Tanya Herbal

Manfaat Umbi Talas

Talas merupakan akar sayur yang dapat diolah menjadi berbagai macam makanan. Daun talas juga bisa dipakai sebagai bahan sayuran. Namun dalam ulasan kali ini, kami akan membahas manfaat umbi talas secara spesifik. Umbi talas memiliki ukuran seperti lobak, bentuknya lonjong bulat dengan kulit coklat. Permukaannya ditandai cincin melingkar yang menunjukkan titik penempelan pada daun bersisik.


Daging umbi talas mempunyai warna putih kekuning-kuningan. Umbi talas biasanya memiliki berat antara 2 sampai 4 kilogram dengan tesktur daging renyah. Lalu apa saja manfaat umbi talas? Berikut kami rangkum.

1.Manfaat umbi talas sebagai sumber energi

Umbi talas dapat memberikan kalori lebih dari kentang. Dalam 100 gram umbi talas terdapat 112 kalori. Kalori tersebut berasal dari karbohidrat kompleks yang dikenal dengan nama amilosa dan amilo pektin. Tetapi umbi talas termasuk rendah lemak dan protein dibandingkan kacang-kacangan dan sereal. Tingkat protein pada umbi talas dapat sebanding dengan sumber makanan lain seperti singkong dan ubi sehingga bisa dijadikan makanan pokok atau sumber energi pengganti nasi.

2.Manfaat umbi talas untuk pencernaan

Umbi talas merupakan sumber serat terbaik pada makanan yakni sekitar 100 gram umbi talas terdapat 4,1 gram atau sekitar 11 persen kebutuhan serat harian. Bersama dengan serat, karbohidrat kompleks akan lambat untuk dicerna dan serat di dalamnya dapat membantu menaikkan gula darah secara bertahap. Umbi talas pun dapat memberikan sejumlah mineral penting seperti tembaga, magnesium, seng, mangan, dan besi.

3.Manfaat umbi talas untuk jantung

Tidak hanya itu, umbi talas juga mempunyai sejumlah potassium yang baik. Kalium adalah komponen penting dari sel serta cairan tubuh yang dapat membantu mengatur detak jantung.

4.Manfaat umbi talas untuk membantu tekanan darah

Tidak hanya baik untuk jantung, kalium di dalam umbi talas juga baik untuk membantu menurunkan dan menstabilkan tekanan darah. Oleh karena itu, umbi talas cocok dikonsumsi oleh orang yang memiliki tekanan darah tinggi.

5.Manfaat umbi talas untuk meningkatkan sistem imun tubuh

Kandungan vitamin C yang terdapat dalam umbi talas bermanfaat untuk menjaga sistem imun dalam tubuh. Dengan membuang radikal bebas, tubuh bisa terjaga dari penyakit-penyakit yang berbahaya.

6.Manfaat umbi talas untuk mengatasi kelelahan

Umbi talas mempunyai kandungan indeks glikemik yang sudah dikurangi. Kandungan zat tersebut sangat baik dipakai untuk atlet dalam mengatasi kelelahan. Umbi talas juga cocok dikonsumsi oleh Anda yang ingin tubuh nya tidak cepat lelah.

Namun hati-hati dalam mengonsumsi umbi talas. Jangan berlebihan karena talas bisa menyebabkan timbulnya gejala batu ginjal dan asam urat. Terutama jika talas direbus sebentar. Hal tersebut dapat diantisipasi dengan merendam talas semalaman sebelum dimasak untuk mengurangi jumlah oksalat.

Itulah manfaat umbi talas untuk kesehatan, Bagi anda yang memiliki pertanyaan seputar masalah kesehatan anda bisa bertanya kami team tanya herbal, Silahkan mendaftar dan buat pertanyaan, anda bertanya kami menjawab.

By Rifaldi Abdul Ridwan - Makanan Rabu, 26 Oktober 2016 10:02:07

Manfaat Umbi Talas
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Talas bukan hanya bisa dimanfaatkan sebagai tanaman hias, talas juga ternyata dapat dimanfaatkan umbi nya, berikut Manfaat Umbi Talas untuk kesehatan
Makanan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Manfaat Biji Rami

    2 Balasan

    Makanan

    Bung! Ane punya banyak biji rami di rumah, kire-kire.. Selaen buat pakan burung, ntu bisa dimanfaatin ape aje ye..?

  • Solusi Rambut botak

    1 Balasan

    Makanan

    Hei tanya herbal! Permisi, saya Iip usia 35th. Tolong carikan solusi rambut botak buat saya dong.. Apa ada sayur yang harus saya makan? Apa sayur nya..? Mohon jawab langsung!

  • Makanan Yang Baik Untuk Penderita Anemia

    1 Balasan

    Makanan

    Selamat Siang "Tanya Herbal" Makanan yang baik untuk penderita anemia itu apa aja ya.. ? Serba salah, takutnya ada apa".. mohon jawabannya.

  • Apa Bahaya Dari Kelebihan Konsumsi Daging Kurban?

    1 Balasan

    Makanan

    Di hari raya idul adha ini banyak sekali daging kurban seperti daging sapi dan kambing. Yang ingin saya tanyakan, apa bahaya dari kelebihan konsumsi daging kurban? Mohon penjelasannya.

  • Masak Sayur Asem Setiap Hari

    1 Balasan

    Makanan

    Selamat pagi dok. Saya Ibu seorang ibu rumah tangga, setiap hari saya selalu menyertakan sayur asem dalam menu hidangan saya karena suami dan anak saya sangat senang sekali dengan sayur…


Makanan
Manfaat Daun Alur Beserta Resep Masakan Dari Daun Alur

dihalaman artikel ini akan kita…

Makanan
Jamur Enoki Diduga Mengandung Zat Antikanker Payudara

Jamur Enoki Diduga Mengandung Zat…

Makanan
7 Manfaat Asparagus Untuk Kesehatan

Kali ini kami akan memberikan…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top