Tanya Herbal

Dampak Buruk Penyakit Diare Jika Sering Diabaikan

Dampak Buruk Penyakit Diare Jika Sering Diabaikan. Penyakit Diare adalah kondisi dimana tinja menjadi encer dan buang air besar lebih sering daripada biasanya. Diare biasanya terjadi karena konsumsi minuman maupun makanan yang terkontaminasi virus, bakteri, maupun parasit. Umumnya diare berlangsung selama beberapa hari saja, tetapi pada sebagian kasus bisa memanjang sampai berminggu-minggu.


Penderita diare di tanah air cukup tinggi. Diare menduduki peringkat ke-13 sebagai penyebab kematian pada semua umur berdasarkan riset dari Departemen Kesehatan RI tahun 2007. Sementara berdasarkan kategori penyakit menular, diare masuk ke urutan tiga penyebab kematian setelah TBC dan Pneumonia. Data tersebut menunjukkan balita adalah golongan usia yang paling rentan terkena diare dengan prevalensi 16,7 persen.

Diare dapat berdampak buruk jika penderita mengalami dehidrasi karena dapat kehilangan cairan yang banyak dari tubuh. Oleh karena itu, diare tidak bisa dianggap enteng meski umum terjadi. Gejala diare biasanya berupa sakit perut singkat yang dibarengi dengan keinginan untuk buang air besar dan tinja yang dikeluarkan sangat encer terkadang disertai angin. Pada diare yang parah, penderita juga bisa mengalami kram perut yang hebat disertai dengan demam.

Penyebab diare pada anak-anak dan orang dewasa biasanya dikarenakan infeksi usus yang terjadi saat mengonsumsi makanan maupun minuman yang terkontaminasi dan kotor. Mikroorganisme yang dapat menyebabkan infeksi usus diantaranya adalah parasit, bakteri, serta virus seperti rotavirus dan norovirus. Diare dapat juga timbul karena faktor-faktor seperti faktor psikologi, efek samping obat tertentu, serta mengonsumsi kopi dan alkohol berlebih.

Diagnosis diare biasanya dilakukan dokter dengan menanyakan mengenai gejala yang dialami termasuk mencari informasi apakah ada tanda-tanda dehidrasi atau tidak. Pada beberapa kasus, dokter juga akan meneliti sampel tinja, pemeriksaan rektum, bahkan pemeriksaan darah. Jika parah, diare bisa berujung menjadi dehidrasi yang mempunyai konsekuensi fatal dan berpotensi merenggut nyawa penderitanya terlebih jika terjadi pada anak-anak.

Hal tersebut bisa terjadi karena ketahanan tubuh anak terhadap dehidrasi jauh lebih rendah disbanding orang dewasa. Oleh karena itu, orang tua disarankan agar mewaspadai tanda dehidrasi pada anak. Penderita pun disarankan meminum banyak cairan saat diare masih berlangsung. Oralit dapat diminum untuk menghindari dehidrasi, namun sebaiknya konsultasikan dulu mengenai pemakaiannya terlebih jika Anda menderita penyakit jantung.

Obat antidiare umumnya tidak begitu dibutuhkan kecuali oleh mereka yang mempunyai aktivitas padat maupun yang akan bepergian jarak jauh. Obat antidiare yang cepat dan efektif menghentikan diare diantaranya loperamide. Namun tidak bisa diberikan untuk anak-anak.


By Nandang Rohimat - Kesehatan Selasa, 29 November 2016 08:37:59

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Asam Lambung

Tidak sedikit makanan yang harus…

Kesehatan
Diagnosis Diare, Mulai Tes Darah Sampai Colok Dubur

Inilah informasi tentang Diagnosis Diare,…

Kesehatan
Penyakit Urin Sirup Maple

Penyakit urin sirup maple atau…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top