Tanya Herbal

CTS, Kondisi Jari dan Tangan Mati Rasa

CTS, kondisi jari dan tangan mati rasa merupakan hal yang tidak mengenakan dan cukup mengganggu terhadap aktivitas keseharian. Sindrom terowongan atau yang dikenal dengan Carpal Tunnel Syndrome (CTS) merupakan kondisi yang dapat memberi pengaruh terhadap jari dan tangan sehingga mengalami mati rasa, sensasi rasa kesemutan, maupun nyeri. Gejala ini umumnya berkembang dengan perlahan dan akan bertambah parah di malam hari. Jempol, telunjuk, dan jari tengah adalah bagian yang sering terpengaruh. Carpal tunnel merupakan jalur di pergelangan tangan dimana terdapat Sembilan tendon dan saraf median yang fungsinya adalah untuk menggerakkan jari-jari tangan.


Saat pembengkakan pada tendon bahkan bagian saraf terjadi, saraf median bakal tertekan serta mengakibatkan terjadinya carpal tunnel syndrome. Ketika saraf median terhimpit, maka mati rasa dan sensasi kesemutan akan timbul. Selain itu, muncul juga rasa sakit di bagian yang terpengaruh oleh saraf ini.

Fungsi saraf median yakni untuk memberikan sensasi sentuhan pada jari telunjuk, ibu jari, setengah dari jari manis, dan jari tengah. Tidak hanya itu, saraf median pun memberikan tenaga pada otot tangan untuk mencubit benda oleh ibu jari serta ujung jari lainnya. Gejala CTS yang sering terjadi diantaranya adalah ibu jari melemah dan munculnyta rasa sakit pada lengan atau tangan. Gejala dapat terjadi pada salah satu maupun dua tangan sekaligus, namun pada kebanyakan kasus, CTS juga pada akhirnya bisa mempengaruhi kedua tangan.

CTS, kondisi jari dan tangan mati rasa terjadi karena terhimpitnya saraf median. Pada kebanyakan kasus CTS, penyebab saraf median tertekan ini belum diketahui. Namun ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko seseorang menderita CTS diantaranya adalah cedera pada pergelangan tangan, faktor keturunan keluarga, kehamilan, pekerjaan berat yang berulang-ulang menggunakan tangan seperti mengetik dalam waktu yang lama, serta kondisi medis seperti diabetes dan rheumatoid arthritis.

Diagnosis CTS dapat dilakukan dokter dengan langsung lewat pemeriksaan fisik di pergelangan tangan dan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan gejala yang dialami. Beberapa tes yang dapat digunakan untuk mendiagnosis CTS diantaranya adalah tes darah, tes fisik, studi konduksi saraf, elektromiografi, dan pencitraan x-ray.

Lalu bagaimana mengenai pengobatan CTS, kondisi jari dan tangan mati rasa? Pada beberapa kasus, CTS tidak memerlukan pengobatan khusus karena akan sembuh dengan sendirinya. Terutama untuk perempuan hamil, CTS bisa membaik dalam tiga bulan usai melahirkan. Gejala CTS yang sedang dan ringan dapat ditangani dengan cara membalut pergelangan menggunakan papan kecil disertai suntikan kortikosteroid. Jika hal tersebut tidak berhasil, prosedur operasi bisa dilakukan. Operasi bisa sangat penting dilakukan jika dokter mencurigai adanya kerusakan saraf permanen.

By Ari Hermansyah - Kesehatan Selasa, 08 November 2016 10:23:51

CTS, Kondisi Jari dan Tangan Mati Rasa
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
CTS, kondisi jari dan tangan mati rasa merupakan hal yang tidak mengenakan dan cukup mengganggu terhadap aktivitas keseharian.
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    6 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Berikut ini kami akan menjelaskan…

Kesehatan
Cara Mencegah Diare

Mencegah diare pada dasarnya tergantung…

Kesehatan
Kalazion, Benjolan Pada Kelopak Mata Bawah Atau Atas

Kalazion, benjolan pada kelopak mata…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top