Tanya Herbal

Cara Menyembuhkan Eksim Pada Bayi

Cara menyembuhkan eksim pada bayi sebenarnya cukup sederhana dan mudah. Selain itu, kebersihan pakaian dan kulit si bayi juga mesti diperhatikan. Dermatitis atopic atau yang lebih dikenal dengan eksim merupakan ruam kulit yang bisa muncul pada anak yang berusia di bawah lima tahun. Area tubuh yang dapat terserang eksim diantaranya adalah leher, wajah, lutut, dan siku. Meski demikian, tak menutup kemungkinan eksim pun dapat menyebar ke bagian tubuh lain.


Eksim tak menular namun memiliki sifat mudah kambuh. Penyakit yang membuat bayi merasa tidak nyaman karena merasakan gatal tersebut memang sangat tidak mengenakkan. Biasanya bayi akan lebih rewel. Menggaruk bagian kulit yang terkena eksim dapat mendatangkan masalah. Ruam yang menyerupai sisik, bintil-bintil merah, dan kulit kering yang menebal sebaiknya jangan digaruk karena dapat mendatangkan infeksi.

Eksim umumnya datang dan pergi. Penyebab eksim belum diketahui dengan pasti namun umumnya karena faktor genetik. Seorang anak akan memiliki potensi terkena eksim lebih besar jika orang tua atau anggota keluarga dekat memiliki penyakit serupa. Berikut kami berikan tips mengenai cara menyembuhkan eksim pada bayi untuk membantu proses penyembuhan eksim parah.

  1. Memakai bahan pemutih atau natrium hipoklorit. Sebuah penelitian mengungkapkan, berendam di air yang dicampur bahan pemutih selama 5 menit dua kali seminggu bisa membantu mengobati eksim 5kali lebih efektif dibandingkan dengan air biasa. Seorang ahli dermatologi menyarankan untuk mencampurkan dua sendok pemutih pada 4 liter air untuk mandi. Tetapi jika ingin memandikan anak dengan campuran ini, pastikan bahan pemutih dan air mandi sudah tercampur merata. Tidak hanya itu, pastikan pula campuran air ini tidak tertelan oleh anak.
  2. Hindari menggaruk kulit yang eksim. Pakaikan sarung tangan dan kaus kaki katin dan pastikan kuku-kukunya tidak panjang. Pakai pula seprai paling lembut. Jika anak susah tidur karena gatal, konsultasi segera dengan dokter. Biasanya dokter akan memberikan obat antihistamin sehingga anak tidak tersiksa di malam hari menahan rasa gatal.
  3. Hindari pemicu. Eksim bukan alergi terhadap suatu zat. Tetapi zat pemicu atau alergen seperti debu, asap rokok, serbuk sari, dan tungau juga dapat memicu eksim.Ruam eksim dapat diperparah oleh kondisi kulit kering, suhu panas, gesekan kulit, dan perubahan suhu. Stres juga bisa memicu eksim semakin parah dan berkembang. Oleh sebab itu, orang tua harus meminimalkan stress pada anak yang bisa memicu eksim. Bantu anak dalam menangani stress seperti memberikan anak untuk mendapatkan hiburan yang disukainya.
  4. Periksakan anak ke dokter. Jika eksim belum membaik, segera periksakan anak ke dokter kulit. Dokter mungkin akan memberi resep salep steroid ringan. Selain itu, bisa juga diberikan obat oles kortikosteroid tpikal, antihistamin, obat untuk menekan sistem kekebalan tubuh, antivirus, antibiotik, maupun obat antijamur untuk infeksi kulit.

Itulah cara menyembuhkan eksim pada bayi yang dapat kami informasikan pada anda. Semoga bermanfaat.

By Ari Hermansyah - Kesehatan Selasa, 01 November 2016 13:50:24

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Cara Mencegah Penyakit Kandidiasis Paling Efektif

Pengobatan Penyakit Kandidiasis dapat dilakukan…

Kesehatan
Manfaat Daun Meniran

Simak artikel hari ini dari…

Kesehatan
Jenis Pemeriksaan Kadar Gula Darah

Jenis pemeriksaan kadar gula darah…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top