Tanya Herbal

Difteri, Infeksi Yang Menyerang Lendir Pada Hidung dan Tenggorokan

Difteri, Infeksi Yang Menyerang Lendir Pada Hidung dan Tenggorokan. Terkadang bisa memberikan pengaruh terhadap kulit. Penyakit tersebut bisa sangat menular dan termasuk infeksi yang serius karena bisa mengancam jiwa jika kurang penanganan.

Penyebab difteri adalah karena bakteri yakni corynebacterium ulcerans dan corynebacterium diphtheriae. Saat bakteri masuk ke dalam tubuh hingga gejala muncul memakan waktu sekitar lima hari.

Difteri, Infeksi Yang Menyerang Lendir Pada Hidung dan Tenggorokan



Gejala yang mengindikasikan penyakti difteri diantaranya adalah demam dan menggigil, sulit bernafas atau nafas menjadi cepat, terbentuknya membrane abu yang menutupi amandel dan tenggorokan, sakit tenggorokan, suara serak, lelah, lemas, hidung beringus, dan pembengkakan kelenjar limfa pada leher.

Difteri kadang-kadang menyerang kulit dan bisa menyebabkan bisul yang akan sembuh dalam beberapa bulan namun meninggalkan sisa pada kulit. Jika Anda mengalami hal-hal tersebut, secepatnya periksakan diri ke dokter karena penyakit tersebut harus diobati segera agar tidak terjadi komplikasi.

Bakteri penyebab difteri bisa menular dengan mudah yakni lewat udara ketika seorang penderita batuk dan bersin. Tidak hanya itu, ada berbagai metode penularan yang harus diwaspadai diantaranya adalah:

  • Melakukan sentuhan langsung pada bisul karena difteri di kulit penderita. Penularan tersebut terjadi pada penderita yang tinggal dengan lingkungan yang kurang bisa menjaga kebersihan dan padat penduduk.
  • Barang-barang yang terkontaminasi bakteri seperti handuk dan mainan.
  • Minum susu yang belum disterilisasi atau dipasteurisasi.
  • Kontak langsung dengan hewan yang telah terinfeksi seperti sapi.
  • Mengonsumsi makanan dari susu yang belum disterilisasi maupun dipasteurisasi.

Bakteri penyebab difteri memproduksi toksin yang membunuh sel-sel di dalam tenggorokan.

Sel mati tersebut membentuk membrane abu. Tidak hanya itu, toksin juga bisa menyebar lewat darah, menyerang jantung, dan sistem saraf.

Orang yang telah menerima vaksinasi sebelumnya dapat terinfeksi penyakit ini. Tetapi mereka biasanya tak menunjukkan gejala ketika sedang terinfeksi. Namun Anda harus waspada karena mereka dapat menularkan difteri.

Cara mencegah difteri yang paling efektif adalah dengan vaksinasi. Pencegahan difteri termasuk dalam vaksin DPT. Vaksin tersebut meliputi tetanus, difteri, batuk rejan, dan pertusis.

Vaksin DPT merupakan salah satu darri lima imunisasi yang wajib dilakukan bagi anak-anak Indonesia. Pemberian vaksin tersebut dilakukan lima kali seumur hidup saat anak berusia 2 bulan, 4 bulan, 6 bulan, 1,5 sampai 2 tahun, dan 5 tahun.

Perlindungan tersebut biasanya dapat melindungi seorang anak dari difteri seumur hidupnya. Namun vaksin ini juga dapat diberikan lagi saat anak dewasa tepatnya ketika berusia 11 sampai 18 tahun untuk memaksimalkan efektifitasnya. Orang yang sudah sembuh dari sifter disarankan untuk menerima vaksin. Hal tersebut dikarenakan dia masih mempunyai risiko kembali tertular penyakit serupa.

Terimakasih telah menyimak artikel Difteri, Infeksi Yang Menyerang Lendir Pada Hidung dan Tenggorokan, Bagi anda yang memiliki keluhan kesehatan anda bisa langsung tanyakan pada team kami dengan menggunakan layanan tanya jawab disitus tanyaherbal.com ini, Silahkan gunakan dan semoga bermanfaat.

By Rifaldi Abdul Ridwan - Kesehatan Rabu, 09 November 2016 11:30:27

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Waspadai Gejala-Gejala Depresi

Hati hati! Gejala depresi dengan…

Kesehatan
Pemantauan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes

Pemantauan kadar gula darah pada…

Kesehatan
Asma, Penyakit Yang Menyebabkan Sulit Bernafas

Asma adalah sebuah penyakit jangka…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top