Tanya Herbal

Penyebab Cacar Air

Penyebab Cacar Air - Cacar air disebabkan virus yang bernama varisela zoster. Virus ini menular dengan cepat yakni lewat kontak langsung dengan pengidap maupun lewat percikan batuk dan bersin. Bahkan Anda sudah dianggap terpapar virus cacar air jika kontak dengan pengidap dalam satu ruangan selama 15 menit. Risiko untuk tertular cacar air akan meningkat jika Anda belum menerima vaksin cacar air, belum pernah terkena cacar air, mempunyai sistem kekebalan tubuh lemah, dan bekerja di tempat umum seperti rumah sakit atau sekolah.

Pengidap cacar air umumnya tak perlu menjalani pemeriksaan medis untuk diagnosis. Sebagian besar pengidap cacar air mengalami gejala serupa seperti demam ringan lalu diikuti dengan kemunculan ruam. Bintik merah pada cacar air juga mempunyai tekstur signifikan dan mudah dikenali. Anda bisa menghubungi dokter jika mempunyai kondisi khusus seperti Anda mengidap cacar air saat sedang memberi ASI kepada anak atau terjadi kontak dengan orang yang mengidap cacar air dan Anda mempunyai sistem kekebalan tubuh rendah ataupun sedang mengandung.


Dokter bisa mengadakan tes darah sederhana dalam memastikan gejala serta melihat apakah Anda mempunyai kekebalan terhadap cacar air atau tidak. Antibodi virus cacar air yang ada dalam tubuh menunjukkan Anda terlindungi dari penyakit ini. Namun, jika tidak memilikinya, dokter lalu akan memantau perkembangan kondisi Anda.

Cacar air tidak mempunyai langkah pengobatan khusus karena akan sembuh dengan sendirinya. Tujuan pengobatan umumnya adalah untuk mengurangi gejala yang bisa dilakukan lewat langkah-langkah sederhana seperti banyak minum serta menghindari makanan yang membuatmu terasa sakit seperti makanan asin. Penting untuk pengidap cacar air terutama anak-anak untuk mencegah dehidrasi. Es bisa diberikan untuk meringankan gatal atau nyeri karena bintil cacar air dalam mulut.

Tidak dianjurkan untuk menggaruk bintil cacar air. Hal ini bisa meningkatkan risiko infeksi serta menyisakan bekas luka. Anda juga bisa membungkus tangan menggunakan sarung tangan serta kaki ketika tidur untuk mencegah garukan. Anda juga bisa mengoleskan lotion ataupun mengonsumsi chlorphenamine yang cocok diminum anak berusia satu tahun maupun lebih. Gunakan pakaian dengan bahan lembut seperti katun yang longgar agar iritasi kulit yang parah karena bintil cacar air bisa dicegah.

Anda juga bisa menggunakan analgesic ataupun obat pereda rasa sakit. Analgesik seperti parasetamol bisa dikonsumsi pengidap yang merasa nyeri disertai demam. Namun sebaiknya Anda menghubungi dokter lebih dulu jika pengidap cacar air adalah anak yang usianya di bawah tiga bulan.

By Raka Dimas - Kesehatan Rabu, 16 November 2016 10:09:51

Penyebab Cacar Air
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Kali ini kita berkesempatan untuk menginformasikan kepada Anda tentang Penyebab Cacar Air yang wajib Anda ketahui.
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak sering pipis

    0 Balasan

    Kesehatan

    Assalamu’alaikum. anak saya umur 18 bulan, masih ASI, sering sekalai minta minum air putih apalagi jika malam, sering kebangun minta minum. Dalam sehari bisa 4-5 diapers. Cuaca dirumah memang panas.…

  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    3 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    8 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…


Kesehatan
Penyebab Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)

Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD)…

Kesehatan
Anemia Defisiensi Besi Banyak Terjadi di Indonesia

Anemia defisiensi besi banyak terjadi…

Kesehatan
Manfaat Daun Pandan Sebagai Pewangi Ruangan Alami

Daun pandan yang segar memiliki…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top