Tanya Herbal

Dislokasi, Cedera Pada Sendi Ketika Tulang Bergeser


Dislokasi, Cedera Pada Sendi Ketika Tulang Bergeser -, Dislokasi merupakan cedera yang terjadi pada sendi saat tulang bergeser serta keluar dari posisi normalnya. Kasus dislokasi sebagian besar terjadi karena benturan yang terjadi pada sendi. Misal ketika sedang bermain basket maupun ketika jatuh dari sepeda. Dislokasi juga bisa terjadi pada bahu dan jari. Meski begitu, persendian lain seperti pinggul, lutut, siku tangan, dan pergelangan kaki pun dapat mengalami cedera tersebut.



Gejala dislokasi yang utama umumnya berupa adanya kejanggalan pada bentuk sendi. Misal muncul benjolan aneh dekat tempurung maupun soket sendi. Tidak hanya itu, sendi pun biasanya mengalami lebam, pembengkakan, tidak bisa digerakan, dan terasa sakit. Sensasi kebas maupun geli pun bisa muncul di sekitar sendi yang mengalami dislokasi. Cedera tersebut termasuk kondisi darurat yang perlu penanganan medis untuk mengembalikan tulang di posisi yang seharusnya. Oleh karena itu, jika Anda mengalami gejala tersebut, segera konsultasikan dengan dokter.

Karena gejalanya nyaris sama, dislokasi sulit dibedakan dengan patah tulang. Tidak hanya memeriksa sirkulasi darah dan kerusakan bentuk sendi pada area tersebut, dokter pun akan menganjurkan MRI Scan dan X-Ray untuk memastikan diagnosis. Setelah dokter mendiagnosis bahwa Anda positif mengalami dislokasi sendi, selanjutnya dokter menentukan pengobatan apa yang akan Anda jalani.

Beberapa langkah penanganan yang umum dilakukan diantaranya adalah menghambat gerakan sendi usai posisi tulang dikembalikan (imobilisasi). Contoh dengan menggunakan penyangga sendi selama beberapa minggu. Selain itu, bisa juga dengan mengembalikan tulang di posisi yang semestinya dengan manual atau tindakan reduksi.


Operasi dalam menangani dislokasi juga memungkinkan. Prosedur tersebut diperlukan jika proses pengembalian tulang manual tak dapat dilakukan, adanya komplikasi seperti rusaknya pembuluh darah, ligament, dan saraf di sekitar lokasi dislokasi, atau pernah terjadi dislokasi berulang kali. Penanganan lainnya adalah dengan proses rehabilitasi yang akan dijalani pasien usai penyangga dilepas dengan tujuan untuk melatih sendi sehingga mobilitas dan kekuatan sendi yang cedera dapat kembali seperti semula.

Tidak hanya penanganan secara professional, langkah sederhana yang bisa dilakukan untuk penyembuhan sendi pun bisa dilakukan seperti mengistirahatkan sendi yang dislokasi, mengompres sendi yang cedera dengan air es maupun air hangat, melatih sendi yang cedera dengan petunjuk dari ahli terapi atau dokter, dan menggunakan obat pereda rasa sakit seperti ibuprofen jika perlu.

Jika kondisi ini dibiarkan begitu saja, dislokasi bisa menyebabkan komplikasi seperti sobeknya otot, tendon, atau ligament pada sendi yang cedera, kerusakan saraf maupun pembuluh darah pada sendi, dan muncul arthritis pada sendi yang cedera seiring umur pengidap yang bertambah.

Sekian informasi tentang dislokasi, cedera pada sendi ketika tulang bergeser yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat bagi anda. dan untuk anda yang ingin bertanya lebih lengkap tentang informasi tersebut silahkan langsung saja berkonsultasi atau tanyakan saja apa yang anda ingin tanyakan di tanya herbal.

By Yayat Ruhiyat - Kesehatan Rabu, 07 Desember 2016 08:29:32

Dislokasi, Cedera Pada Sendi Ketika Tulang Bergeser
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Berikut informasi tentang Dislokasi, Cedera Pada Sendi Ketika Tulang Bergeser Dari Posisi Normal yang akan saya bahas kali ini secara lengkap dan jelas.
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak sering pipis

    0 Balasan

    Kesehatan

    Assalamu’alaikum. anak saya umur 18 bulan, masih ASI, sering sekalai minta minum air putih apalagi jika malam, sering kebangun minta minum. Dalam sehari bisa 4-5 diapers. Cuaca dirumah memang panas.…

  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    3 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    8 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…


Kesehatan
Waspadai Jika Mengalami Batuk Darah

SImaklah informasi kali ini yang…

Kesehatan
Lakukan Penanganan Disleksia Sejak Dini

Lakukan Penanganan Disleksia Sejak Dini…

Kesehatan
Penyebab Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)

Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top