Tanya Herbal

Cara Melindungi Anak Dari Infeksi Virus Herpes

Waspadai saat Anda melihat ada luka melepuh di sekitar bibir anak. Hal tersebut bisa jadi merupakan gejala infeksi virus herpes simpleks tipe satu. Luka ini sebenarnya tidak bahaya namun dapat menjadi bahaya ketika virus di luka tersebut menjangkiti anggota tubuh lainnya. Sebaiknya anda segera lakukan Cara Melindungi Anak Dari Infeksi Virus Herpes dari sekarang sebelum terjangkit.


Ada dua macam virus herpes simpleks. Keduanya bisa menyebabkan luka melepuh pada daerah genital dan wajah. Virus tersebut juga dikenal sebagai virus yang dapat menimbulkan luka lepuh di sekitar mulut dan wajah. Sementara herpes simpleks tipe dua umumnya menimbulkan luka lepuh di sekitar alat kelamin.

Luka yang terdapat pada wajah akibat virus herpes simpleks dapat ditularkan oleh orang yang telah lebih dahulu terinfeksi. Penularan tersebut bisa terjadi ketika mereka berbagi peralatan makan maupun cangkir dengan orang yang terkena infeksi. Virus ini dapat juga menular dari air liur orang dewasa ketika ciuman. Sayangnya mereka yang telah terinfeksi belum tentu mempunyai luka melepuh yang kasat mata. Sedangkan, virus herpes simpleks genital bisa menular dari ibu ke bayi ketika bayi dilahirkan.

Bayi yang usianya kurang dari tiga bulan, virus ini bisa menyebar ke otak serta bagian tubuh lain dan berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan yang serius. Gejala infeksi primer atau serangan pertama virus herpes pada anak umumnya terjadi pada anak yang usinya di bawah lima tahun. Tidak hanya luka melepuh di mulut, gejala lain yang tampak pada anak yang terinfeksi virus herpes simpleks tipe satu adalah adanya peradangan gusi, pembengkakan kelenjar getah bening, sakit tenggorokan, demam tinggi, dehidrasi, sakit kepala, mual, dan balita mengelurakan lebih banyak air liur dibandingkan biasanya.

Namun sayang, gejala biasanya mereda usai 1 sampai 2 pekan dan dapat menjadi ringan sehingga sulit disadari orang tua. Sedangkan pada anak-anak lain, virus tersebut bisa berdiam di dalam tubuh serta tak menimbulkan penyakit. Penyakit tersebut dapat muncul kembali ketika terpicu kondisi tertentu seperti stress dan demam.

Cara Cepat Atasi Herpes Secara Tuntas

Jika ditangani tepat, virus ini bisa reda dengan sendirinya. Berikut kami berikan tips dalam merawat penderita yang terinfeksi virus herpes.

  • Jika mengalami gangguan sistem kekebalan tubuh sebelum terkena infeksi, segera konsultasi kesehatan ke dokter.
  • Jika sakit, berikan obat untuk pereda nyeri ringan seperti ibuprofen atau acetaminophen. Tidak dianjurkan untuk memberikan aspirin pada anak yang berusia di bawah 16 tahun.
  • Untuk meredakan merah pada luka serta meredakan bengkak, tempatkan es yang dibalut handuk kecil pada area yang sakit.
  • Kurangi makanan yang bersifat asam dan asin yang membuat luka terasa tambah sakit seperti tomat.
  • Berikan konsumsi cairan yang banyak untuk mencegah dehidrasi.
  • Konsumsi makanan dingin dan lembut.

By Nandang Rohimat - Kesehatan Selasa, 08 November 2016 10:52:20

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Ini Dia Gejala Disentri Yang Harus Anda Waspadai

Disentri yang umum terjadi adalah…

Kesehatan
Dislokasi, Cedera Pada Sendi Ketika Tulang Bergeser

Berikut informasi tentang Dislokasi, Cedera…

Kesehatan
Kalazion, Benjolan Pada Kelopak Mata Bawah Atau Atas

Kalazion, benjolan pada kelopak mata…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top