Tanya Herbal

Penyebab Cedera Saraf Tulang Belakang

Spinal cord injury atau yang disebut dengan cedera saraf tulang belakang merupakan kerusakan atau luka yang terjadi pada saraf tulang belakang maupun saraf yang letaknya di ujung saluran tulang belakang. Anda harus mengetahui penyebab cedera saraf tulang belakang karena kondisi tersebut bisa berdampak permanen pada sensasi, kekuatan, maupun fungsi organ tubuh lain yang ada di bawah area yang cedera. Hal ini bisa mengubah total kehidupan penderita dalam kesehariannya.

Fungsi utama saraf tulang belakang adalah untuk menjembatani berbagai sinyal pesan dari otak menuju ke organ tubuh lain. Ada dua kelompok sel saraf berdasarkan jenis pesan yang dikirim yakni kelompok saraf sensorik dan kelompok saraf motorik. Kelompok saraf sensorik merupakan sel-sel saraf yang membawa sinyal dari otak dan fungsinya mengendalikan posisi anggota gerak dan sensasi yang berhubungan dengan rasa dingin, sakit, panas, dan tekanan. Sedangkan kelompok saraf motorik merupakan sel-sel saraf yang membawa sinyal dari otak dan mengendalikan gerakan otot.


Penyebab cedera saraf tulang belakang diantaranya karena ada kerusakan pada tulang belakang, keeping tulang belakang, ligament, maupun saraf tulang belakang itu sendiri. Anda juga dituntun harus memahami gejala cedera saraf tulang belakang, karena bagian tersebut berfungsi untuk menjembatani pesan antara otak dan tubuh, cedera saraf tulang belakang bisa berdampak pada sebagian maupun seluruh sel saraf dan bagian tubuh lain yang berhubungan dengan daerah yang rusak.

Misal cedera pada bagian punggung bawah bisa memberikan pengaruh terhadap sel saraf dan fungsi organ seperti batang tubuh, tungkai, dan organ-organ di dalamnya seperti organ seksual dan kandung kemih. Kerusakan pada saraf tulang belakang bisa dipicu oleh penyebab traumatis maupun nontraumatis yang dialami tulang belakang.

Penyebab Cedera Saraf Tulang Belakang

Contoh penyebabnya antara lain:
1. Kecelakaan kendaraan bermotor. Biasanya alasan yang satu ini menjadi penyebab paling umum dari kasus cedera saraf tulang belakang.
2. Faktor usia. Cedera saraf tulang belakang rawan terjadi pada orang yang berusia di atas 65 tahun. Biasanya risiko cedera saraf tulang belakang disebabkan karena jatuh.
3. Kegiatan atletis. Hati-hati saat berkuda, main ski, menyelam di perairan dangkal, bermain papan luncur, dan lain-lain karena berisiko menyebabkan cedera saraf tulang belakang.
4. Tindak kekerasan. Cedera bisa bermula dari luka tusuk maupun luka tembak yang melukai atau memotong saraf tulang belakang.
5. Penyakit. Kondisi tersebut bisa dipicu cedera nontraumatis seperti peradangan, penyakit kanker, osteoporosis, arthritis, infeksi, kelainan tulang maupun sendi, serta penurunan jumlah diskus tulang belakang.
6. Alkohol. Mengonsumsi alkohol dengan berlebihan adalah salah satu penyebab cedera saraf tulang belakang yang paling umum.

Itulah beberapa penyebab cedera saraf tulang belakang diantaranya, segera atasi masalah cedera saraf tulang belakang dengan berobat kedokter atau menggunakan obat herbal sebagai cara tradisional yang bisa Anda lakukan sendiri dirumah.

By Rahman Amaruloh - Kesehatan Jum'at, 21 Oktober 2016 10:19:14

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Bronkiolitis Infeksi Saluran Pernafasan Pada Bayi

Berikut ini informasi yang akan…

Kesehatan
Anemia Defisiensi Besi Banyak Terjadi di Indonesia

Anemia defisiensi besi banyak terjadi…

Kesehatan
Difteri, Infeksi Yang Menyerang Lendir Pada Hidung dan Tenggorokan

Informasi lengkap mengenai Difteri, Infeksi…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top