Tanya Herbal

Gejala dan Penyebab Batu Ginjal

Gejala batu ginjal umum nya tak dirasakan penderita jika batu masih berada di dalam ginjal, oleh sebab itu kita harus tahu gejala dan penyebab batu ginjal. Begitu juga jika batu berukuran sangat kecil sehingga kemungkinan besar dapat dikeluarkan dari tubuh lewat ureter dengan mudah. Gejala baru akan terasa saat batu ginjal berukuran lebih besar serta keluar dari ginjal menuju ke ureter, saluran yang menghubungkan kandung kemih dan ginjal.


Ureter adalah organ yang berbentuk tabung dengan jaringan sensitif. Saat batu ginjal yang cukup besar akan melewati ureter, batu tersebut bergesekan dengan dinding ureter dan menyebabkan luka. Hal tersebut menjadikan urin terkadang mengandung darah. Jika batu ginjal tersebut sudah berukuran cukup besar, maka batu tersebut dapat tersangkut dalam ureter dan menghambat urin mengalir dari ginjal.

Gejala batu ginjal yang sangat umum adalah berupa adanya rasa nyeri di perut, pinggang, punggung bawah, dan selangkangan. Nyeri tersebut dapat terasa konstan, bisa juga datang dan pergi, oleh sebab itu kita harus tahu gejala dan penyebab batu ginjal. Gejala lainnya adalah frekuensi buang air kecil meningkat dan terasa sakit ketika kencing. Warna urin juga tampak keruh seperti kecoklatan ataupun kemerahan dengan bau yang berbeda dibandingkan biasanya.

Tidak hanya itu, penderita pun biasanya susah untuk beristirahat dengan tenang, sering muntah, dan mengalami mual. Jika batu tersangkut dalam ureter dan menyebabkan urin tertumpuk dalam ginjal serta menyebabkan infeksi pada ginjal, suhu tubuh akan naik. Infeksi ginjal pun membuat penderita mengalami diare, merasa menggigil, serta merasa sangat lemas.

Perlu Anda ketahui, ginjal memiliki fungsi untuk membersihkan darah setiap hari dengan cara menyaring zat-zat limbah yang terdapat di dalamnya kemudian dibuang berupa urin. Terkadang zat-zat tersebut terlalu tinggi yang menyebabkan tidak bisa dibuang sepenuhnya oleh tubuh lalu mengendap dalam ginjal. Endapan tersebut bisa mengeras atau mengkristal lama-kelamaan dan terbentuklah batu ginjal.

Endapan di dalam batu ginjal dapat disebabkan karena makanan mau pun masalah kesehatan lain. Segera laukan konsultasi kesehatan agar Anda segera mendapat kesembuhan. Berdasarkan faktor penyebabnya, batu ginjal dibagi menjadi empat jenis yakni batu asam urat, batu kalsium, batu sistin, dan batu struvit.

Batu asam urat terbentuk karena kadar asam urat tinggi dalam urin. Hal tersebut disebabkan penderita sering mengonsumsi makanan berkadar purin tinggi seperti kerang-kerangan, jeroan, dan daging kambing. Batu kalsium disebabkan karena kadar kalsium yang tinggi dalam urin. Jenis batu yang satu ini adalah yang paling sering terjadi. Kadar kalsium tinggi bisa berasal dari terlalu sering mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D atau mengandung oksalat seperti hati sapi, kacang kedelai, teh, cokelat, kopi, dan tiram.

Batu sistin terbentuk karena banyak asam amino sistin yang dikeluarkan ginjal. Batu sistin adalah batu ginjal yang jarang ditemukan. Sedangkan batu struvit adalah jenis batu ginjal yang bisa terbentuk serta membesar dengan cepat. Penyebab utamanya adalah infeksi saluran kemih yang tidak diobati.

By Rahman Amaruloh - Kesehatan Sabtu, 03 Desember 2016 09:15:59

Gejala dan Penyebab Batu Ginjal
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Gejala batu ginjal yang sangat umum adalah berupa adanya rasa nyeri di perut, pinggang, punggung bawah, dan selangkangan.
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak sering pipis

    0 Balasan

    Kesehatan

    Assalamu’alaikum. anak saya umur 18 bulan, masih ASI, sering sekalai minta minum air putih apalagi jika malam, sering kebangun minta minum. Dalam sehari bisa 4-5 diapers. Cuaca dirumah memang panas.…

  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    3 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    8 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…


Kesehatan
Kesehatan
Pemantauan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes

Pemantauan kadar gula darah pada…

Kesehatan
Penyebab Orang Mengalami Buta Warna

Penyebab Orang Mengalami Buta Warna…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top