Tanya Herbal

Emboli Paru, Kondisi Arteri Pulmonalis Tersumbat

Emboli Paru, Kondisi Arteri Pulmonalis Tersumbat merupakan kondisi tersumbatnya arteri pulmonalis.Arteri ini merupakan pembuluh darah yang membawa darah ke paru-paru dari jantung. Gumpalan darah dari kaki atau bagian tubuh lain adalah materi yang umumnya menyumbat arteri pulmonalis. Ukuran gumpalan darah yang menyumbat tidak begitu besar sehingga tidak terlalu membahayakan nyawa. Namun gumpalan sekecil apapun tetap berpotensi merusak paru-paru.Oleh karena itu, penderita emboli paru perlu perawatan cepat untuk mengurangi risiko kerusakan paru-paru.


Jika gumpalan darah cukup besar maka akan sangat berbahaya dan berpotensi menghentikan aliran darah dari jantung ke paru-paru. Gejala awal emboli paru dapat berbeda-beda pada setiap orang tergantung dari ukuran gumpalan darah, luasnya bagian paru-paru yang terpengaruh, serta kondisi kesehatan keseluruhan seseorang khususnya kondisi paru-paru dan jantung.

Gejala

Gejala umum dari Emboli Paru, Kondisi Arteri Pulmonalis Tersumbat diantaranya adalah batuk, sakit di punggung bagian atas atau dada, sesak nafas, pusing, pingsan, kulit ujung-ujung jari membiru, berkeringat dengan berlebihan, demam, gelisah, dan jantung yang berdetak lebih cepat. Kasus emboli paru disebabkan gumpalan darah pada kaki yang terbawa ke paru-paru dan dikenal dengan thrombosis vena dalam.Oleh sebab itu, penderita emboli paru banyak yang menunjukkan gejala thrombosis vena seperti pembengkakan dan kemerahan pada salah satu kaki seperti betis, disertai dengan rasa sakit.

Penyebab

Jika mengalami nafas pendek, batuk sampai mengeluarkan dahak disertai darah, sakit di bagian dada, dan pembengkakan kaki, segeralah untuk berkonsultasi ke dokter.Keadaan tersebut dapat mengancam nyawa penderitanya. Lalu apa yang menjadi penyebab emboli paru?

Hampir semua gumpalan darah yang menyebabkan Emboli Paru, Kondisi Arteri Pulmonalis Tersumbat tercipta di pembuluh vena kaki. Biasanya jumlah gumpalan darah yang muncul akan lebih dari satu. Emboli paru sangat jarang terjadi karena satu gumpalan saja. Selain gumpalan darah, ada berbagai material yang dapat menyumbat arteri pulmonalis seperti air ketuban, gelembung udara, bagian dari tumor, serta lemak dari sumsum tulang panjang yang patah.

Sebagai penyebab paling umum adanya penyumbatan arteri pulmonalis, gumpalan darah yang terjadi pada umumnya bisa diakibatkan karena berbagai hal seperti darah mudah menggumpal karena kondisi gagal jantung, kanker, sindrom antibody antifosfolipid, dan trombofilia, tubuh kurang bergerak aktif, adanya cedera pada bagian pembuluh darah karena cedera otot parah, patah tulang, vaskulitis, serta sebagai efek dari mengonsumsi obat-obatan untuk kemoterapi. 

Penting untuk anda melakukan konsultasi kesehatan pada dokter ahli penyakit dalam jika anda mengalami gejala gejala yang mirip dengan yang kami sebutkan tadi, Untuk mendapatkan penanganan lebih cepat dan tepat.

By Rifaldi Abdul Ridwan - penyakit Rabu, 16 November 2016 10:03:54

Emboli Paru, Kondisi Arteri Pulmonalis Tersumbat
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Waspadai jika anda mengalam emboli paru kondisi arteri pulmonalis tersumbat yang cukup berbahaya jika tidak segera ditangani
penyakit - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



penyakit
Dehidrasi, Kondisi Yang Rawan Terjadi Akibat Diare

Dehidrasi kondisi yang rawan akibat…

penyakit
Demam, Kondisi Akibat Adanya Infeksi Dalam Tubuh

Demam merupakan kondisi saat suhu…

penyakit
Diabetes Insipidus Kondisi Saat Hormon Antidiuretik Terganggu

Secara umum, diabetes insipidus mempunyai…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top