Tanya Herbal

Penyakit Kulit Yang Disebabkan Jamur

Penyakit Kulit Yang Disebabkan Jamur -, Terdapat berbagai macam penyakit yang disebabkan jamur. Salah satunya adalah kusta. Gejala kusta bermacam - macam mulai dari adanya perubahan warna pada kulit, terbentuk bulatan - bulatan pada kulit, kulit terasa kebas sehingga penderita tidak dapat merasakan apapun saat luka, perubahan bentuk wajah, jari jemari hilang, sampai lemahnya otot yang berpotensi menyebabkan kelumpuhan. 


Kusta adalah kondisi dimana perkembangan gejalanya sangat lambat sehingga susah untuk diketahui sejak awal bakteri menginfeksi kulit. Pada beberapa kasus, bakteri penyakit tersebut dapat berinkubasi selama 20 tahun bahkan lebih. 

Selain kusta, ada lagi  penyakit kulit yang disebabkan jamur yaitu kurap. Gejala kurap biasanya berupa munculnya ruam kemerahan pada kulit berbentuk lingkaran dengan garis luar tidak begitu beraturan. Selain timbul tekstur bersisik serta terasa gatal, ruam kurap dapat menyebar serta menginfeksi area kulit manapun seperti selangkangan, tubuh bagian atas seperti kulit kepala, bahkan kuku. Untuk kondisi kurap yang parah, ruamnya bisa membentuk benjolan serta melepuh. 

Selain itu, ada pula kandidiasis yang gejala umumnya berupa bintik - bintik putih dalam mulut maupun di atas permukaan lidah, nyeri tenggorokan, dan sulit menelan. Tidak hanya menginfeksi mulut, kandidiasis pun dapat menginfeksi kulit kelamin.

Pada perempuan, gejala yang dialami berupa kulit vagina berubah warna menjadi kemerahan, sakit, dan terasa gatal, disertai dengan keputihan dengan tekstur kurang normal. Sementara pada laki-laki, gejala kandidiasis berupa ruam merah yang panas dan gatal pada penis terutama bagian ujungnya. 

Kandidiasis pun dapat menginfeksi bayi terutama pada kulit bokong atau disebut juga dengan ruam popok. Ciri-cirinya adalah muncul bercak merah pada bagian lipatan paha ataupun bokong. Pada sebagian kasus kandidiasis, ruam bisa pula berkembang menjadi bintik kuning berisi cairan.

Selain itu, ada lagi penyakit kulit bernama tine pedis yang umumnya terjadi di bagian telapak kaki maupun di sela - sela jari kaki. Orang yang terkena tinea pedis biasanya mempunyai permukaan kulit yang tampak bersisik, kering, terkelupas, atau pecah - pecah. Penyakit tersebut juga dapat membuat kaki terasa sakit dan gatal. 

Yang terakhir adalah jamur kuku. Gejala jamur terjadi dengan bertahap. Awalnya, penderita mengalami perubahan warna alami kuku misal menjadi kuning, putih, hijau, atau hitam. Selanjutnya terjadi penebalan serta perubahan bentuk kuku. Dalam tahap tersebut, umumnya penderita mulai merasa nyeri atau tidak nyaman terutama jika jari kaki ditekan. Jika kondisi ini tidak segera diatasi, maka jamur kuku bisa menghancurkan kuku.

Itulah beberapa Penyakit Kulit Yang Disebabkan Jamur yang dapat menyerang siapa saja baik anak ataupun dewasa yang dapat saya jelaskan kali ini, semoga bermanfaat untuk anda, dan bagi anda yang ingin menanyakan informasi tentang kesehata khususnya berkaitan dengan artikel tersebut. bisa langsung saja anda tanyakan di tanya herbal.


By Yayat Ruhiyat - Kesehatan Rabu, 12 Oktober 2016 15:53:07

Penyakit Kulit Yang Disebabkan Jamur
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Tahukan anda bahwa ada beberapa Penyakit Kulit Yang Disebabkan Jamur ? Nah berikut ulasannya bisa anda simak disini.
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    4 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Ingin Berhenti Merokok ? Lakukan Delapan Cara Ampuh Ini

Ingin Berhenti Merokok ? Lakukan…

Kesehatan
Manfaat Daun Meniran

Simak artikel hari ini dari…

Kesehatan
Chlamydia Berisiko Menimbulkan Komplikasi Berbahaya

Simaklah informasi berikurt ini tentang…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top