Tanya Herbal

Manfaat Sawi Hijau untuk Kesehatan Tubuh

Sawi umumnya sering dijadikan lauk pauk dengan cara ditumis seperti bahan campuran dalam pembuatan capcay. Dibalik rasanya yang enak, sawi juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Terutama sawi hijau. Berikut ini kami akan rangkum beberapa Manfaat Sawi Hijau untuk Kesehatan Tubuh.



1. Manfaat Sawi Hijau untuk Menyehatkan Tulang

Orang yang terbukti memiliki risiko tinggi terkena patah tulang adalah mereka yang memiliki asupan rendah vitamin K. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat mengonsumsi sawi hijau yang dalam satu cangkirnya bisa memberikan 770 mikrogram vitamin K yakni lebih dari 100 persen dari kebutuhan vitamin K harian yang direkomendasikan oleh dokter ahli.

2. Manfaat Sawi Hijau untuk Mencegah Kanker

Sawi hijau mempunyai senyawa glucosinolates yang mana didalamnya mengandung sulfur. Beberapa penelitian membuktikan senyawa tersebut mempunyai kemampuan dalam menghambat proses kanker seperti kanker kolorektal, kanker paru-paru, kanker prostat, dan kanker payudara. Dalam penelitian terbaru, glucosinolates juga sangat efektif dalam mengatasi kanker pankreas, melanoma, dan kanker kerongkongan. Sawi hijau, termasuk sayuran hijau lain yang mengandung klorofil tinggi yang manfaatnya dapat memblokir efek karsinogenik yang dihasilkan ketika mengonsumsi makanan jenis panggang.

3. Manfaat Sawi Hijau untuk Diabetes

Dalam satu cangkir sawi hijau terdapat 8 gram serat. Sawi hijau terbukti mengandung antioksidan berupa alpha-lipoic acid yang terbukti bisa membuat kadar glukosa lebih rendah, mencegah oksidatif stress, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

4. Manfaat Sawi Hijau untuk Menyehatkan Pencernaan

Sayuran Sawi hijau pun mempunyai kandungan air dan serat yang sangat tinggi sehingga bisa membantu mencegah sembelit, mempertahankan saluran pencernaan yang sehat, serta mendukung keteraturan dalam buang air besar.

5. Manfaat Sawi Hijau untuk Menyehatkan Rambut dan Kulit

Sawi hijau yang mengandung vitamin A sangat bagus untuk menutrisi rambut dan kulit. Vitamin A di dalamnya juga bagus untuk pertumbuhan semua jaringan. Tidak hanya vitamin A, sawi hijau pun mengandung vitamin C yang diperlukan tubuh untuk memelihara kolagen dan memberikan struktur pada rambut dan kulit.

6. Manfaat Sawi Hijau untuk Membantu Tidur

Di dalam sawi hijau terdapat kolin yang bermanfaat untuk gerakan otot, membantu tidur, serta mendukung memori otak. Kolin pun bisa membantu dalam mempertahankan struktur membran sel, membantu menyerap lemak, membantu transmisi impuls saraf, dan mengurangi inflamasi. Di dalam kolin juga terdapat folat yang bisa membantu mencegah kelebihan homosistein dan mencegah depresi. Kelebihan homosistein dalam tubuh akan mengganggu produksi hormon dopamine, norepinephrine, dan serotonin yang mengatur suasana hati atau mood.

By Raka Dimas - Kesehatan Senin, 17 Oktober 2016 11:12:05

Manfaat Sawi Hijau untuk Kesehatan Tubuh
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Bagi Anda yang ingin tahu beberapa Manfaat Sawi Hijau untuk Kesehatan Tubuh, silahkan untuk baca di artikel ini dan cermati dengan baik.
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    6 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Manfaat Daun Salam

Manfaat Daun Salam selain sebagai…

Kesehatan
Gejala Demam Berdarah

Ini dia beberapa Gejala Demam…

Kesehatan
Dislokasi, Cedera Pada Sendi Ketika Tulang Bergeser

Berikut informasi tentang Dislokasi, Cedera…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top