Tanya Herbal

Cara Mencegah Chlamydia

Chlamydia merupakan penyakit menular seksual yang dapat ditularkan lewat hubungan seksual tanpa pengaman atau kondom. Penyakit ini bisa didiagnosis dengan mudah dan tidak menimbulkan rasa sakit yakni dengan menggunakan alat penyeka berbentuk cotton bud atau dengan tessampelurin. Infeksi yang ada dalam tubuh bisa diketahui dengan menganalisis sampelurin di laboratorium.


Alat penyeka yang tipis dimasukkan ke bagian ujung penis untuk mendapatkan sampel dari uretra atau saluran pembuangan urin. Sementara untuk pasien perempuan, alat penyeka dipakai pada bagian dalam vagina bawah atau serviks.

Alat penyeka dapat dipakai untuk mengumpulkan sel yang berasal dari kelopak mata jika mata mengalami peradangan atau mengeluarkan cairan karena infeksi chlamydia. Tidak hanya itu, alat penyeka juga dapat dipakai untuk mengambil sampel dari tenggorokan maupun anus jika pasien melakukan seks anal maupun oral. Tes baiknya kembali dilakukan setelah tiga bulan untuk memastikan infeksi chlamydia hilang sepenuhnya. Chlamydia tak dapat dideteksi dengan pap smear maupun tes darah.

Chlamydia bisa diatasi dengan obat antibiotik yang tepat. Beberapa obat antibiotik yang umumnya diresepkan dokter untuk mengatasi penyakit ini diantaranya adalah doxycycline, ofloxacin, amoxicillin, azithromycin, dan erythromycin. Konsultasikan ke dokter jika mempunyai alergi obat antibiotik, sedang hamil atau sedang menyusui dan menggunakan alat kontrasepsi.

Pasien sebaiknya tidak berhubungan seksual selama menjalani pengobatan yang berlangsung satu sampai dua pecan sampai infeksi yang dialami hilang sepenuhnya. Untuk mencegah penularan kembali, pasangan Anda perlu melakukan perawatan sekalipun tidak mengalami gejala chlamydia.

Obat antibiotic mempunyai berbagai efek samping yang bisa terjadi tetapi biasanya berupa efek samping ringan. Efek samping antibiotik yang paling umum diantaranya adalah mual, diare, dan nyeri perut. Tidak hanya itu, perempuan yang mengonsumsi obat antibiotic bisa mengalami efek samping seperti infeksi jamur pada vagina atau candiasis.

Jika tidak ditangani dengan segera, chlamydia bisa menyebar serta menimbulkan gangguan kesehatan jangka panjang. Padapria, komplikasi chlamydia bisa berupa epididymitis, reactive arthritis, dan urethritis. Sedangkan pada perempuan,  komplikasi yang dapat terjadi diantaranya adalah cervicitis, penyakit radang panggul, bartholinitis, dan salpingitis.

Untuk mencegah chlamydia, Anda harus mengunakan kondom atau pengaman saat berhubungan seksual, tidak berganti-ganti pasangan, dan tidak berbagi penggunaan mainanseks. Penggunaan kondom memang tidak 100 persen menghindarkan Anda dari infeksi, namun menggunakannya membuat Anda terhindar dari penyakit menular seksual.

By Raka Dimas - Kesehatan Kamis, 24 November 2016 09:51:02

Cara Mencegah Chlamydia
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Berikut ini kami akan memberikan sebuah informasi kesehatan tentang Cara Mencegah Chlamydia yang wajib Anda ketahui.
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    6 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Manfaat Bunga Cempaka Untuk Kesehatan

Bunga cempaka adalah tanaman yang…

Kesehatan
Cara Menyembuhkan Eksim Pada Bayi

Cara menyembuhkan eksim pada bayi…

Kesehatan
Beberapa Faktor Yang Diduga Penyebab Autisme

Beberapa faktor yang diduga penyebab…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top