Tanya Herbal

Demam, Kondisi Akibat Adanya Infeksi Dalam Tubuh

Demam merupakan kondisi saat suhu tubuh di atas 37,5 derajat celcius. Penyebab demam bisa disebabkan infeksi ringan sampai parah.  Demam adalah bagian dari proses kekebalan tubuh yang tengah melawan infeksi karena bakteri, virus, dan parasit. Demam kondisi akibat adanya infeksi dalam tubuh juga bisa terjadi saat seseorang terlalu lama di bawah sinar matahari maupun karena penyakit seperti arthritis dan hipertiroidisme.


Demam dianggap berpotensi mendatangkan bahaya ketika suhu tubuh mencapai 39 derajat celcius atau bahkan lebih. Suhu tubuh tinggi menandakan adanya infeksi serius dalam tubuh. Demam biasanya menghilang dengan sendiri dalam beberapa hari. Namun untuk mengobati demam yang parah, obat-obatan untuk menurunkan panas dapat dibeli bebas di apotek. Dianjurkan untuk membaca aturan pakai serta mengikuti dosis yang tertera dalam kemasan.

Gejala yang menyertai demam umumnya tergantung pada penyebab demam. Gejala-gejala yang umum menyertai demam diantaranya adalah sakit kepala, menggigil, berkeringat dingin, batuk-batuk, sakit telinga, sakit tenggorokan, sakit otot, muntah-muntah, hilang selera makan, diare, dan merasa kelelahan.

Untuk mengetahui suhu tubuh, baiknya gunakan thermometer. Tidak dianjurkan untuk hanya mengandalkan rabaan tangan saja. Demam belum tentu akan menjadi kondisi serius, namun ada beberapa situasi yang memerlukan bantuan medis dengan cepat. Gejala demam kondisi akibat adanya infeksi dalam tubuh yang perlu diwaspadai adalah muntah secara terus menerus, sakit kepala parah, mata menjadi sensitif terhadap cahaya terang, kejang-kejang, ruam muncul dan menyebar dengan cepat, sakit dada, sesak nafas, leher terasa kaku dan sakit ketika menunduk, sakit ketika buang air kecil, dan gerakan otot serta panca indera melemah.

Jika Anda mengalami gejala-gejala yang disebut di atas, hubungi dokter segera. Tidak hanya itu, mengunjungi dokter juga sangat penting jika demam di atas 39,3 derajat celcius atau berlangsung lebih dari tiga hari.

Suhu tubuh manusia bisa berubah-ubah. Suhu tubuh umumnya akan lebih rendah di pagi hari lalu meningkat di sore hari dan malam hari. Suhu tubuh orang yang sehat adalah 36,5 sampai 37,5 derajat celcius. Hal-hal yang memberikan pengaruh terhadap suhu tubuh adalah siklus menstruasi dan olahraga.

Penyebab demam kondisi akibat adanya infeksi dalam tubuh yang paling umum terjadi diantaranya adalah pasca imunisasi pada bayi usai menerima vaksin TB maupun vaksin pneumokokus, berbagai macam infeksi karena bakteri dan virus seperti sakit tenggorokan, tifus, keracunan makanan, meningitis, disentri, cacar air, serta infeksi saluran kemih, infeksikarena gigitan nyamuk seperti chikungunya, demam berdarah, dan malaria, berdiri terlalu lama di bawahsinar matahari, mengonsumsi obat-obatan seperti antidepresan dan antihipertensi, penyakit hipertiroidisme dan arthritis, serta karena kanker seperti kanker hati, leukemia, dna kanker paru-paru.

By Hanif Maulana - penyakit Rabu, 16 November 2016 10:20:55

Demam, Kondisi Akibat Adanya Infeksi Dalam Tubuh
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Demam merupakan kondisi saat suhu tubuh di atas 37,5 derajat celcius. Penyebab demam bisa disebabkan infeksi ringan sampai parah.
penyakit - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



penyakit
Pencegahan Campak dan Komplikasinya

informasi Pencegahan Campak dan Komplikasinya…

penyakit
Diabetes Insipidus Kondisi Saat Hormon Antidiuretik Terganggu

Secara umum, diabetes insipidus mempunyai…

penyakit
Emboli Paru, Kondisi Arteri Pulmonalis Tersumbat

Waspadai jika anda mengalam emboli…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top