Tanya Herbal

Dermatitis Seboroik Membuat Kulit Bersisik dan Berketombe

Dermatitis Seboroik Membuat Kulit Bersisik dan Berketombe merupakan penyakit kulit yang umumnya menjangkiti area tubuh yang berminyak seperti punggung, dada, dan wajah. Bisa juga menjangkiti kulit kepala yang membuat kulit berketombe, berwarna merah, serta bersisik. Penyakit ini bukan penyakit menular tetapi dapat memberikan pengaruh terhadap rasa percaya diri penderitanya. Tidak hanya ketombe, dermatitis seboroik pun disebut juga dengan eksim seboroik dan psoriasis seboroik. Sementara dermatitis seboroik yang terjadi pada bayi adalah cradle cap.

Umumnya, gejala dermatitis seboroik diantaranya adalah kulit kepala berwarna merah dan berketombe, kulit terasa gatal, ketombe juga terjadi di alis, jenggot, maupun kumis, kulit bersisik dengan warna kuning maupun putih di area ketika, telinga, wajah, dan dada. Penyakit ini tidak memberikan pengaruh terhadap kesehatan tubuh keseluruhan, tetapi jika pengobatan tidak efektif dan sangat mengganggu rutinitas harian, hubungi dokter segera.




Penyebab Dermatitis Seboroik Membuat Kulit Bersisik dan Berketombe memang belum diketahui, tetapi kemungkinan berkaitan dengan jamur yang bernama malassezia. Jamur ini terdapat di pelepasan minyak pada permukaan kulit. Tidak hanya itu, peradangan yang terkait dengan psoriasis pun disebut salah satu kemungkinan penyebab dermatitis seboroik. Beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan seseorang terkena penyakit ini diantaranya adalah pengobatan tertentu, gagal jantung, kebiasaan menggaruk kulit wajah, penyakit gangguan saraf dan kejiwaan, penyakit endokrin yang dapat menyebabkan obesitas, kebiasaan menggaruk kulit wajah, cuaca dingin dan kering, stress, dan penyakit yang membuat sistem kekebalan tubuh lemah seperti kanker, HIV/AIDS, dan penerima transplantasi organ tubuh.

Orang yang mempunyai kulit berminyak, orang dewasa terutama perempuan berusia 30-60 tahun, dan bayi yang baru lahir lebih rentan terkena penyakit ini. Disamping pemeriksaan fisik, penyakit ini dapat didiagnosis dengan pemeriksaan kelupasan sel kulit. Hal tersebut memiliki tujuan dalam memastikan apakah penyakit yang diderita tersebut merupakan dermatitis seroboik atau bukan, karena ada beberapa penyakit yang gejalanya hampir sama dengan penyakit dermatitis seroboik seperti rosacea, eksim, maupun psoriasis.

Perawatan dermatitis seroboik bisa diatasi menggunakan lotion, krim, maupun sampo khusus. Umumnya, produk semacam ini bisa dibeli dengan bebas. Tetapi ketika langkah tersebut tetap tidak membantu serta gejala penyakit ini tidak kunjung mereda, konsultasikan pada dokter untuk mendapatkan obat maupun perawatan yang lebih manjur seperti gel metronidazole atau krim yang fungsinya untuk melawan bakteri, sampo, salep, maupun krim yang mengandung kortikosteroid seperti hydrocortisone atau fluocinolone yang manfaatnya untuk meredakan peradangan. Tetapi efek samping seperti penipisan kulit dapat terjadi jika penggunaannya terlalu lama.

Pada beberapa kasus, dermatitis seroboik dapat menghilang dengan sendirinya tetapi ada pula yang bertahan sampai bertahun-tahun. Perawatan kulit yang baik serta menjaga kebersihan kulit dapat membantu mengendalikan penyakit ini.

Demikian sekilas informasi mengenai Dermatitis Seboroik Membuat Kulit Bersisik dan Berketombe. Semoga dengan adanya artikel kali ini bisa bermanfaat bagi anda. Kami selaku Agen Tanya Herbal Mohon maaf apabila ada kesalahan atau kekurangan pada informasi kali ini.

By Vicky Moch Firdaus - Kesehatan Sabtu, 26 November 2016 08:42:25

Dermatitis Seboroik Membuat Kulit Bersisik dan Berketombe
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Penyebab Dermatitis Seboroik Membuat Kulit Bersisik dan Berketombe memang belum diketahui, tetapi kemungkinan berkaitan dengan jamur yang bernama malassezia.
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Ingin Berhenti Merokok ? Lakukan Delapan Cara Ampuh Ini

Ingin Berhenti Merokok ? Lakukan…

Kesehatan
Waspadai Anemia Defisiensi Vitamin B 12 dan Folat

Tak banyak yang menyadari gejala…

Kesehatan
Asma, Penyakit Yang Menyebabkan Sulit Bernafas

Asma adalah sebuah penyakit jangka…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top