Tanya Herbal

Edema Paru, Terjadi Karena Penumpukan Cairan Dalam Alveoli

Edema paru, terjadi karena penumpukan cairan dalam alveoli atau kantong paru-paru yang ditandai dengan sulit bernafas dan terasa berat. Kondisi tersebut bisa terjadi dengan tiba-tiba atau berkembang dalam waktu yang lama. Kasus edema paru kronis memiliki sifat jangka panjang. Sesak nafas bisa terasa saat penderita melakukan aktivitas fisik. Gejala yang muncul adalah lelah dengan suara nafas yang tersumbat dengan suara khas atau mengi). Ketika badan dibaringkan, sesak nafas malah akan menjadi-jadi. Di sisi lain, ketika badan didudukkan, gejala akan berkurang.


Orang yang menderita edema paru kronis bisa mengalami peningkatan berat badan. Hal tersebut karena penumpukan cairan tidak hanya di dalam paru-paru saja, tetapi juga di kaki. Edema paru kronis bisa menurunkan kualitas tidur karena penderitanya sering terbangun di malam hari karena sesak nafas. Edema paru selanjutnya adalah edema paru akut yang sifatnya jangka pendek. Kondisi tersebut cirinya adalah gejala sesak nafas dapat menyerang dengan tiba-tiba sampai menyebabkan penderita merasa tenggelam atau tercekik.

Penderita akan terlihat cemas maupun takut dengan mulut megap karena berusaha mendapatkan oksigen. Tidak hanya itu, detak jantung penderita pun mengalami peningkatan tidak teratur disertai batuk berdahak yang bercampur darah maupun berbusa. Jika edema paru akut ini terjadi karena penyakit jantung, gejala nyeri dada juga biasanya akan dirasakan.

Tidak hanya edema paru kronis dan akut, ada pula edema paru yang terjadi saat berada di atas permukaan tinggi. Kondisi tersebut umumnya dialami kalangan pendaki gunung dengan tinggi lebih dari 2400 meter. Sama halnya seperti edema akut, penderita edema paru karena ketinggian pun biasanya merasakan ketidaknyamanan terutama di bagian dada dengan detak jantung meningkat dan tidak teratur serta mengalami batuk disertai darah bercampur darah, berkeringat, sakit kepala, dan sangat kelelahan.

Penyebab edema paru ada yang disebabkan karena penyakit tertentu seperti menderita hipertensi, gangguan otot jantung, gangguan katup jantung, serta penyakit jantung koroner karena ventrikel kiri tak mampu memompa darah dari paru-paru di dalam kuantitas cukup sehingga tekanan dalam atrium kiri, kapiler paru-paru, dan pembuluh darah menjadi meningkat. Peningkatan tersebut lalu menyebabkan terdorongnya cairan lewat dinding kapiler ke dalam alveoli.

Edema paru juga dapat disebabkan karena beberapa faktor lain seperti asap rokok, tenggelam, paparan racun, berada di ketinggian di atas 2400 meter, masalah pada sistem saraf, efek samping obat, infeksi virus, sindrom gangguan pernafasan akut, emboli paru, dan cederpa paru-paru.

By Ari Hermansyah - penyakit Selasa, 29 November 2016 08:08:07

Edema Paru, Terjadi Karena Penumpukan Cairan Dalam Alveoli
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Edema Paru, Terjadi Karena Penumpukan Cairan Dalam Alveoli atau kantong paru-paru yang ditandai dengan sulit bernafas dan terasa berat.
penyakit - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



penyakit
Dehidrasi, Kondisi Yang Rawan Terjadi Akibat Diare

Dehidrasi kondisi yang rawan akibat…

penyakit
Demam, Kondisi Akibat Adanya Infeksi Dalam Tubuh

Demam merupakan kondisi saat suhu…

penyakit
Gejala dan Faktor Penyebab Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Gejala dan faktor penyebab carpal…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top