Tanya Herbal

Pengobatan Diabetes Tipe 1

Diabetes tipe 1 perlu didiagnosis sejak awal supaya pengobatan diabetes tipe 1 yang tepat dapat dilakukan. Dengan demikian, kadar gula dalam darah penderita dapat dikendalikan. Tujuan pengobatan diabetes adalah untuk menjaga kadar gula darah agar seimbang serta mengendalikan gejala sehingga komplikasi bisa dicegah.


Orang yang menderita diabetes tipe 1 tidak mampu memproduksi insulin sehingga mereka perlu menerima suplai insulin secara rutin dari luar. Selain itu, mereka juga perlu belajar untuk menyesuaikan suplai insulin dengan aktivitas yang dilakukan, makan yang dikonsumsi, serta kadar gula darah. Proses penyesuaian tersebut dilakukan dengan bertahap. Ada beberapa jenis insulin yang dapat dipakai yakni insulin kerja cepat yang bereaksi cepat namun tidak tahan lama, insulin kerja panjang yang bertahan satu hari, dan insulin kerja singkat yang bertahan maksimal delapan jam.

Pengobatan diabetes tipe 1 dapat menggunakan kombinasi dari jenis insulin yang disebutkan. Transplantasi sel-sel pankreas yang mampu memproduksi insulin atau sel islet dapat menolong para penderita diabetes tipe 1 namun tidak semua. Dalam proses tersebut, sel islet yang diambil dari pendonor akan dimasukkan ke dalam pankreasi penderita diabetes tipe 1.

Transplantasi islet terbilang efektif dalam mengurangi risiko serangan hipoglikemia parah. Hipoglimeia merupakan keadaan dimana kadar gula darah terlalu rendah. Kondisi tersebut sama bahayanya dengan kadar gula darah terlalu tinggi. Namun meski ada negara yang sudah menerapkan transplantasi islet, banyak penderita diabetes yang tidak menjalaninya karena risiko memang cukup tinggi.

Komplikasi yang bisa ditimbulkan karena diabetes bermacam-macam. Glukosa darah yang tinggi dapat menyebabkan kerusakan pada saraf, pembuluh darah, serta organ tubuh. Oleh karena itu, diabetes dapat mengakibatkan komplikasi yang cukup berbahaya jika tidak dikontrol dengan baik. Peningkatan kadar gula darah yang tidak begitu signifikan serta tidak memicu gejala apapun dapat mengakibatkan dampak jangka panjang.

Untuk menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes, olahraga teratur dan pola makan sehat sangat membantu. Selain itu, dapat pula dilakukan dengan berhenti merokok dan mengonsumsi minuman keras untuk mengurangi komplikasi berupa penyakit jantung.

Diabetes tipe 1 ada juga yang muncul ketika hamil. Diabetes yang disebut dengan diabetes kehamilan ini berkembang di trimester kedua dan hilang usai melahirkan. Diabetes kehamilan bisa terjadi pada dua orang diantara 100 perempuan hamil. Perempuan yang menderita diabetes tipe 1, kehamilan bisa memperparah kondisi mereka.

Perempuan penderita diabetes tipe 1 yang sedang hamil juga mempunyai risiko lebih besar untuk terkena komplikasi terutama mengenai kesehatan janin. Oleh karena itu, penting untuk penderita diabetes yang sedang hamil untuk mengontrol serta menjaga keseimbang kadar gula dalam darah serta terus lanjutkan pengobatan diabetes tipe 1 sampai tuntas supaya hasilnya lebih maksimal.

By Ari Hermansyah - Pengobatan Selasa, 15 November 2016 07:44:35

Pengobatan Diabetes Tipe 1
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Pengobatan diabetes tipe 1 yang tepat untuk menjaga kadar gula darah agar seimbang serta mengendalikan gejala sehingga komplikasi bisa dicegah
Pengobatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Pengobatan
Cara Mengobati Batu Ginjal Sesuai Ukurannya

Cara mengobati batu ginjal sesuai…

Pengobatan
Asam Ursodeoksikolat, Zat Untuk Mengobati Batu Empedu

Asam ursodeoksikolat zat untuk mengobati…

Pengobatan
Cara Mengobati Bronkitis Akut

Bronkhitis adalah penyakit yang sering…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top