Tanya Herbal

Cystitis Peradangan Pada Kandung Kemih

Cystitis Peradangan Pada Kandung Kemih - Cystitis merupakan peradangan yang terjadi pada kandung kemih. Penyebab cystitis yang paling besar adalah bakteri. Penyakit tersebut termasuk infeksi saluran kemih yang umum terjadi terutama pada perempuan karena ukuran uretra pada perempuan lebih pendek dibandingkan dengan ukuran uretra pada laki-laki. Letaknya pun lebih dekat dengan anus. Oleh karena itu, bakteri dari anus rentan berpindah serta masuk ke dalam saluran kemih.

Gejala-gejala Cystitis pada Anak-anak Maupun Orang Dewasa

Gejala pada orang dewasa lebih mudah dikenal seperti frekuensi buang air kecil melebihi normal, sering buang air kecil dengan jumlah urin yang sedikit, ada rasa sakit ketika buang air kecil, urin berwarna keruh serta berbau tajam, ada darah pada urin, sakit pada perut bagian bawah, serta tubuh yang terasa kurang sehat.


Pada anak, gejala cystitis terbilang sulit dikenali karena mereka sulit dalam mengungkapkan apa yang dirasa. Tidak hanya sakit ketika buang air kecil, sakit perut, dan frekuensi yang lebih sering, beberapa indikasi lain yang harus diwaspadai diantaranya adalah lemas, demam, uring-uringan, mudah lelah, muntah, dan hilang nafsu makan.

Jika Anda maupun anak Anda mengalami gejala tersebut, periksakan diri ke dokter. Pemeriksaan oleh dokter sangat diperlukan terlebih jika Anda terkena peradangan ini untuk yang pertama kalinya, sedang hamil, maupun gejala yang dialami tak kunjung membaik.

Cystitis Peradangan Pada Kandung Kemih

Infeksi saluran kemih biasanya disebabkan masuknya bakteri ke saluran kemih lewat uretra, lalu berkembang biak. Proses tersebut terjadi lewat berbagai cara seperti menyeka anus kea rah vagina, berhubungan seksual, menggunakan kateter untuk waktu lama, maupun menggunakan alat kontrasepsi spiral.

Inflamasi pada kandung kemih ini pun bisa dipicu oleh faktor lain seperti obat-obatan dalam kemoterapi, komplikasi penyakit lain seperti batu ginjal, diabetes, pembengkakan prostat, dan menopause, efek samping radioterapi, iritasi bahan kimia seperti sabun, dan sedang hamil.

Diagnosa Cystitis Peradangan Pada Kandung Kemih

Diagnosis cystitis biasanya dilakukan lewat sistokopi, USG, maupun X-Ray. Setelah diagnosis menunjukkan hasil positif, dokter kemudian menentukan langkah pengobatan yang diperlukan pasien. Antibiotik adalah pengobatan utama yang diberikan kepada pengidap. Dosis, jenis, dan durasi penggunaannya ditentukan berdasarkan jenis bakteri yang ditemukan, kondisi kesehatan, dan tingkat keparahan inflamasi. Obat tersebut perlu dihabiskan sesuai dengan durasi penggunaan yang telah dianjurkan dokter. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan benar-benar hilangnya bakteri penyebab infeksi.

Langkah Pencegahan Cystitis Peradangan Pada Kandung Kemih

Untuk mencegah cystitis, berbagai langkah sederhana bisa dilakukan seperti tidak menahan keinginan untuk kencing, menggunakan celana dalam dengan bahan katun yang lembut, banyak minum untuk mencegah perkembangbiakan bakteri di dalam kandung kemih, menghindari penggunaan sabun mandi maupun sabun pembersih organ intim yang di dalamnya terkandung parfum, dan gunakan celana dalam dari bahan yang lembut.

By Asep Rusdi - Kesehatan Sabtu, 26 November 2016 08:54:01

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Penyebab Cedera Saraf Tulang Belakang

Anda harus mengetahui penyebab cedera…

Kesehatan
Gejala Demam Berdarah

Ini dia beberapa Gejala Demam…

Kesehatan
Kalazion, Benjolan Pada Kelopak Mata Bawah Atau Atas

Kalazion, benjolan pada kelopak mata…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top