Tanya Herbal

Gejala-gejala Hipertiroidisme

Hipertiroidisme atau yang disebut juga dengan kelenjar tiroid terlalu aktif merupakan kondisi dimana hormon tiroksin yang dihasilkan kelenjar tiroid dalam tubuh terlalu banyak.Kondisi tersebut dapat menyebabkan adanya gangguan pada metabolisme tubuh. Tiroid merupakan kelenjar di bagian depan leher yang menjadi pengendali metabolisme serta fungsi tubuh, misalnya untuk mengubah makanan menjadi energi.

Hipertiroidisme bisa mempercepat banyak fungsi dan proses yang terjadi dalam tubuh. Waspadai jika Anda mengalami gejala-gejala hipertiroidisme seperti banyak berkeringat, penurunan berat badan dengan cepat, merasa gelisah, suasana hati yang cepat berubah, dan jantung berdebar kencang. Meski demikian, kondisi tersebut bisa tidak memunculkan gejala apapun terhadap tubuh. Hipertiroidisme cenderung terjadi pada perempuan. Kondisi tersebut dapat muncul di usia berapapun termasuk pada anak-anak. Namun kebanyakan hipertiroidisme muncul saat usia 20 sampai 40 tahun.

Percepatan metabolisme karena hipertiroidisme dapat menimbulkan beberapa macam gejala terhadap tubuh manusia.Setiap orang biasanya mengalami jangkauan, tingkat keparahan, serta frekuensi gejala berbeda-beda.Banyak gejala yang dapat muncul namun Anda belum tentu mengalami semua gejala fisik yang disebutkan tadi.

Gejala-gejala Hipertiroidisme


Gejala-gejala Hipertiroidisme yang umum terjadi diantaranya adalah kulit yang menghangat dan melembap, kedutan otot, palpitasi atau denyut jantung tidak beraturan dan cepat, kelenjar tiroid membesar dan menyebabkan leher tampak membengkak, gemetaran atau tremor, munculnya ruam atau biduran, rambut rontok dengan tidak merata, dan telapak tangan berwarna kemerahan.

Selain itu, ada juga gejela berupa berat badan turun tanpa alasan jelas, mudah marah dan emosional, hiperaktif seperti tidak bisa diam dan penuh perasaan cemas, emosional dan mudah marah, kelemahan otot, insomnia maupun kesulitan untuk tidur di malam hari, berkeringat dengan berlebihan dan sensitif dengan suhu panas, dorongan seksual menurun, kemandulan, lebih sering buang air kecil dan besar, dan adanya perubahan siklus menstruasi seperti menjadi tidak teratur atau berhenti sekaligus. Untuk penderita diabetes, hipertiroidisme dapat menyebabkan rasa haus dan lelah.

Mulanya Gejala-gejala Hipertiroidisme yang muncul bersifat ringan, namun saat kadar tiroksin di dalam darah meningkat, maka gejalanya akan bertambah parah. Semua gejala di atas bisa jadi tidak hanya disebabkan karena hipertiroidisme, namun jika mengalaminya, Anda sebaiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan penyebab gejala tersebut muncul.

Hindari kebiasaan menunda-nunda dalam memeriksakan diri ke dokter saat merasakan adanya gejala tidak biasa dalam tubuh Anda. Karena jika menunda-nunda, bisa jadi gejala menjadi parah dan Anda tahu-tahu sudah divonis penyakit yang serius dan sulit untuk di obati.                                                                              

By Rifaldi Abdul Ridwan - Kesehatan Rabu, 12 Oktober 2016 09:54:00

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Penyakit Urin Sirup Maple

Penyakit urin sirup maple atau…

Kesehatan
Manfaat Mengkonsumsi Suplemen

Manfaat Mengkonsumsi Suplemen. fungsi suplemen.…

Kesehatan
Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan

Berikut ini kami akan menjelaskan…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top