Tanya Herbal

6 Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh - Mentimun adalah sayuran yang masih satu keluarga dengan semangka. Kandungan air yang terdapat dalam mentimun terbilang besar yakni 95 persen. Hal ini mengartikan dengan mengonsumsi mentimun di musim panas bisa membuat tubuh tetap terhidrasi. Di Indonesia, mentimun dikonsumsi sebagai makanan yang tidak perlu diproses, melainkan dijadikan lalapan maupun rujak.


Kandungan yang terdapat dalam mentimun diantaranya adalah air, protein, kalori, lemak, dan karbohidrat. Dalam satu cangkir timun terdapat 11 persen kebutuhan vitamin K, 4 persen vitamin C, mangan, kalium, magnesium, 2 persen vitamin A, riboflavin, thiamin, folat, vitamin B6, kalsium, asam pantotenat, zat besi, fosfor, tembaga dan seng. Berikut kami rangkum manfaat mentimun untuk kesehatan secara general.

  • Manfaat Timun Untuk Otak

Dalam mentimun terdapat banyak zat yang bernama fisetin atau flavanol yang mempunyai manfaat dalam meningkatkan memori serta melindungi sel-sel saraf otak dan seluruh tubuh. Penelitian yang dilakukan pada tikus menunjukkan senyawa fisetin ini mampu memberikan perlindungan dengan progresif terhadap gangguan Alzheimer.

  • Manfaat Mentimun Untuk Kanker

Mentimun kaya dengan antioksidan seperti quercetin, flavonoid, apigenin, kaempferol, luteolin, serta betakaroten. Antioksidan bisa membantu melawan pertumbuhan gejala kanker serta menurunkan risiko penyakit kronis termasuk stroke dan penyakit jantung.

  • Manfaat Mentimun Untuk Menjaga Asupan Air Bagi Tubuh

Sebagian besar kandungan mentimun adalah air dan lebih baik dibandingkan dengan air biasa. Mengonsumsi mentimun bisa menghindarkan diri dari dehidrasi serta menetralkan toksin di dalam tubuh.

  • Manfaat Mentimun Untuk Jantung

Mentimun mengandung kalium cukup tinggi. Keseimbangan kalium baik di dalam ataupun di luar sel-sel sangat penting untuk tubuh yang berfungsi dalam mengontrol tekanan darah di dalam tubuh. Kalium merupakan ion yang mempunyai muatan positif yang perlu dipertahankan di dalam konsentrasi tertentu dalam rangka melaksanakan fungsinya. Hal tersebut meliputi interaksi terhadap sodium yang berguna untuk membantu transmisi impuls saraf, fungsi jantung, dan kontraksi otot.

  • Manfaat Mentimun Untuk Menurunkan Berat Badan

Mentimun adalah makanan yang rendah kalori. Anda dapat membuat camilan dari mentimun seperti salad sayur. Serat larut di dalam mentimun memiliki tekstur gel di dalam usus yang memperlambat pencernaan sehingga perut akan kenyang lebih lama. Itulah alasan yang membuat makanan kaya serat bisa mengontrol berat badan.

  • Manfaat Mentimun Untuk Gigi dan Gusi

Dengan mengunyah mentimun, maka kelenjar air liur dapat terangsang dalam memproduksi lebih banyak serta bisa mengurangi zat asam dalam rongga mulut. Penyakit gusi seperti pyorrhea bisa diobati dengan rutin mengonsumsi mentimun.

Baca Juga Artikel Sebelumnya: Diagnosis Diare Mulai Tes Darah Sampai Colok Dubur

By Asep Rusdi - Makanan Sabtu, 19 November 2016 13:41:37

6 Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Manfaat Timun Untuk Otak. Manfaat Mentimun Untuk Kanker. Manfaat Mentimun Untuk Jantung. Manfaat Mentimun Untuk Menurunkan Berat Badan.
Makanan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Manfaat Biji Rami

    2 Balasan

    Makanan

    Bung! Ane punya banyak biji rami di rumah, kire-kire.. Selaen buat pakan burung, ntu bisa dimanfaatin ape aje ye..?

  • Solusi Rambut botak

    1 Balasan

    Makanan

    Hei tanya herbal! Permisi, saya Iip usia 35th. Tolong carikan solusi rambut botak buat saya dong.. Apa ada sayur yang harus saya makan? Apa sayur nya..? Mohon jawab langsung!

  • Makanan Yang Baik Untuk Penderita Anemia

    1 Balasan

    Makanan

    Selamat Siang "Tanya Herbal" Makanan yang baik untuk penderita anemia itu apa aja ya.. ? Serba salah, takutnya ada apa".. mohon jawabannya.

  • Apa Bahaya Dari Kelebihan Konsumsi Daging Kurban?

    1 Balasan

    Makanan

    Di hari raya idul adha ini banyak sekali daging kurban seperti daging sapi dan kambing. Yang ingin saya tanyakan, apa bahaya dari kelebihan konsumsi daging kurban? Mohon penjelasannya.

  • Masak Sayur Asem Setiap Hari

    2 Balasan

    Makanan

    Selamat pagi dok. Saya Ibu seorang ibu rumah tangga, setiap hari saya selalu menyertakan sayur asem dalam menu hidangan saya karena suami dan anak saya sangat senang sekali dengan sayur…


Makanan
7 Manfaat Asparagus Untuk Kesehatan

Kali ini kami akan memberikan…

Makanan
Manfaat Toge Untuk Kesuburan Reproduksi

Info yang wajib di simak…

Makanan
Manfaat Dari Bahan-bahan Sayur Asem

Manfaat Dari Bahan–bahan Sayur Asem…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top