Tanya Herbal

Cara Mengatasi Gejala Hipoglikemia

Cara Mengatasi Gejala Hipoglikemia -, Hipoglikemia merupakan gangguan kesehatan yang terjadi saat kadar gula dalam darah ada di bawah kadar normal.  Zat gula bisa didapatkan dari berbagai makanan yang dicerna dan diserap. Molekul gula tersebut masuk ke aliran darah lalu disalurkan ke seluruh sel yang ada dalam jaringan tubuh.



Alat pengukur kadar gula darah sudah tersedia di apotek dan bisa digunakan oleh penderita hipoglikemia di rumah. Orang yang menderita kondisi hipoglikemia biasanya mereka yang menderita diabetes. Umumnya gejala hipoglikemia mulai dirasakan seseorang saat darah mereka di level 3 sampai 4 milimol per liter.

Saat gejala hipoglikemia  muncul, sebaiknya segera mengonsumsi makanan yang mengandung gula tinggi seperti jus buah, minuman ringan, atau permen. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengonsumsi makanan yang kandungan karbohidratnya dapat diubah dengan cepat menjadi gula oleh tubuh seperti biscuit, roti lapis, dan sereal.

Setelah 15 menit mengonsumsi makanan tersebut, cobalah periksa lagi kadar gula darah Anda.  Jika masih di level 3 atau 4 mmol/L, maka sebaiknya konsumsi kembali makanan pendongkrak kadar gula. Lakukan terus sampai kadar gula darah Anda di level 4 mmol/L ke atas. Setelah kadar gula menjadi normal kembali, jaga agar tetap stabil dengan mengonsumsi camilan dan makanan sehat.

Jika gejala terbilang parah dan penanganan awal dengan mengonsumsi makanan manis tidak efektif sehingga membuat kondisi memburuk, atau cara mengatasi gejala hipoglikemia dengan yang lainya juga tetap sama, Maka sebaiknya segera ke rumah sakit. Di sana dokter akan memberikan suntikan berupa glucagon maupun cairan infus yang mengandung glukosa sehingga kadar gula darah darah kembali normal dengan cepat.

Tidak hanya tes darah, dokter pun bisa memeriksa fungsi ginjal, hati, kelenjar adrenal, maupun pankreas untuk mengetahui apakah hipoglikemia yang terjadi diakibatkan gangguan pada organ tersebut atau tidak. Jika benar, maka hipoglikemia bisa sembuh usai kondisi yang mendasarinya diobati. Penanganan mendasar dapat dilakukan menggunakan obat - obatan atau operasi seperti mengangkat tumor pada pankreas.

Terdapat berbagai macam tips untuk mencegah gejala hipoglikemia muncul dan tidak memburuk. Diantaranya adalah dengan makan sesuai aktivitas yang dilakukan, membatasi atau bahkan menghindari konsumsi minuman keras, memantau kadar gula secara berkala, mengenali gejala-gejala hipoglikemia yang muncul, dan menyiapkan makanan maupun obat-obatan pereda gejala hipoglikemia dimanapun Anda berada.

Pengetahuan pasien mengenai hipoglikemia itu sendiri sangat penting untuk bisa membantu menangani gejala-gejala hipoglikemia dengan cepat. Salah satu obat yang akan diajarkan dokter adalah penggunaan suntikan glukagon.

Itulah ulasan singkat yang dapat saya sampaikan tentang cara mengatasi gejala hipoglikemia di situs tanya herbal. Semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga, selain bermanfaat juga menambah pengetahuan anda tentang kesehatan.


By Yayat Ruhiyat - Pengobatan Rabu, 19 Oktober 2016 08:54:16

Cara Mengatasi Gejala Hipoglikemia
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Inilah cara mengatasi gejala hipoglikemia yang akan saya bahas kali ini secara lengkap dan dapat anda simak disini.
Pengobatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Pengobatan
Diagnosis dan Pengobatan Batu Ginjal

Berikut ini kami akan menginformasikan…

Pengobatan
Cara Mengatasi Rasa Sakit Ketika Mata Bintitan

Bintitan merupakan kondisi adanya bintil…

Pengobatan
Asam Ursodeoksikolat, Zat Untuk Mengobati Batu Empedu

Asam ursodeoksikolat zat untuk mengobati…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top