Tanya Herbal

Diagnosis Diare, Mulai Tes Darah Sampai Colok Dubur

Diagnosis Diare, Mulai Tes Darah Sampai Colok Dubur -, Dalam mengatahui apakah seseorang terkena diare serta faktor apa yang menyebabkannya, dokter akan mewawancarai terlebih dahulu misalnya mengenai tekstur kotoran yang dikeluarkan, seberapa sering pasien mengalami diare, apakah pasien sering makan di sembarang tempat, apakah diare disertai gejala demam, atau apakah pasien pernah kontak langsung dengan penderita diare.


Selain itu, dokter juga kemungkinan akan menanyakan apakah pasien sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu, apakah pasien sering stress dan gelisah, dan berapa banyak minuman beralkohol atau kopi yang diminum. Jika jawaban pasien belum membantu dokter menarik kesimpulan, maka akan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Berbagai jenis metode pemeriksaan untuk kasus diare adalah berupa analisis sampel tinja, tes darah, serta pemeriksaan rektum. Pemeriksaan darah umumnya disarankan dokter jika diare diduga terjadi karena penyakit tertentu seperti penyakit inflamasi usus. Jadi sangatlah penting bagi anda untuk Mendiagnosis diare, mulai dari tes darah sampai colok dubur.

Sementara langkah analisis sampel tinja akan dilakukan jika dokter mencurigai penyebab diare adalah bakteri maupun parasit, atau jika pasien mengalami diare berkepanjangan lebih dari seminggu, mengalami gejala lain seperti ada nanah atau darah pada tinja, mempunyai sistem kekebalan tubuh lemah misal karena mengidap HIV, mempunyai gejala yang dampaknya terlihat pada seluruh tubuh seperti dehidrasi dan demam.

Jika usia Anda di atas 50 tahun atau jika penyebab diare tak diketahui, dokter biasanya akan menyarankan Anda menjalani pemeriksaan colok dubur. Lewat pemeriksaan ini, dokter lalu meneliti apakah diare yang terjadi disebabkan masalah atau kelainan dalam lubang dubur.Pemeriksaan ini dilakukan dokter dengan memasukkan jari yang dilindungi salur tangan ke dalam lubang dubur.

Jika hal yang menyebabkan diare belum diketahui dengan pasti, pemeriksaan seperti sigmoidoskopi atau kolonoskopi dapat dilakukan. Pemeriksaan tersebut umumnya jarang ada di klinik praktik dokter dan biasanya ada di rumah sakit tertentu. Dalam pemeriksaan sigmoidoskopi, pemeriksaan usus dilakukan dengan cara memasukkan alat sigmoidoskop dari ubur. Sigmoidoskop memiliki ukuran kecil dilengkapi lampu dan kamera di bagian ujungnya. Sedangkan dalam pemeriksaan kolonoskopi, dokter memasukkan pipa fleksibel khusus bernama kolonoskop untuk memeriksa kondisi usus Anda.

Jika diare terjadi pada anak - anak, umumnya akan hilang dalam waktu 5 sampai 7 hari. Sementara pada orang dewasa akan sembuh dalam 2 smapai 4 hari. Sistem kekebalan tubuh manusia akan melawan infeksi penyebab diare dengan alami. Meski demikian, diarea bisa juga berlangsung lebih lama tergantung penyebabnya, seperti diare yang disebabkan bakteri salmonella dan campylobacter, diare yang disebabkan norovirus, diare yang disebabkan giardiasis, serta diare yang disebabkan rotavirus yang dapat berlangsung sampai beberapa minggu.

Nah, sekian yang dapat saya sampaikan kali ini tentang Diagnosis Diare, Mulai Tes Darah Sampai Colok Dubur. untuk informasi seputar kesehatan lainya dapat anda simak disini. dan apabila anda inginbertnya tentang seputar kesehatan atau tentang informasi terkait dapat anda konsultasikan atau tanyakan di tanya herbal.

By Yayat Ruhiyat - Kesehatan Rabu, 16 November 2016 10:49:43

Diagnosis Diare, Mulai Tes Darah Sampai Colok Dubur
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Inilah informasi tentang Diagnosis Diare, Mulai Tes Darah Sampai Colok Dubur yang kali ini akan saya bahas secara lengkap disini.
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak sering pipis

    0 Balasan

    Kesehatan

    Assalamu’alaikum. anak saya umur 18 bulan, masih ASI, sering sekalai minta minum air putih apalagi jika malam, sering kebangun minta minum. Dalam sehari bisa 4-5 diapers. Cuaca dirumah memang panas.…

  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    3 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    8 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…


Kesehatan
Penyebab Batuk dan Cara Mengobati Batuk Pada Anak-Anak

Informasi lengkap tentang penyebab batuk…

Kesehatan
Penyakit Kulit Yang Disebabkan Jamur

Tahukan anda bahwa ada beberapa…

Kesehatan
Cara Menambah Sel Darah Putih Secara Alami

Cara menambah sel darah putih…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top