Tanya Herbal

Cara Mengatasi Demam Pada Anak

Demam bukan penyakit, namun berupa gejala terhadap masalah kesehatan tertentu. Demam dapat terjadi saat sistem kekebalan tubuh berperang melawan infeksi. Istilah medisnya, orang menderita demam saat suhu tubuhnya sampai 37,5 derajat celcius atau lebih. Demam bisa terjadi pada semua orang, termasuk anak-anak.

Cara tepat, cepat, dan mudah dalam mengetahui anak sedang mengalami demam adalah memeriksa suhu tubuh. Pemeriksaan suhu tubuh dapat dilakukan menggunakan thermometer. Sebaiknya tidak bergantung pada rabaan tangan dalam mengukur demam karena suhu anak dapat lebih tinggi dari yang diperkirakan.

Penyebab Demam Pada Anak

Anak-anak rentan mengalami demam dan biasanya penyebab demam pada anak-anak bukan hal gawat atau serius. Pada kebanyakan kasus, demam pada anak bisa menghilang sendirinya. Kondisi demam sebenarnya mempunyai manfaat pada tubuh. Dengan suhu yang meningkat, sistem kekebalan tubuh lebih cepat memproduksi antibody dan menggandakan jumlah sel darah putih yang dibutuhkan untuk melawan mikroorganisme penyebab infeksi. Tidak hanya itu, suhu tubuh yang tinggi juga dapat menghambat perkembangan virus atau bakteri dalam tubuh.

Demam lebih sering terjadi pada anak di bawah usia lima tahun dibandingkan mereka yang lebih tua. Hal tersebut karena sistem kekebalan tubuh bayi belum sebaik orang yang lebih tua. Demam tinggi dan berkelanjutan pada bayi harus diwaspadai karena sistem pengaturan suhu tubuh belum berkembang sempurna. Penyebab demam pada anak diantaranya karena infeksi saluran pernafasan, terjadi pertumbuhan gigi baru, sinusitis, efek samping imunisasi, diare karena mengonsumsi makanan yang sudah terkontaminasi, tifus, disentri, demam berdarah, cacar air, infeksi saluran kemih, malaria, meningitis, pneumonia, dan septikemia.

Gejala Demam Pada Anak Yang Harus Diwaspadai


Meski dalam beberapa kasus demam bisa sembuh dengan sendirinya, ada beberapa gejala yang harus diwaspadai diantaranya adalah saat tubuh anak jauh lebih lemas disertai dengan kesadaran berkurang, lebih sering tidur dan susah dibangunkan, reaksi kurang responsif, mengalami gangguan bernafas, mengalami gejala dehidrasi seperti menangis tanpa air mata, jarang buang air kecil, muntah-muntah, sakit di bagian telinga, bagian bibir dan kulit tampak pucat atau membiru, kejang-kejang, demam tinggi disertai ruam, serta berkeringat sedikit meski udara panas.

Cara Mengatasi Demam Pada Anak

Cara Mengatasi Demam Pada Anak jika anak berusia 0 sampai 6 bulan dan mengalami demam hingga 38 derajat celcius, maka sebaiknya segera dibawa ke dokter jika tidak turun setelah 24 jam. Jika anak sedang demam, pastikan mereka minum air yang agak dingin. Meski anak tidak haus, usahakan untuk menyuruhnya minum sedikit demi sedikit. Demam bisa membuat anak hilang cairan lebih cepat sehingga risiko terkena dehidrasi lebih tinggi. Hindari minuman kafein dan bersoda.

Untuk obat-obatan, Anda sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter. Biasanya anak tidak diberi aspirin karena bisa menyebabkan penyakit fatal yang mempengaruhi hati dan otak. Dan selain menggunakan obat obatan untuk langkah penanganan pertama demam pada anak anda dapat menggunakan cara mengatasi demam pada anak menggunakan herbal, Yaitu dengan obat herbal penurun demam anak kunyit dan temulawak.

Caranya cukup dengan memarut herbal tersebut kemudian di campurkan dengan setengah gelas air panas, tiriskan lalu peras dan minumkan perasan herbal tersebut.

By Rifaldi Abdul Ridwan - Kesehatan Rabu, 02 November 2016 10:44:44

Cara Mengatasi Demam Pada Anak
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Untuk anak dengan gejala demam tinggi cara mengatasi demam pada anak berikut ini akan bantu turunkan panas anak dengan cepat
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    4 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Manfaat Ikan Dori Untuk kesehatan

Kandungan gizi yang terdapat dalam…

Kesehatan
Dermatitis Seboroik Membuat Kulit Bersisik dan Berketombe

Penyebab Dermatitis Seboroik Membuat Kulit…

Kesehatan
Aritmia, Jantung Berdetak Tidak Teratur

Simaklah informasi tentang Aritmia, Jantung…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top