Tanya Herbal

Proses Diagnosis dan Pengobatan Infeksi HPV

HPV merupakan sekumpulan virus yang dapat menginfeksi manusia terutama pada sel epitel kulit dan membran mukosa seperti daerah kelamin serta bisa menyebabkan keganasan. Virus tersebut mempunyai banyak tipe. Untuk proses diagnosis dan pengobatan infeksi HPV, yang paling utama dilakukan adalah pemeriksaan kutil. Sementara untuk bagian genital, dokter menganjurkan tes pap smear dan tes larutan asam asetat.

Proses Diagnosis dan Pengobatan Infeksi HPV



Kulit pada bagian genital yang telah terinfeksi HPV akan berubah warna menjadi putih setelah diolesi larutan asam asetat.  Sementara pada tes pap smear, dokter mengambil sampel sel-sel dari serviks dan vagina dan dilakukan pemeriksaan di laboratorium. Tes pap smear juga bisa dipakai untuk mendeteksi sel serviks yang abnormal dan berpotensi berubah menjadi kanker.

Jika Anda didiagnosis positif terinfeksi HPV, maka ada dua metode medis yang bisa dipilih yakni prosedur operasi atau penanganan menggunakan obat-obatan. Penanganan menggunakan obat biasanya dengan menggunakan obat oles. Untuk menghilangkan kutil, maka diperlukan waktu yang cukup lama.

Berbagai macam contoh obat oles untuk menghilangkan kutil diantaranya adalah asam trikloro asetat yang dapat membakar protein dalam sel-sel kutil, asam salisilat untuk mengikis lapisan kutil dengan bertahap, imiquimod yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh terhadap virus HPV, dan podophyllotoxin yang cara kerjanya dengan menghancurkan jaringan kutil kelamin.

Tidak hanya oba toles, kutil juga bisa diatasi dengan langkah operasi seperti operasi pengangkatan , cryutherpay, bedah laser, dan bedah elektro. Jika tidak diobati, maka infeksi HPV bisa menyebabkan luka pada mulut serta saluran pernafasan atas muncul. Terdapat beberapa jenis HPV yang bahkan bisa memicu perubahan abnormal pada sel-sel serviks. Jika tidak segera ditangani, maka bisa berkembang menjadi kanker serviks. Selain itu, infeksi HPV juga bisa menyebabkan komplikasi lain seperti kanker pada anus dan kanker pada penis.

Kutil bisa hilang tanpa penanganan yang khusus. Namun bukan berarti virus HPV ikut lenyap. Virus tersebut bisa bersembunyi dalam tubuh dan bisa menularkannya kepada orang lain.

Setelah melakukan proses diagnosis dan pengobatan infeksi HPV ada cara untuk mencegah Infeksi HPV, Yaitu dengan vaksinasi. Vaksinasi merupakan langkah pencegahan infeksi HPV yang bisa dilakukan. Vaksin yang bernama Gardasil merupakan salah satu vaksin yang efektif dalam mencegah kutil kelamin dan kanker serviks.

Vaksin HPV biasanya dianjurkan untuk remaja perempuan. Vaksin tersebut dibagi menjadi tiga dosis. Jarak dosis pertama dan kedua adalah sekitar dua bulan, sementara jarak antara dosis pertama dan ketiga selama enam bulan.

Disamping dengan vaksinasi, terdapat beberapa metode pencegahan diantaranya adalah tidak menyentuh kutil dengan langsung, tidak berganti pasangan dalam berhubungan seksual, segera mencuci tangan menggunakan sabun setelah menyentuh kutil dengan tidak sengaja, menggunakan kondom setelah berhubungan seks, dan menjaga kebersihan seperti menggunakan alas kaki di tempat lembap.

By Rifaldi Abdul Ridwan - Kesehatan Jum'at, 21 Oktober 2016 14:07:27

Proses Diagnosis dan Pengobatan Infeksi HPV
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Penting jika anda mengetahui dan menyimak Proses Diagnosis dan Pengobatan Infeksi HPV jika anda memiliki benjolan kecil di kelamin
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    6 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Penyebab Orang Mengalami Buta Warna

Penyebab Orang Mengalami Buta Warna…

Kesehatan
5 Manfaat Teripang Laut Untuk Kesehatan

Teripang laut bisa dijadikan bahan…

Kesehatan
Manfaat Sirih Hijau

Manfaat sirih hijau untuk mengobati…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top