Tanya Herbal

Ini Dia Gejala Disentri Yang Harus Anda Waspadai

Disentri yang umum terjadi adalah disentri karena bakteri shigella. Dan Ini Dia Gejala Disentri Yang Harus Anda Waspadai yang berlangsung selama 5 sampai 7 hari dan biasanya berupa demam, diare disertai darah, mual, kram perut, dan muntah. Disentri jenis ini disebut pula dengan nama disentri amoeba. Kondisi tersebut terjadi di daerah tropis seperti di Indonesia. Disentri ini mempunyai masa inkubasi sampai 10 hari usai infeksi terjadi.

Gejala disentri amoeba meliputi diare yang disertai darah ataupun nanah, demam menggigil, mual, muntah, sakit ketika buang air besar, pendarahan pada rektum, berat badan turun, dan hilang nafsu makan. Parasit dapat masuk ke dalam aliran darah serta menyebar ke organ lain terutama hati. Jika hal ini terjadi, maka amobe dapat memicu terbentuknya abses hati yang memiliki gejala seperti lemas, demam, batuk, sakit kuning, hilang nafsu makan, dan bert badan turun.


Disentri amoeba umumnya berlangsung selama beberapa hari hingga beberapa minggu. Tanpa perawatan yang baik, amoeba dapat hidup terus di dalam usus selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun sekalipun penderita tak lagi mengalami gejala apapun. Kondisi tersebut bisa menyebabkan penularan dan diare kambuh.

Umumnya disentri parah dapat berujung pada dehidrasi. Gejala dehidrasi sangat harus diwaspadai terlebih jika terjadi pada anak-anak karena daya tahan tubuh mereka tidak setinggi orang dewasa. Jika terjadi pada anak-anak, segeralah konsultasi ke dokter ahli. Dehidrasi pada anak dapat berujung kematian. Jika telah mengalami diare 6 kali dalam waktu 24 jam, sebaiknya anak dibawa ke dokter. Gejala dehidrasi yang harus diwaspadai adalah kaki dan tangan dingin, kulit menjadi pucat, frekuensi buang air kecil jadi menurun, dan kondisi tubuh yang lemah.

Pada disentri akibat bakteri, shigella sonnei adalah bakteri penyebab disentri paling umum, sedangkan shigella dysenteriae merupakan penyebab disentri paling parah. Bakteri shigella yang terdapat pada tinja pengidap bisa menyebar lewat banyak cara seperti lewat tangan yang tidak selalu dicuci atau saat mengonsumsi makanan maupun minuman yang terkontaminasi.

Sedangkan disentri akibat amoeba umumnya disebabkan entamoeba histolytica. Penyakit tersebut umumnya ditemukan di daerah tropis, termasuk di Indonesia. Usai masuk ke dalam mulut, amoeba membentuk kista yang terlindung asam lambung ketika masuk ke dalam perut. Dari perut, kista tersebut turun ke usus. Dinding pelapis lalu pecah dan melepaskan amoeba-amoeba yang mengakibatkan infeksi. Mereka dapat membenamkan diri ke bagian dinding usus serta menyebabkan terbentuknya ulkus atau abses kecil.

Penyebaran disentri amoeba bisa meningkat jika Anda tinggal di lingkungan yang berada di dekat saluran pembuangan, persediaan air bersih tidak memadai, dan di area padat penduduk dan kumuh.

 

By Rahman Amaruloh - Kesehatan Jum'at, 11 November 2016 16:22:22

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Cara Mengobati dan Menghilangkan Nyeri Sendi dengan Bahan Alami

Cara Mengobati dan Menghilangkan Nyeri…

Kesehatan
Gejala Cedera Saraf Tulang Belakang

Gejala cedera saraf tulang belakang…

Kesehatan
Waspadai Gejala-Gejala Depresi

Hati hati! Gejala depresi dengan…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top