Tanya Herbal

Cara Mencegah Penyebaran E Coli

Bakteri E Coli atau Escherichia Coli terdapat di dalam usus manusia yang sehat. Namun bakteri ini juga bisa menyebabkan kondisi serius seperti diare. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko infeksi bakteri ini antara lain adalah usia, sistem kekebalan tubuh lemah, dan penurunan kadar asam dalam perut.

Anak-anak, orang tua, orang dengan AIDS, maupun mereka yang sedang menjalankan kemoterapi mempunyai risiko lebih tinggi mengalami sakit karena bakteri E Coli.

Orang yang kadar asam dalam perutnya mengalami penurunan juga rentan terkena infeksi karena E Coli. Asam lambung dapat memberikan perlindungan terhadap bakteri ini. Beberapa obat-obatan ada yang memiliki fungsi untuk menurunkan kadar asam perut di tubuh dan akibatnya risiko E Coli menginfeksi menjadi lebih meningkat.

Segera hubungi dokter untuk konsultasi kesehatan jika Anda mengalami diare yang tidak kunjung membaik setelah lima hari pada orang dewasa maupun dua hari jika terjadi padaanak-anak dan bayi, diare disertai dengan demam, muncul gejala dehidrasi seperti merasa sangat haus, jumlah urin menurun, maupun kesadaran menurun, muntah-muntah lebih dari 12 jam, tidak mampu mempertahankan cairan di dalam tubuh, sakit perut tak kunjung hilang usai buang air besar, serta tinja yang bercampur dengan darah dan nanah.

Cara Mencegah Penyebaran E Coli



Lalu bagaimana cara mencegah penyebaran e coli sekaligus mengatasi infeksi yang disebabkan E Coli?

Infeksi bakteri E Coli yang membuat saluran pencernaan infeksi umumnya tidak ditangani menggunakan antibiotik karena malah dapat meningkatkan risiko komplikasi lebih serius.

Yang paling penting dalam mengatasi kondisi tersebut adalah minum air putih sebanyak-banyaknya untuk mengganti cairan hilang karena muntah-muntah dan diare. Tidak hanya itu, Anda pun disarankan untuk cukup istirahat.

Dalam mengatasi dehidrasi pada anak yang terkena diare, oralit bisa diandalkan untuk memulihkan cairan di dalam tubuhnya. Tidak hanya itu, oralit pun memiliki fungsi untuk menggantikan sodium, glukosa, dan potassium di dalam tubuh.

Tidak dianjurkan untuk memberikan obat-obatan anti diare yang bisa melambatkan sistem pencernaan karena obat tersebut justru akan mencegah racun terbuang dalam tubuh.

Jika infeksi ini terjadi dengan serius serta menyebabkan sindrom hemolitikuremik, Anda disarankan untuk segera dirawat di rumah sakit.

Hal lain yang dapat dilakukan sebagai cara mencegah penyebaran E Coli diantaranya adalah mencuci tangan sampai bersih sebelum masak, menyajikan, maupun mengonsumsi makanan, menjauhkan daging mentah dari benda bersih lain, menghindari kontaminasi silang dengan mengupayakan penggunaan peralatan masak serta peralatan makan yang bersih, menghindari konsumsi susu mentah, menjauhkan daging mentah dari makanan maupun benda bersih lain, dan perilaku yang mencerminkan hidup bersih lainnya adalah solusi tepat sebagai cara mencegah penyebaran E Coli.

By Rifaldi Abdul Ridwan - Kesehatan Rabu, 23 November 2016 09:17:10

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Dampak Buruk Penyakit Diare Jika Sering Diabaikan

Dampak Buruk Penyakit Diare Jika…

Kesehatan
Difteri, Infeksi Yang Menyerang Lendir Pada Hidung dan Tenggorokan

Informasi lengkap mengenai Difteri, Infeksi…

Kesehatan
Manfaat Daun Meniran

Simak artikel hari ini dari…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top