Tanya Herbal

Cystic Fibrosis Penyakit Akibat Lendir Lengket dan Kental

Cystic Fibrosis Penyakit Akibat Lendir Lengket dan Kental sehingga menyumbat berbagai saluran dalam tubuh. Karena penyumbatan ini, beberapa organ seperti sistem pencernaan dan paru-paru mengalami gangguan bahkan mengalami kerusakan. Berbagai gejala yang bisa timbul ketika cystic fibrosis menyerang paru-paru adalah muntah, batuk berkepanjangan, sesak nafas, mengi, sulit bernafas, dan batuk.


Selain gejala di atas, penderita cystic fibrosis juga rentan mengalami infeksi paru-paru. Infeksi tersebut berpotensi semakin parah serta berpotensi menular antar sesama penderita cystic fibrosis akibat bakteri yang berkembang biak. Dalam sistem pencernaan, lender juga bisa menghambat saluran pankreas. Dengan demikian, enzim pencernaan yang diproduksi oleh pankreas tidak bisa mencapai usus dalam membantu proses pencernaan makanan.

Hal tersebut membuat orang yang menderita cystic fibrosis akan mengalami berbagai gejala seperti tekstur tinja yang berminyak, menggumpal, dan berbau tajam, berat badan menurun bahkan pertumbuhan terhambat karena makanan tidak tercerna dengan baik sehingga penderita akan kekurangan nutrisi.

Cystic fibrosis pada bayi baru lahir bisa menyumbat proses pembuangan kotoran awal yang biasanya keluar di hari pertama atau di hari kedua kelahiran mereka. Kotoran hitam pekat tersebut akan sulit melewati usus karena teksturnya menjadi padat. Kondisi tersebut dinamai meconium ileus dan penanganannya hanya dapat dilakukan lewat operasi. Bayi yang lahir dengan cystic fibrosis juga rentan mengalami gejala-gejala sakit kuning.

Orang yang mempunyai penyakit cystic fibrosis juga rentan terkena infeksi hidung seperti sinusitis dan polip, kemandulan pada pria karena saluran yang membawa sperma terhalang dan kemandulan pada perempuan akibat siklus menstruasi terganggu dan tebalnya cairan dalam dinding rahim, gangguan hati, serta inkontinensia urin karena kontrol otomatis dari kandung kemih hilang sehingga urin dapat merembes keluar kapan saja.

Gejala yang berkembang pada setiap penderita fibrosis kistik akan berbeda-beda tetapi yang paling penting adalah Anda mengenal gejala tersebut sejak awal terutama pada anak-anak. Oleh sebab itu, temui dokter jika anak sering mengalami sesak nafas, mengi, batuk berdahak bercampur darah, infeksi paru-paru, demam, mudah lelah ketika beraktivitas, serta pertumbuhan berat badan yang lambat, dan mempunyai jari-jari tabuh.

Anda yang mempunyai anak yang mengalami gejala fibrosis kistik, terutama sering sesak nafas, temui dokter segera untuk konsultasi kesehatan guna mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

By Nandang Rohimat - penyakit Selasa, 15 November 2016 14:34:49

Cystic Fibrosis Penyakit Akibat Lendir Lengket dan Kental
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Cystic Fibrosis Penyakit Akibat Lendir Lengket dan Kental sehingga menyumbat berbagai saluran dalam tubuh. Karena penyumbatan ini,
penyakit - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



penyakit
Mengenal lebih Jauh Tentang Crohn

Mari kita sama - sama…

penyakit
Demam, Kondisi Akibat Adanya Infeksi Dalam Tubuh

Demam merupakan kondisi saat suhu…

penyakit
Dehidrasi, Kondisi Yang Rawan Terjadi Akibat Diare

Dehidrasi kondisi yang rawan akibat…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top