Tanya Herbal

Sanmol Obat Penurun Demam dan Pereda Nyeri

Sanmol merupakan jenis obat kimia yang digunakan untuk menurunkan demam serta meredakan rasa nyeri. Sanmol ini aman dikonsumsi oleh semua usia, namun harus dengan dosis yang tepat / rekomendasi dari dokter. Biasanya sanmol ini digunakan untuk mengobati demam serta pereda rasa nyeri, baik itu sakit kepala, sakit gigi dan rasa nyeri lainnya. Dengan kandungan paracetamol di dalamnya, sanmol memiliki reaksi sebagai analgetik serta antipyretic.


Sanmol Obat Penurun Demam dan Pereda Nyeri diproduksi oleh Sanbe Farma yang merupakan salah satu pabrik obat kimia terbesar di Indonesia dengan kandungan utama paracetamol sebanyak 500 mg / tabletnya serta dikemas dan dipasarkan dengan 25 x 4 tablet 500 mg. Sanmol menjadi salah obat kimia terlaris dan paling sering dimasukan dalam daftar resep dokter umum maupun spesialis serta bahan utama produk obat-obatan yang banyak beredar luas di pasaran terutama untuk obat flu dan pilek.

Kandungan Sanmol Obat Penurun Demam dan Pereda Nyeri

Membahas tentang sanmol tentunya tidak afdol jika belum membahas kandungan paracetamol sebagai kandungan utama dari sanmol tersebut. Paracetamol atau sering juga disebut acetaminophen merupakan obat pereda rasa nyeri (analgetik) serta penurun demam (antipiretik) yang dapat dibeli di apotek-apotek tanpa harus dengan resep dokter. Paracetamol tidak termasuk kedalam jenis obat NSAID walaupun sebenarnya mempunyai efek antiinflamasi, namun dikarenakan efek antiinflamasinya kurang signifikan maka paracetamol tidak dimasukan dalam jenis obat NSAID tersebut.

Paracetamol bekerja dengan menghambat enzim cyclooxygenase (COX) yang berperan dalam pembentukan senyawa prostaglandin (penyebab nyeri). Dengan demikian, jumlah prostaglandin di sistem saraf jadi terhambat dan berkurang sehingga respon tubuh pada rasa nyeri pun akan semakin berkurang. Selain itu, paracetamol bekerja menurunkan demam dengan cara menurunkan hipotalamus set-point terhadap pusat kontrol tubuh pada otak.

Indikasi Sanmol

  • Sanmol Obat Penurun Demam dan Pereda Nyeri dapat dikonsumsi oleh semua usia. Akan tetapi lebih dianjurkan apabila suhu tubuh sudah sangat tinggi serta membutuhkan terapi penurun panas dan demam. WHO merekomendasikan penggunaan sanmol pada suhu 38.5 °C atau sama dengan 101.3 °F.
  • Digunakan juga untuk pereda rasa sakit, seperti sakit gigi, sakit kepala serta nyeri bagian tubuh lainnya. Akan tetapi dalam meredakan nyeri pasca operasi, sanmol harus dikombinasikan dengan obat jenis NSAID atau jenis obat analgetic opioid.
  • Untuk pengobatan lini pertama pada migrain (sakit kepala sebelah), paracetamol biasanya dikombinasikan dengan kafein.
  • Dapat menjadi rekomendasi pula untuk meredakan nyeri pada arthritis ringan yang efeknya dapat disebandingkan juga dengan aspirin, namun efek samping paracetamol jauh lebih ringan.
  • Obat jenis ini merupakan bahan utama yang paling banyak beredar di pasaran sebagai obat flu dan pilek.

Kontra Indikasi

  • Tidak boleh dikonsumsi oleh pasien dengan riwayat hipersensitif terhadap obat paracetamol.

Efek Samping Sanmol

Tidak seperti halnya Obat Herbal, Sanmol (paracetamol) meskipun tergolong obat kimia dengan kategori aman dikonsumsi oleh semua usia dengan efek samping ringan, akan tetapi jika cara konsumsi dan dosisnya melebihi aturan pakai maka akan cukup beresiko pula. Berikut efek samping Sanmol Obat Penurun Demam dan Pereda Nyeri yang mungkin bisa terjadi :

  1. Dapat merusak organ hati jika dikonsumsi dalam dosis yang tinggi dan melebihi anjuran. Potensi kerusakan hati akan semakin meningkat pada orang yang sering mengkonsumsi alkohol.
  2. Efek samping ringannya seperti mual, muntah dan masalah pencernaan lainnya. Konsumsi sanmol dalam dosis tinggi dapat menyebabkan pendarahan pada lambung.
  3. Efek samping sanmol terhdapat ginjal memang jarang terjadi, namun apabila dikonsumsi dalam jangka waktu lama, bisa meningkatkan resiko kerusakan terhadap organ ginjal atau bahkan gagal ginjal akut.
  4. Efek samping sanmol terhadap kulit sangat jarang sekali terjadi. Namun FDA memperingatkan akan kemungkinan terjadinya sindrom nekrolisis epidermal toksik dan sindrom stevens-johnson. Walaupun kasus ini jarang sekali terjadi, namun akan sangat fatal bila sudah terjadi.
  5. Untuk penderita asma terutama anak-anak, sebaiknya menghindari konsumsi obat ini dikarenakan dapat memperburuk kondisi asma yang sudah diderita sebelumnya.
  6. Segera berikan pertolongan medis apabila ada reaksi hipersensitivitas terhadap pemakaian sanmol. Walaupun kasus ?ini cukup jarang terjadi, namun akan sangat berbahaya jika pasien sudah mengalami syok anafilaksis.
  7. Beberapa ahli kesehatan memperingatkan resiko pemberian paracetamol pada ibu hamil serta anak-anak penderita asma serta peningkatan ADHD. Akan tetapi, paracetamol tetap menjadi pilihan utama pereda nyeri dan penurun demam selama masa kehamilan, walaupun harus selalu memperhatikan resikonya.

By Ari Hermansyah - Obat Kimia Selasa, 26 Juli 2016 08:52:49

Sanmol Obat Penurun Demam dan Pereda Nyeri
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Sanmol Obat Penurun Demam dan Pereda Nyeri yang aman dikonsumsi oleh semua usia dengan kandungan paracetamol sebagai bahan utamanya.
Obat Kimia - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Obat Yang Ampuh Untuk Alergi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Siang Dok.. Keponakan aku dari semalem tadi matanya bengkak juga sering gatal". Tapi aneh nya, gatal yang timbul itu kadang ada kadang engga, uda pake minyak / salep karena gigitan…

  • Obat Anemia Defisiensi Besi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Selamat siang dok. Adik saya divonis mengidap anemia defisiensi besi, obat yang tepat untuk mengobati anemia tersebut kira-kira apa ya dok ?

  • Wanita Hamil Minum Itraconazole

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Selamat pagi dok.. Saya bumil masuk usia kandungan 6 bulan, saya terserang infeksi jamur pada kulit. Yang mau saya tanyakan adalah, apakah saya bisa mengkonsumsi obat jamur Itraconazole ? Tolong…

  • apa efek samping dari obat Dimethicone?

    1 Balasan

    Obat Kimia

    saya mau perawatan kulit nih dok kata temen saya pake obat Dimethicone untuk menjaga kulit saya supaya tetap lembut dan cantik dok. Saya mau tanya apakah ada efek sampingnya dok…

  • Apakah Obat Clenbuterol Aman Untuk Ibu Hamil ?

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Siang Dok ... Mau Tanya nih kalau mengkonsumsi obat clenbuterol aman untuk ibu hamil gak? Kasih jawaban yang jelas ya dok Terimakasih .


Obat Kimia
Bromhexine Obat Mukolitik Untuk Mengencerkan Dahak

Bromhexine Obat Mukolitik Untuk Mengencerkan…

Obat Kimia
Paramex Obat Sakit Kepala Yang Ampuh

Berikut ini informasi terupdate pagi…

Obat Kimia
Cefadroxil Obat Untuk Mengatasi Bakteri

Cefadroxil berguna untuk mengobati infeksi…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top