Tanya Herbal

Mengenal lebih Jauh Tentang Crohn

Mari Kita Mengenal lebih Jauh Tentang Crohn. Penyakit Crohn merupakan penyakit radang usus jangka panjang yang dapat terjadi di seluruh lapisan dinding pada sistem pencernaan mulai dari mulut sampai ke anus.Namun kondisi tersebut umumnya terjadi pada bagian ileum atau akhir usus halus maupun usus besar dan dapat terasa sangat menyakitkan, membuat tubuh terasa lemah, serta terkandang menyebabkan komplikasi dan mengancam nyawa.



Penderita penyakit Crohn mempunyai masa remisi dimana gejala tidak timbul atau penderita hanya mengalami gejala ringan saja. Masa remisi tersebut diikuti masa kambuhan, terkadang menyulitkan penderita.
Gejala penyakit Crohn berbeda-beda pada setiap penderita. Mulai dari yang ringan sampai yang sangat parah.Penyakit ini bisa mengenai bagian manapun dalam sistem pencernaan tubuh Anda.

Berikut gejala umum penyakit crohn yang bisa dialami, diantaranya adalah sakit perut atau kram, merasa sangat kelelahan, selera makan turun, diare, tinja bercampur lendir serta darah, demam, dan berat badan turun dengan ekstrem.

Peradangan pada sistem pencernaan anak-anak dapat menghambat penyerapan nutrisi makanan yang mereka konsumsi.Oleh karena itu, penyakit Crohn yang terjadi pada anak - anak bisa mengakibatkan pertumbuhan mereka jauh lebih lambat dibandingkan dengan anak - anak yang sehat. Berikut kondisi atau gejala yang harus mendapatkan penanganan dari dokter dengan segera.

  1. Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas.

  2. Munculnya darah pada tinja.

  3. Diare yang tidak kunjung sembuh.

  4. Kram perut dan sakit perut yang tidak sembuh.


Penyebab dari Penyakit Chron yang sebenarnya sampai saat ini masih belum diketahui. Beberapa kondisi berikut dapat dikaitkan dengan penyakit Chron, yakni:

  • Faktor genetik. Penyakit Chron cenderung terjadi di beberapa etnis bangsa. Hal ini membuktikan penyakit chron adalah penyakit turun temurun.

  • Sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh pada penderita penyakit Crohn yang harusnya melindungi usus dari bakteri untuk masuk ke sistem pencernaan justru mengalami gangguan. Hal tersebut menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang bakteri berbahaya dan bakteri baik sekaligus.

  • Faktor usia. Kebanyakan penyakit Crohn didiagnosis pada orang yang berusia di bawah 30 tahun.

  • Kebiasaan merokok. Risiko paling tinggi yang menyebabkan penyakit Crohn terjadi adalah karena kebiasaan merokok, selain faktor genetik.Orang yang biasa merokok mempunyai risiko dua kali lipat lebih besar terkena penyakit ini dibandingkan orang yang tidak merokok.Gejala penyakit Crohn pada perokok umumnya lebih parah dan memerlukan operasi untuk penanganannya.

  • Infeksi. Infeksi yang terjadi di masa kanak - kanak dapat mengakibatkan munculnya reaksi kurang normal dari sistem kekebalan tubuh.Kondisi tersebut diduga menyebabkan gejala penyakit Crohn muncul.

Itulah informasi Mengenal lebih Jauh Tentang Crohn yang dapat saya sampaikan kali ini semoga bermanfaat bagi anda, dan untuk anda yang ingin menayakan sesuatu tentang kesehatan atau yang berkaitan dengan artikel tesebut bisa anda langsung konsultasikan di tanya herbal.

By Yayat Ruhiyat - penyakit Rabu, 02 November 2016 08:47:12

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



penyakit
Gejala dan Faktor Penyebab Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Gejala dan faktor penyebab carpal…

penyakit
Emboli Paru, Kondisi Arteri Pulmonalis Tersumbat

Waspadai jika anda mengalam emboli…

penyakit
Pencegahan Campak dan Komplikasinya

informasi Pencegahan Campak dan Komplikasinya…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top