Tanya Herbal

Kalazion, Benjolan Pada Kelopak Mata Bawah Atau Atas

Kalazion, benjolan pada kelopak mata bawah atau atas, namun biasanya terjadi pada kelopak mata atas. Kondisi tersebut terjadi karena kelenjar meibom yang ada di atas bulu mata tidak berfungsi. Kelenjar meibom merupakan penghasil komponen lipid yang membuat lapisan di luar mata selalu lembap dan basah sehingga bola mata terhindar dari kekeringan dan iritasi.


Kalazion, Benjolan Pada Kelopak Mata Bawah Atau Atas

Kalazion adalah kondisi kronis yang berkembang dari benjolan infeksi mata atau benjolan steril. Benjolan steril diakibatkan karena adanya penyumbatan jalan keluar komponen lipid sehingga kelenjar meibom membengkak, terkadang bisa sampai pecah. Sementara kelenjar meibom yang terinfeksi biasanya diakibatkan karena bakteri stafilokokus. Hal ini akan membuat benjolan menjadi abses atau berisi nanah dan terasa sangat nyeri.

Kalazion umumnya berkembang dengan perlahan dari ukuran 2 mm sampai 8 mm. Benjolan steril kalazion akan sakit saat disentuh. Namun rasa sakit tersebut berkurang dengan perlahan dalam beberapa hari. Jumlah benjolan yang tumbuh terkadang lebih dari satu sehingga kelopak mata dapat terlihat bengkak tidak merata.

Jika dilihat dengan teliti, pada permukaan bagian dalam kelopak mata terdapat kelenjar-kelenjar yang sangat kecil, fungsinya untuk memproduksi cairan yang berguna melembapkan mata. Jika Anda konsultasi kesehatan dengan para ahli, mungkin akan dijelaskan bahwaelenjar-kelenjar tersebut bernama kelenjar meibom. Jika kelenjar meibom tersumbat, maka cairan menumpuk dan membentuk benjolan berisi cairan. Hal tersebut yang menyebabkan kalazion muncul.

Kondisi tersebut dapat dialami semua orang. Namun kalazion biasanya lebih sering dialami orang yang pernah bintitan atau hordeolum, eksim, dan blepharitis atau inflamasi pada kelopak mata. Diagnosis kalazion biasanya dilakukan dengan melihat kondisi kelopak mata pengidap. Penanganan yang dianjurkan dokter akan tergantung pada hasil diagnosis.

Sebagian besar kondisi ini tidak memerlukan penanganan medis khusus. Sekitar 25 sampai dengan 50 persen pengidap kalazion dapat sembuh sendiri dalam dua minggu sampai enam bulan. Anda juga dapat melakukan perawatan di rumah dalam membantu mempercepat proses penyembuhannya.

Misalnya dengan mengompresnya menggunakan air hangat, memijat dengan lembut setelah dikompres, dan membersihkan kelopak mata. Penggunaan antibiotik umumnya tidak begitu dianjurkan karena benjolan yang disebabkan kalazion bersifat steril sehingga antibiotik tidak akan efektif dalam menangani penyakit ini.

Kalazion terbilang jarang menyebabkan komplikasi. Namun meski demikian, Anda sebaiknya waspada jika mengalami kalazion karena dalam beberapa kasus, kalazion berpotensi menyebar keseluruh kelopak mata dan jaringan di sekitarnya. Kelopak mata akan mengalami iritasi, membengkak, dan memerah.

By Rahman Amaruloh - Kesehatan Jum'at, 14 Oktober 2016 15:44:04

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Cara Melindungi Anak Dari Infeksi Virus Herpes

Waspadai saat Anda melihat ada…

Kesehatan
Penyebab Cacar Air

Kali ini kita berkesempatan untuk…

Kesehatan
Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top