Tanya Herbal

Gejala Cedera Saraf Tulang Belakang

Meski umumnya cedera tulang belakang disebabkan kecelakaan yang bisa menimpa semua orang, namun terdapat beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kondisi tersebut terjadi. Diataranya adalah faktor usia, jenis kelamin, sering melakukan aktivitas yang memiliki risiko terjatuh, serta mempunyai gangguan sendi atau tulang.


Biasanya usia 16 sampai 30 tahun lebih rentan mengalami cedera pada saraf tulang belakang. Begitu juga pada orang lansia di atas 65 tahun yang rentan cedera diakibatkan karena jatuh. Gejala cedera saraf tulang belakang lebih sering dialami oleh laki-laki dibandingkan dengan perempuan.

Cedera yang terjadi pada saraf tulang belakang bisa mempengaruhi fungsi sensorik dan motorik tubuh. Misalnya mati rasa, sakit, sampai terjadi kelumpuhan. Hal tersebut bergantung pada tingkat lokasi dan keparahan cedera. Tingkat keparahan cedera dibagi dua yakni lengkap atau menyeluruh serta tidak lengkap atau lokal.

Untuk tingkat cedera lengkap akan membuat hilangnya semua kemampuan yang bersifat sensorik dan kemampuan mengendalikan pergerakan area yang dipersarafi tulang belakang yang sedang cedera. Sedangkan cedera tidak lengkap terjadi jika masih terdapat beberapa fungsi motorik maupun sensorik yang bekerja. Cedera jenis tersebut mempunyai berbagai tingkat keparahan tersendiri.

Tidak hanya itu, kelumpuhan karena cedera tulang belakang juga bisa dikategorikan menjadi quadriplegi atau tetraplegia yang dapat mempengaruhi keempat anggota gerak, perut, dan dada. Selain itu, ada pula paraplegia yang mempengaruhi anggota organ panggul dan anggota gerak bawah.

Cedera yang terjadi pada saraf tulang belakang bisa mempunyai satu maupun lebih gejala seperti tidak bisa bergerak, hilangnya kemampuan dalam merasakan panas, sentuhan, dan dingin, sulit untuk batuk, sulit bernafas, dan sulit mengeluarkan cairan dari paru-paru, rasa sakit maupun tersengat karena saraf tulang belakang rusak, hilang kendali terhadap proses tubuh yang kaitannya dengan kandung kemih dan usus seperti sulit menahan buang air kecil atau buang air besar, mengalami refleks maupun kejang berlebihan, perubahan terhadap hal yang berhubungan dengan fungsi seksual, aktivitas seksual, maupun fertilitas.

Sebaiknya waspadai gejala darurat yang muncul setelah kecelakaan sebagai indikasi adanya cedera pada saraf tulang belakang seperti rasa sakit atau tekanan pada kepala, leher, maupun punggung, kesemutan pada jari tangan atau jari kaki, sulit menjaga keseimbangan tubuh saat berjalan, mengalami gangguan pernafasan usai kecelakaan, bagian tubuh menjadi lemah, lumpuh, atau tidak terkoordinasi. Kondisi tersebut bisa muncul setelah terjadinya pendarahan maupun pembengkakan di saraf tulang belakang.

Gejala cedera saraf tulang belakang lainnya adalah posisi leher maupun punggung yang terpelintir ke arah yang kurang normal. Jika hal-hal tersebut terjadi pada Anda, segera konsulitasi kesehatan Anda bersama dokter.


By Nandang Rohimat - Kesehatan Rabu, 12 Oktober 2016 07:58:10

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Manfaat Mengkonsumsi Suplemen

Manfaat Mengkonsumsi Suplemen. fungsi suplemen.…

Kesehatan
Penyebab Batuk dan Cara Mengobati Batuk Pada Anak-Anak

Informasi lengkap tentang penyebab batuk…

Kesehatan
Budesonide Obat Penyakit Crohn Atau Radang Usus

selain berkhasiat mengatasi hepatitis dan…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top