur

Inilah informasi tentang Diagnosis Diare,…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top