Tanya Herbal

Manfaat Jamur Langzhi

Manfaat jamur lingzhi sudah terkenal sejak jaman dahulu terutama dalam pengobatan tradisional china. Reishi atau yang akrab disebut jamur lingzhi dikenal sebagai jamur yang berstruktur keras, sulit dimasak, dan terasa pahit. Jamur tersebut dibagi ke dalam dua bagian yakni bagian miselium dan bagian buah yang terletak di atas tanah. Bagian miselium yang menyerupai benang dan tertanam di tempat tumbuhnya seringkali dipakai sebagai obat herbal.


Jamur lingzhi adalah spesies jamur yang telah dipakai sejak lama sebagai ramuan maupun obat herbal di banyak negara di Asia Timur. Penggunaan jamur tersebut dilakukan untuk tujuan kesehatan dan telah dikenal sejak 2000 tahun lalu. Tidak heran jamur yang satu ini tercatat sebagai jamur herbal paling tua di dunia.

Lewat sebuah penelitian, di dalam jamur lingzhi ditemukan berbagai komponen permanen seperti 28 persen karbohidrat, 59 persen serat, protein 8 persen, dan lemak 3 persen. Kandungan lainnya yang terdalam dalam jamur ini adalah peptidoglikan, polisakarida, serta triterpenoid. Jumlah polisakarida yang terkandung di dalam jamur ini adalah 1,2 sampai 5,8 persen. Sementara triterpen yang terkandung adalah sebesar 7,8 persen.

Dengan kandungan-kandungan di dalamnya, berikut kami rangkum manfaat jamur lingzhi.

1. Manfaat jamur lingzhi sebagai antikanker. Jamur yang bernama latin Ganoderma lucidum ini terbukti lewat penelitian dapat menyusutkan kanker paru-paru. Jamur ini dapat memperbaiki kualitas hidup penderitanya dengan cara meningkatkan fungsi imunitas tubuh. Berbagai uji klinis sudah dilakukan untuk membuktikan manfaat kesehatan dalam jamur ini. Potensi lain yang dapat dipakai dari jamur ini diantaranya adalah sebagai obat penyakit yang menyerang ginjal, organ hati, obat antivirus, obat diabetes, dan obat sindrom kelelahan kronis. Namun perlu penelitian lebih lanjut untuk membuktikan hal tersebut secara ilmiah.

2. Manfaat jamur lingzhi untuk menurunkan kadar lemak. Jamur ini kaya akan triterpenoid, senyawa pemicu rasa pahit. Zat tersebut yang diprediksi mempunyai banyak manfaat kesehatan seperti menurunkan lemak dan mempunyai efek antioksidan. Triterpenoid adalah subkelas dari terpen yang juga memiliki manfaat sebagai antitumorigenic, anti-inflamasi, dan bersifat menurunkan lemak atau hypolipidemic. Polisakarida di dalamnya pun mempunyai sifat anti ulcer, hipoglikemtik atau bersifat menurunkan gula darah, dan pemicu imunitas tubuh.

3. Manfaat jamur lingzhi sebagai solusi tekanan darah tinggi. Jamur lingzhi dapat diresepkan sebagai suplemen dalam membantu mengatasi hipertensi.

Ada hal yang perlu diwaspadai untuk siapapun yang berniat mengonsumsi jamur lingzhi. Mereka yang sedang dalam pengobatan antikoagulan, obat penstabil tekanan darah, maupun antiplatelets sebaiknya menghindari konsumsi jamur ini karena dapat membuat darah menjadi encer.

By Ari Hermansyah - Kesehatan Selasa, 25 Oktober 2016 10:34:05

Manfaat Jamur Langzhi
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Manfaat jamur lingzhi sebagai ramuan maupun obat herbal. Penggunaan jamur tersebut dilakukan untuk tujuan kesehatan dan telah dikenal sejak 2000 tahun lalu.
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    4 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Tips Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa Ke Dokter

Tips cara menghilangkan karang gigi…

Kesehatan
Epididimitis, Radang Pada Epididimis

Nyeri pada testi? hati hati…

Kesehatan
Hirsutisme, Pertumbuhan Rambut Kurang Wajar Pada Wanita

Hirsutisme, Pertumbuhan Rambut Kurang Wajar…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top