Tanya Herbal

Lakukan Penanganan Disleksia Sejak Dini

Anak Anda sangat sulit untuk bisa membaca dan menulis padahal dirinya telah berusaha keras? Waspadai gejala disleksia. Untuk memeriksakan anak Anda apakah terkena disleksia atau bukan, segera lakukan penanganan disleksia sejak dini dengan mengunjungi dokter ahli. Namun sebelumnya Anda juga bisa mencari mengamati kelebihan dan kekurangan anak. Proses tersebut bisa dilakukan lewat permainan seperti puzzle bergambar. Jika mungkin, Anda pun bisa meminta bantuan dari guru sekolahnya untuk memberikan program remedial.


Sebenarnya disleksia termasuk penyakit yang sulit dideteksi karena gejalanya beragam. Diagnosis disleksia memerlukan penilaian dari beberapa faktor seperti keadaan rumah, riwayat, pendidikan, perkembangan, serta kesehatan anak, pengisian kuesioner oleh para anggota keluarga dan guru di sekolah, pemeriksaan pendengaran, penglihatan, serta neurologi anak untuk mengetahui adanya penyakit lain yang menyebabkan gejala-gejala yang dialami, tes pemeriksaan kemampuan dalam memahami informasi, memori, membaca, dan bahasa anak, serta melakukan tes psikologi untuk memahami kondisi kejiwaan anak untuk mengetahui apakah ada gangguan kecemasan, interaksi, dan depresi.

Setelah hasil diagnosis sudah pasti, dokter umumnya akan menganjurkan penanganan yang harus dijalani. Penyakit ini memang sulit disembuhkan, namun pendeteksian serta penanganan dini sangat membantu untuk meningkatkan kemampuan penderita terutama dalam membaca. Bentuk penanganan yang bisa membantu penderita disleksia adalah bantuan edukasi yang lebih. Penentuan intervensi yang cocok umumnya tergantung pada tingkat keparahan dan hasil tes psikologi pada penderita.

Pada anak-anak yang menderita disleksia, penelitian menunjukkan intervensi edukasi sangat efektif jika diberikan ketika usia anak belum mencapai 8 tahun. Jenis intervensi yang sangat membantu adalah fonik atau intervensi yang berfokus pada kemampuan fonologi. Penderita disleksia akan diajari elemen dasar seperti belajar mengenal satuan bunyi terkecil dalam kata atau fonem, memahami apa yang dibaca, memahami huruf serta susunan huruf yang membentuk bunyi tersebut, membangun kosakata, dan membaca suara.

Selain intervensi edukasi, orang tua pun mempunyai peran penting untuk meningkatkan kemampuan anak. Langkah tersebut bisa dilakukan dengan membacakan buku yang membuat anak tertarik . Kegiatan membaca buku bisa dilakukan lebih dari sekali supaya anak bisa terbiasa dengan teks di dalam buku. Membujuk serta menyemangati anak untuk rajin membaca juga bagus dilakukan, lalu kegiatan dilanjutkan dengan mendiskusikan isinya bersama-sama.

Ketika anak melakukan kesalahan ketika membaca, orang tua sebaiknya tidak mencela. Hal tersebut dilakukan agar rasa percaya diri anak dapat terbangun. Intervensi edukasi tak hanya berguna untuk penderita disleksia anak, namun juga untuk penderita yang sudah remaja dan dewasa dalam meningkatkan kemampuan baca tulis. Melibatkan bantuan teknologi misalnya program computer dan perangkat lunak pengenalan suara juga akan sangat bermanfaat.

Itulah cara yang dapat anda lakukan dalam penanganan disleksia sejak dini. Apabila anda punya pertanyaan seputar disleksia atau topik yang lainnya, silahkan konsultasikan langsung pada kami di tanyaherbal.com, dengan senang hati akan kami layani dengan baik.

By Ari Hermansyah - Kesehatan Selasa, 06 Desember 2016 10:42:45

Lakukan Penanganan Disleksia Sejak Dini
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Lakukan Penanganan Disleksia Sejak Dini dengan berbagai terapi tes untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan anak agar pribadi anak dan psikologisnya dapat terbantu.
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak sering pipis

    0 Balasan

    Kesehatan

    Assalamu’alaikum. anak saya umur 18 bulan, masih ASI, sering sekalai minta minum air putih apalagi jika malam, sering kebangun minta minum. Dalam sehari bisa 4-5 diapers. Cuaca dirumah memang panas.…

  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    3 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    8 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…


Kesehatan
Manfaat Mengkonsumsi Suplemen

Manfaat Mengkonsumsi Suplemen. fungsi suplemen.…

Kesehatan
Gastritis, Peradangan Pada Dinding Lambung

Penyakit yang sangat banyak di…

Kesehatan
Gejala dan Penyebab Batu Ginjal

Gejala batu ginjal yang sangat…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top