Tanya Herbal

Efek Samping Kondom Pada Pria dan Wanita

Kondom merupakan alat kontrasepsi praktis yang bertujuan untuk mencegah kehamilan serta mengurangi resiko terkena infeksi menular seksual (IMS). Mungkin banyak orang yang mengetahui kondom ini hanya diperuntukan untuk pria saja, ternyata kondom juga tersedia untuk wanita. Meskipun kondom ini memiliki manfaat yang baik ternyata efek samping kondom pria dan wanita juga sering kali muncul jika penggunaannya tidak tepat.


Pada dasarnya kondom ini berguna untuk mencegah kehamilan dengan dengan menghentikan sel sperma memasuki vagina untuk sampai ke sel telur, begitu juga kondom wanita untuk menampung air mani pria pada saat ejakulasi. Bahan yang digunakan kondom ini terbuat dari lateks alami, plastik dan juga membran binatang. Namun kondom berbahan lateks ini lebih banyak dipilih karena dianggap lebih aman dari pencegahan penyakit menular seksual. Mudahnya untuk mendapatkan kondom yang dijual diberbagai toko dan apotek serta harganya yang ekonomis membuat banyak orang memilih kondom sebagai alat kontrasepsi yang aman, praktis dan nyaman untuk digunakan.

Namun, tahukah Anda mengenai efek samping kondom ? Nah, pada halaman ini Kami akan mengulas mengenai Efek Samping Kondom Pria dan Wanita. Silahkan simak informasinya dibawah ini :

Efek Samping Penggunaan Kondom

Banyak kasus yang mengalami berbagai masalah kesehatan setalah penggunaan kondom, terutama bagi yang memiliki alergi lateks (bahan kondom). Dimana akan memunculkan reaksi rasa gatal baik pria maupun wanita pada sehabis berhubungan intim. Munculnya reaksi gatal ini merupakan salah satu tanda terjadinya alergi akibat dari efek samping kondom tersebut.

Masalah kesehatan dan gangguan lainnya yang sering muncul akibat efek samping penggunaan kondom pria dan wanita, yaitu :

  • Mempengaruhi Kenikmatan Berhubungan Intim

Tidak jarang penggunaan kondom ini mempengaruhi kenikmatan berhubungan intim, karena bahannya yang elastis, dan kurangnya memberi rangsangan menjadi alasan ketidaknyamanan dari penggunaan kondom tersebut.

  • Resiko Kanker Rahim

Hasil penelitian yang dilakukan di Stuttgart, Jerman oleh Chemical anda Vaterinary Investigation Institute menemukan bahaya kondom, karena mengandung zat N-Nistrosamin yang dapat menyebabkan resiko kanker rahim.

  • Membuat Wanita Depresi

Meskipun kondom ini dapat mencegah penularan penyakit seksual namun tidak sedikit kasus penggunaan kondom ini malah membuat wanita depresi dan kehilangan gairah seksualnya.

Itulah beberapa efek samping kondom pria dan wanita yang sering muncul baik dalam kondisi pemakaian maupun masalah kesehatan. Meskipun terbilang mudah dan praktis dalam penggunaan kondom ini, alangkah baiknya baca aturan pakai yang sudah tertera pada masing-masing kemasan.

Perhatikan juga cara penyimpanan dan tanggal kedaluarsanya agar kualitasnya tetap terjaga dan tidak memberikan dampak buruk pada saat digunakan. Apabila Anda mengalami efek samping dari penggunaan kondom ini, alangkah baiknya konsultasi kesehatan Anda untuk memastikan masalah yang terjadi.

By Nandang Rohimat - Seksualitas Selasa, 26 Juli 2016 09:43:25

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Bahaya Terlalu Sering Berhubungan Seks Suami Istri

    1 Balasan

    Seksualitas

    Saya berumur 23 th istri saya 24 th, kami terbiasa berhubungan suami-istri (jima’) setiap hari. Apakah dari segi kesehatan, kebiasaan kami ini berlebihan dan berbahaya bagi kesehatan? Sebenarnya untuk manfaat…

  • Apakah Kondom Mempengaruhi Terhadap Kesuburan ?

    1 Balasan

    Seksualitas

    Siang admin, Saya ini menanyakan apakah penggunaan kondom dapat mempengaruhi tingkat kesuburun ? soalnya saya baru menikah sekitar setahun lalu dan selalu menggunakan kondom ketika berhubungan intim. Ditunggu jawabannya ...


Seksualitas
Efek Samping Melakukan Hubungan Intim Setiap Hari

Efek Samping Hubungan Intim Setiap…

Seksualitas
Seksualitas
Cara Membesarkan Penis Secara Efektif Tanpa Obat

Merupakan suatu kebanggan bagi sebagian…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top