Tanya Herbal

Manfaat Keji Beling dan Cara Pengolahannya

Manfaat Keji Beling dan Cara Pengolahannya - Bagi orang jawa, keji beling disebut dengan nama "Sambaing geteh". Sedangkan orang sunda menyebutnya dengan "Remek daging" atau "Reundeu beureum". Keji beling merupakan jenis tumbuhan berbatang basah dan sepintas menyerupai rumput berbatang tegak. Di Jawa, tanaman tersebut banyak terdapat di pedesaan serta tumbuh sebagai semak.


Sebelum menjelaskan mengenai Manfaat Keji Beling dan Cara Pengolahannya, kami akan membahas lebih detail tentang tumbuhan yang bernama latin Strobilanthes crispus ini. Keji beling umumnya hidup dengan menggerombol, tingginya sekitar 1 sampai 2 meter pada tumbuhan dewasa. Batangnya beruas dengan bentuk batang bulat berdiameter 0,12 sampai 0,7 cm dengan bulu kasar. Kulit batangnya berwarna ungu dilengkapi bintik-bintik hijau saat muda dan berubah menjadi warna cokelat setelah tua.

Manfaat Keji Beling dan Cara Pengolahannya

Keji beling mempunyai buah berbentuk bulat. Jika masih muda, bentuknya hijau, setelah tua bentuknya hitam. Bijinya berbentuk bulat dan berukuran kecil. Sistem perakarannya berupa tunggang dengan akar seperti tombak berwarna putih. Keji beling mengandung berbagai zat kimia seperti natrium, kalium, kalsium, alkaloida, asam silikat, saponin, polilenoi, dan flavonoida. Kalium memiliki fungsi untuk melancarkan air seni dan menghancurkan batu dalam ginjal, empedu, serta kandung kemih. Natrium memiliki fungsi untuk meningkatkan cairan ekstrakulikuler dan menyebabkan peningkatan volume darah. Untuk manfaat keji beling, berikut kami rangkum:

  1. Manfaat keji beling untuk kencing batu. Ambil 1 gram daun keji beling, air 100 mililiter, dan 10 gram daun tembutung. Seduh daun keji beling dan daun tembutung lalu minum 1 kali sehari.
  2. Manfaat keji beling untuk kencing kurang lancar. Ambil 25 gram daun keji beling segar lalu rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. Setelah dingin, saring, lalu minum sekaligus.
  3. Manfaat keji beling untuk batu kandung empedu. Ambil 5 lembar daun keji beling dan 7 lembar daun ungu segar, bersihkan lalu rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas. Minum secara rutin.
  4. Manfaat keji beling untuk kencing manis. Ambil 30 gram daun keji beling segar, rebus menggunakan 6 gelas air hingga tersisa 3 gelas. Dinginkan lalu saring. Minum 3 kali setiap hari.
  5. Manfaat keji beling untuk batu ginjal. Ambil 50 gram daun biji keeling, 7 batang meniran, 7 lembar daun ungu, cuci dan rebus dengan 4 gelas air. Biarkan mendidih sampai menjadi 2 gelas. Dinginkan, saring, dan minum 3 kali per hari.
  6. Manfaat keji beling untuk sembelit. Ambil setengah genggam daun keji beling, cuci dengan bersih kemudian rebus menggunakan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Usai dingin, kemudian disaring dan diminum.
  7. Manfaat keji beling untuk wasir. Ambil daun segar 50 gram, rebus dengan 6 gelas air sampai tersisa 3 gelas, dinginkan lalu saring. Minum tiga kali per hari masing-masing satu gelas tiap kali minum.

Itulah 7 Manfaat Keji Beling dan Cara Pengolahannya. Semoga menjadi referensi herbal bagi para pembaca sekalian.

By Asep Rusdi - Makanan Sabtu, 03 Desember 2016 12:56:36

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Manfaat Biji Rami

    1 Balasan

    Makanan

    Bung! Ane punya banyak biji rami di rumah, kire-kire.. Selaen buat pakan burung, ntu bisa dimanfaatin ape aje ye..?

  • Solusi Rambut botak

    1 Balasan

    Makanan

    Hei tanya herbal! Permisi, saya Iip usia 35th. Tolong carikan solusi rambut botak buat saya dong.. Apa ada sayur yang harus saya makan? Apa sayur nya..? Mohon jawab langsung!

  • Makanan Yang Baik Untuk Penderita Anemia

    1 Balasan

    Makanan

    Selamat Siang "Tanya Herbal" Makanan yang baik untuk penderita anemia itu apa aja ya.. ? Serba salah, takutnya ada apa".. mohon jawabannya.

  • Apa Bahaya Dari Kelebihan Konsumsi Daging Kurban?

    1 Balasan

    Makanan

    Di hari raya idul adha ini banyak sekali daging kurban seperti daging sapi dan kambing. Yang ingin saya tanyakan, apa bahaya dari kelebihan konsumsi daging kurban? Mohon penjelasannya.

  • Masak Sayur Asem Setiap Hari

    1 Balasan

    Makanan

    Selamat pagi dok. Saya Ibu seorang ibu rumah tangga, setiap hari saya selalu menyertakan sayur asem dalam menu hidangan saya karena suami dan anak saya sangat senang sekali dengan sayur…


Makanan
Manfaat Dandelion Untuk Kesehatan

Bunga dandelion atau yang disebut…

Makanan
7 Manfaat Asparagus Untuk Kesehatan

Kali ini kami akan memberikan…

Makanan
Manfaat Daun Ketumbar

Ketumbar banyak terdapat di wilayah…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top