Tanya Herbal

Gejala dan Faktor Penyebab Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Gejala dan faktor penyebab carpal tunnel syndrome (CTS) ini mulanya berupa jari yang terasa mati rasa dimalam hari. Gejala ini kemungkinan karena tangan beserta pergelangan berada pada posisi rileks serta lentur ketika tertidur. Tidak hanya itu, CTS juga dapat disebabkan akibat penimbunan cairan yang membuat persendian terhimpit. Sehingga Anda terbangun dengan tangan dengan kesemutan dan mati rasa.


Gejala bisa muncul pada area yang terhubung dengan saraf median yakni ibu jari, jari telunjuk, jari manis, dan jari tengah. Gejala juga dapat menyebar di luar area tersebut seperti pada siku maupun lengan. Kondisi tersebut dapat muncul di salah satu tangan maupun keduanya. Gejala lain yang muncul karena CTS diantaranya adalah menjadi kurang sensitif terhadap sentuhan, muncul sakit pada lengan, kulit kering, bengkak, maupun perubahan warna pada kulit tangan, kemampuan jari atau tangan berkurang misal saat mengangkat sesuatu dengan jari, mengetik, atau mengancingkan baju.

Gejala dan faktor penyebab carpal tunnel syndrome (CTS) bisa parah jika melakukan gerakan tangan berulang-ulang, menggunakan tangan yang terpengaruh untuk beraktivitas, serta tidak menggerakkan lengan atau tangan dalam waktu lama. Carpal Tunnel Syndrome (CTS) terjadi karena terhimpitnya saraf median di pergelangan tangan. Terhimpitnya saraf median tersebut mempengaruhi indera sentuhan dan gerakan tangan Anda. Saraf median terhimpit ketika jaringan dalam lorong karnal membengkak maupun menyempit.

Penyebab saraf median terhimpit pada hampir semua kasus tidak diketahui. Namun ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko CTS yakni faktor keturunan, cedera pada pergelangan tangan, kehamilan,melakukan pekerjaan yang melibatkan tangan, jenis kelamin, dan kondisi medis lain.

Menurut penelitian, CTS dapat dipengaruhi faktor keturunan. Jika Anda memiliki anggota keluarga yang pernah menderita CTS, risiko Anda untuk mengalaminya pun meningkat. Cedera pada tangan pun dapat menjadi penyebab CTS muncul, misal karena tulang retak dan terkilir yang menyebabkan pembengkakan serta akhirnya memberikan tekanan pada saraf median. Cedera yang terjadi pun dapat mengubah ligament dan bentuk tulang pada tangan. Perubahan tersebut akan berakibat saraf median menjadi terhimpit.

Setengah dari perempuan yang hamil rentan mengalami CTS di masa kehamilannya. Namun kondisi ini umumnya pulih setelah bayi dilahirkan. Perempuan yang masuk masa menopause juga cenderung akan mengalami CTS. Risiko terkena CTS juga akan meningkat karena kondisi medis seperti hipotiroidisme, diabetes, dan obesitas. Jadi perlu anda pahami tentang gejala dan faktor penyebab carpal tunnel syndrome (CTS), Apabila kita telah memahami tentang gejala dan penyababnya maka kita tidak akan susah untuk mencari obat yang aman untuk penyakit carpal tunnel syndrome (CTS).

By Hanif Maulana - penyakit Rabu, 30 November 2016 13:28:38

Gejala dan Faktor Penyebab Carpal Tunnel Syndrome (CTS)
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Gejala dan faktor penyebab carpal tunnel syndrome (CTS) ini mulanya berupa jari yang terasa mati rasa dimalam hari. Gejala ini kemungkinan karena tangan beserta pergelangan berada pada posisi rileks serta lentur ketika tertidur.
penyakit - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



penyakit
Pencegahan Campak dan Komplikasinya

informasi Pencegahan Campak dan Komplikasinya…

penyakit
Mengenal lebih Jauh Tentang Crohn

Mari kita sama - sama…

penyakit
Diabetes Insipidus Kondisi Saat Hormon Antidiuretik Terganggu

Secara umum, diabetes insipidus mempunyai…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top