Tanya Herbal

Manfaat Daun Ketumbar

Ketumbar merupakan sebuah bumbu dapur yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Ketumbar banyak terdapat di wilayah Asia. Seperti halnya berbagai jenis rempah lain di Indonesia, ketumbar juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Dalam ulasan kali ini, kami akan mengulas tentang manfaat daun ketumbar. Namun sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat ketumbar, kami akan menjelaskan lebih jauh mengenai ketumbar. Rempah dari keluarga apiaceaeini tumbuh dari genus Coriandrum. Tanaman ini memerlukan tanah yang subur dengan iklim musim panas hangat untuk bisa tumbuh dan berkembang.


Manfaat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan

Daun ketumbar adalah salah satu herbal penting yang bisa dipakai untuk meningkatkan kesehatan tubuh baik secara langsung ataupun secara tidak langsung. Berikut kami jelaskan  daun ketumbar untuk kesehatan tubuh manusia.

1. Manfaat ketumbar sebagai antibiotik. Di dalam ketumbar terdapat senyawa bernama dodecenal. Senyawa ini dua kali lebih efektif untuk membunuh bakteri makanan bernama salmonella.

2. Manfaat ketumbar sebagai anti kanker. Ketumbar adalah herbal yang memiliki peran sebagai anti kanker. Sifat antioksidan dalam daun ketumbar termasuk kandungan vitamin C, zat beta karoten, vitamin E, asam caffeic, ferulic, kaempferold, danquercetin yang efektif dalam membunuh zat penyebab kanker. Zat tersebut ampuh untuk menurunkan risiko stress oksidatif pada sel-sel yang memiliki sifat karsinogenik.

3. Manfaat ketumbar untuk mengobati peradangan kulit. Adalah cineole, salah satu dari komponen minyak esensial yang terkandung di dalam daun ketumbar memiliki sifat antiartritik dan antirematik. Daun ketumbar juga memiliki efek untuk mengurangi peradangan kulit yang membuat fungsi kulit menurun.

4. Manfaat ketumbar sebagai antimikroba. Daun ketumbar mengandung minyak astiri yang mempunyai sifat antimikroba. Anda bisa membuatnya menjadi ramuan yang berfungsi untuk membunuh bakteri dan jamur dalam tubuh.

5. Manfaat ketumbar untuk menjaga kesehatan kulit. Daun ketumbar memiliki kandungan yang baik disinfektan, antiseptik, detoksifikasi, antioksidan, dan antijamur sehingga ideal untuk membersihkan gangguan kulit seperti infeksi jamur, kekeringan, sertaeksim.

6. Manfaat ketumbar untuk mengurangi tekanan darah tinggi. Mengonsumsi daun ketumbar secara rutin terbukti mampu mengurangi tekanan darah pada banyak pasien yang memiliki tekanan darah tinggi. Interaksi antara ion kalsium dan kolinergik bisa mengurangi kemungkinan penyakit stroke, kardiovaskular, dan penyakit jantung.

7.Manfaat ketumbar untuk mengatasi diare. Berbagai komponen minyak esensial dalam daun ketumbar seperti linalool dan borneol bisa membantu memperlancar sistem pencernaan, mengatasi diare, dan meningkatkan fungsi hati serta lambung. Tidak hanya itu, kedua zat tersebut juga mampu menyembuhkan diare yang disebabkan jamur dan mikroba karena memiliki efek antibakteri.

By Nandang Rohimat - Makanan Selasa, 25 Oktober 2016 09:59:35

Manfaat Daun Ketumbar
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Ketumbar banyak terdapat di wilayah Asia. Seperti halnya berbagai jenis rempah lain di Indonesia, ketumbar juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan
Makanan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Manfaat Biji Rami

    2 Balasan

    Makanan

    Bung! Ane punya banyak biji rami di rumah, kire-kire.. Selaen buat pakan burung, ntu bisa dimanfaatin ape aje ye..?

  • Solusi Rambut botak

    1 Balasan

    Makanan

    Hei tanya herbal! Permisi, saya Iip usia 35th. Tolong carikan solusi rambut botak buat saya dong.. Apa ada sayur yang harus saya makan? Apa sayur nya..? Mohon jawab langsung!

  • Makanan Yang Baik Untuk Penderita Anemia

    1 Balasan

    Makanan

    Selamat Siang "Tanya Herbal" Makanan yang baik untuk penderita anemia itu apa aja ya.. ? Serba salah, takutnya ada apa".. mohon jawabannya.

  • Apa Bahaya Dari Kelebihan Konsumsi Daging Kurban?

    1 Balasan

    Makanan

    Di hari raya idul adha ini banyak sekali daging kurban seperti daging sapi dan kambing. Yang ingin saya tanyakan, apa bahaya dari kelebihan konsumsi daging kurban? Mohon penjelasannya.

  • Masak Sayur Asem Setiap Hari

    2 Balasan

    Makanan

    Selamat pagi dok. Saya Ibu seorang ibu rumah tangga, setiap hari saya selalu menyertakan sayur asem dalam menu hidangan saya karena suami dan anak saya sangat senang sekali dengan sayur…


Makanan
Manfaat Toge Untuk Kesuburan Reproduksi

Info yang wajib di simak…

Makanan
Manfaat Keji Beling dan Cara Pengolahannya

Manfaat Keji Beling dan Cara…

Makanan
6 Manfaat Mentimun Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Timun Untuk Otak. Manfaat…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top