Tanya Herbal

Mengenal lebih Jauh Tentang Diabetes Tipe 1

Mengenal lebih JauhTentang Diabetes Tipe 1-, Berbagai sel di dalam tubuh manusia memerlukan glukosa supaya bisa berfungsi normal dan kadar gula darahnya dikendalikan hormon insulin. Ketika tubuh kekurangan insulin maupunsel - sel tubuh jadi resistan terhadap insulin, kadar gula darah bakal meningkat secara drastis karena penumpukan. Ini yang akan terjadi ketika seseorang menderita diabetes melitus. Diabetes merupakan penyakit jangka panjang yang ditandai dengan kadar gula di atas normal.


Di tahun 2013, penderita diabetes di tanah air diperkirakan memiliki jumlah sekitar 8,5juta orang dengan usia antara 20 sampai 70 tahun. Data tersebut dikut pdari Federasi Diabetes Internasional. Namun sayangnya kurang dari 50 persen yang menyadari hal tersebut. Asia tenggara merupakan wilayah dengan prevalensi paling tinggi untuk diabetes tipe 1.Sekitar 111.500 anak yang berusia di bawah 15 tahun yang mengidap diabetes tipes atau dengan perkiraan sekitar 18.000 kasus baru setiap tahun.
Secara umum, tipe diabetes ada dua yakni diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Penderita diabetes tipe 1 bergantung kepada insulin. Diabetes tipe ini terkadang dikenal dengan nama diabetes remaja karena biasanya menyerang pasien di bawahumur 40 tahun terutama di usia remaja. Nah, oleh karena itulah sangat penting bagi kita semua untuk mengenal lebih jauh tentang diabetes tipe 1.

Dan organ pankreas di dalam tubuh penderita diabetes tipe 1 tak memproduksi insulin. Hal ini menyebabkan penderita perlu suntikan insulin setiaphari. Insulin sangat penting dengan fungsinya untuk mengendalikan kadar gula darah. Jika kadar gula darah terlalu tinggi, maka akibatnya adalah kerusakan serius pada organ tubuh. Penderita diabetes tipe 1 dianjurkan untuk teratur berolahraga, makan makanan sehat, dan tesdarah dengan rutin untuk mengontrol kadar gula darah agar tetap seimbang.

Gejala umum diabetes diantaranya adalah sering merasa lelah, sering haus, sering buang air kecil terutama ketika malam hari, turunnya berat badan, dan berkurangnya massa otot. Penyebab utama terjadinya diabetes erat kaitannya dengan hormon insulin. Penyebab diabetes tipe 1 disebabkan karena ketidak mampuan tubuh dalam memproduksi hormon insulin yang berfungsi memindahkan glukosa dari darah ke sel - sel yang mengolahnya menjadi energi.

Dalam tubuh penderita diabetes tipe1, organ pankreas tidak dapat memproduksi hormon insulin.Sehingga tanpanya, sel - sel dalam tubuh mengolah lemak dan otot menjadi energi sehingga  berat badan menjadi turun. Hal ini berpotensi menimbulkan kondisi bernama ketoasidosis diabetik dimana darah terlalu asam dan  terjadinya dehidrasi yang sangat membahayakan. Diabetes tipe 1 juga kerap kali disebut dengan kondisi autoimun yakni sistem kekebalan tubuh menyerang sel - sel di dalam pankreasi karena mereka dikira membahayakan tubuh.

Sekilas ulasan mengenal lebih jauh tentang diabetes tipe 1 yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat bagi anda dan pastinya akan memberi pengetahuan tentang penyakit dan kesehatan untuk anda sendiri. bagi anda yang ingin bertanya atau berkonsultasi informasi seputar kesehatan atau yang berkaitan dengan artikel berikut bisa anda tanyakan di tanya herbal sekarang juga

By Yayat Ruhiyat - penyakit Rabu, 09 November 2016 10:05:22

Mengenal lebih Jauh Tentang Diabetes Tipe 1
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Mari kita sama - sama Mengenal lebih Jauh Tentang Diabetes Tipe 1 yang akan saya bahas informasi selengkapnya disini
penyakit - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



penyakit
Mengenal lebih Jauh Tentang Crohn

Mari kita sama - sama…

penyakit
Gejala dan Faktor Penyebab Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Gejala dan faktor penyebab carpal…

penyakit
Pencegahan Campak dan Komplikasinya

informasi Pencegahan Campak dan Komplikasinya…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top