Tanya Herbal

Cara Mencegah Diare

Cara mencegah diare pada dasarnya tergantung pada kedisiplinan seseorang dalam memperhatikan kebersihan makanan serta minuman yang dikonsumsinya. Perhatian sangat penting dilakukan dalam menjaga serta mengelola makanan dan minuman mulai dari cara memasak hingga proses menyimpan. Dengan begitu, seseorang bisa terhindar dari berkembangnya mikroorganisme seperti bakteri yang menjadi penyebab diare.


Semakin tinggi standar kebersihan Anda, semakin kecil risiko untuk terkena diare. Berikut kami berikan tips mengenai cara mencegah diare.

1. Rajin mencuci tangan menggunakan sabun serta air hangat sebelum makan, setelah menggunakan toilet, setelah memegang daging mentah, serta setelah bermain dengan hewan peliharaan.

2. Jaga kebersihan kuku terutama jika Anda senang dengan kuku yang panjang.

3. Tidak minum dari air keran karena air keran bisa saja mengandung mikroorganisme penyebab diare.

4. Menjaga kebersihan kamar mandi serta dapur.

5. Memasak dan mengonsumsi makanan yang berasal dari bahan segar.

6.Tidak membiarkan makanan disimpan di bawah paparan sinar matahari atau suhu ruangan terlalu lama. Sebaiknya simpan makanan sisa di kulkas dengan membungkusnya atau menutup wadahnya dengan plastic bening.

Untuk mencegah diare menyebar kepada orang-orang di sekitar, Anda dapat melakukan antisipasi dengan cara:

1. Membersihkan toilet dengan obat pembasmi kuman begitu usai dipakai orang yang sedang diare.

2. Orang yang sedang diare sebaiknya tidak beraktivitas dulu sampai diare berakhir.

3. Pastikan orang yang terkena diare tidak menggunakan handuk maupun peralatan makan sama dengan anggota keluarga di rumah.

4. Tidak dianjurkan untuk berenang selama dua minggu usai diare berakhir karena bisa saja diare berasal dari parasit yang bernama cryptosporidium.

Banyak orang masih belum menyadari mengenai akibat dari diare yang bisa fatal. Kebersihan diri, makanan, dan minuman yang dikonsumsi sangat perlu diperhatikan untuk mencegah diare datang. Lalu bagaimana cara mengobati diare jika pada akhirnya diare datang menyerang?

Umumnya kasus diare memang akan sembuh dengan sendirinya setelah beberapa hari. Namun tujuan mengatasi diare yang akan kami jelaskan adalah untuk membantu Anda mengatasi tanda serta gejala yang berdampak buruk misalnya dehidrasi. Orang yang sedang diare sangat rentan terkena dehidrasi. Oleh karena itu, disarankan untuk minum banyak cairan baik air mineral, kuah kaldu, kuah sayur bening, jus, atau bisa juga membuat air larutan gula dan garam.

Diare pada anak bisa diatasi dengan oralit siap pakai. Hal tersebut penting untuk mengatasi dehidrasi. Cara mengetahui orang yang diare terkena dehidrasi atau tidak adalah dengan melihat urin. Jika kekuningan, berarti orang tersebut sedang mengalami dehidrasi. Perbanyak minum air putih. Hindari minuman yang berkafein seperti kopi selama diare.

By Nandang Rohimat - Kesehatan Selasa, 01 November 2016 10:41:24

Cara Mencegah Diare
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Mencegah diare pada dasarnya tergantung pada kedisiplinan seseorang dalam memperhatikan kebersihan makanan serta minuman yang dikonsumsinya.
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    6 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Cara Mencegah Penyakit Kandidiasis Paling Efektif

Pengobatan Penyakit Kandidiasis dapat dilakukan…

Kesehatan
Pemantauan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes

Pemantauan kadar gula darah pada…

Kesehatan
Waspadai Jika Mengalami Batuk Darah

SImaklah informasi kali ini yang…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top