Tanya Herbal

Pemantauan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes

Diabetes merupakan sebuah penyakit jangka panjang dengan indikasi berupa kadar gula dalam darah sangat tinggi. Diabetes sulit disembuhkan, untuk itu pemantauan kadar gula darah pada penderita diabetes sangat diperlukan. Pengobatan yang dilakukan adalah untuk menjaga keseimbangan glukosa darah. Caranya adalah dengan melakukan pengobatan menggunakan insulin serta menerapkan pola makan sehat. Namun untuk memastikan kadar gula darah yang normal, Anda perlu rutin memeriksakan kadar gula darah.


Terdapat beberapa faktor yang dapat memberikan pengaruh terhadap kadar gula darah seperti frekuensi serta intensitas olahraga, stress, konsumsi minuman keras, mengonsumsi obat lain, pilek, batuk, dan perubahan jumlah hormon pada perempuan selama menstruasi.

Anda yang sudah didiagnosis mengalami diabetes bisa dengan rutin mengecek darah menggunakan alat tes glukosa darah. Anda bisa menggunakan sampel darah dari jari dengan menusuknya menggunakan jarum.

Takaran glukosa darah normal adalah antara 80 dan 100 mg/dL sebelum makan serta antara 80-144 mg/dL dua jam setelah makan. Miligram per desiliter atau mg/dL merupakan satuan untuk kadar gula darah yang dipakai secara general. Oleh karena itu, Anda baiknya berhati-hati serta memastikan satuannya dulu sebelum membeli alat tes glukosa darah.

Selain pemantauan kadar gula darah pada penderita diabetes yang dilakukan sendiri setiap hari, Anda juga bisa menjalani pemeriksaan kadar gula darah setiap 2 sampai 6 bulan sekali. Proses tersebut bisa menunjukkan keseimbangan kadar gula darah Anda dan tingkat efektivitas jenis pengobatan yang dijalani.

Kadar gula darah terlalu tinggi atau hiperglikemia bisa terjadi pada orang yang menderita diabetes. Hal tersebut disebabkan karena beberapa hal seperti porsi makan terlalu banyak, dosis insulin kurang, atau kondisi kesehatan yang sedang menurun. Penyesuaian dosis insulin atau pola makan diperlukan penderita diabetes yang mengalami kadar gula darah terlalu tinggi. Dokter juga bisa membantu Anda dalam menemukan penyesuaian paling baik.

Jika tidak diobati, maka hiperglikemia bisa menyebabkan komplikasi serius. Tubuh akan mengolah otot dan lemak sebagai sumber energi alternatif sehingga kadar asam dalam darah akan meningkat. Maka akan terjadi ketoasidosis diabetik yang berbahaya dan bisa menyebabkan penderita mengalami dehidrasi, kehilangan kesadaran, muntah-muntah, sampai kematian.

Oleh karena itu, penderita diabetes dengan hiperglikemia perlu ditangani di rumah sakit dengan segera. Penderita biasanya akan diberikan infus untuk menambah cairan dalam tubuh seperti potassium dan cairan saline.

Selain hiperglikemia, penderita diabetes juga bisa menderita hipoglikemia atau kadar gula darah yang terlalu rendah. Kondisi tersebut umumnya terjadi pada orang yang menderita diabetes tipe 1. Gejala hipoglikemia diantaranya adalah lapar, lemas, dan gemetaran. Kondisi tersebut dapat diatasi dengan mengonsumsi minuman atau makanan manis seperti gula dan kismis. Glukosa murni yang berbentuk cair atau tablet pun dapat dikonsumsi dalam mengatasi hipoglikemia dengan cepat.

By Ari Hermansyah - Kesehatan Selasa, 18 Oktober 2016 14:39:38

Pemantauan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Pemantauan kadar gula darah pada penderita diabetes serta pengobatan yang dilakukan untuk menjaga keseimbangan glukosa pada darah.
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    6 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Cara Mengobati dan Menghilangkan Nyeri Sendi dengan Bahan Alami

Cara Mengobati dan Menghilangkan Nyeri…

Kesehatan
Penyebab Orang Mengalami Buta Warna

Penyebab Orang Mengalami Buta Warna…

Kesehatan
Diagnosis Diare, Mulai Tes Darah Sampai Colok Dubur

Inilah informasi tentang Diagnosis Diare,…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top