Tanya Herbal

Beberapa Faktor Yang Diduga Penyebab Autisme

Beberapa faktor yang diduga penyebab autisme antara lain karena faktor keturunan, pengaruh ketika masih dalam kandungan dan pada saat kelahiran, faktor neurologis, faktor psikologis serta pengaruh usia sang ibu ketika sedang dalam masa kehamilan.


Autisme merupakan kondisi dimana seseorang tidak mampu untuk berkomunikasi dan berinteraksi sosial karena adanya gangguan indrawi dan perilaku emosi. Ciri anak autis akan mulai terlihat sebelum anak berusia tiga tahun. Autisme primer merupakan jenis autisme yang umum terjadi. Jumlahnya sekitar 90 persen dari seluruh orang penyandang autisme.

Pada kasus tertentu, autisme bisa pula disebabkan karena suatu penyakit atau bisa juga karena faktor lingkungan. Austime sekunder tersebut bisa dibilang jarang terjadi dan hanya dialami 10 persen penyandang autisme secara keseluruhan. Bebera pa hal yang diperkirakan menjadi penyebab autisme namun belum ada bukti lebih lanjut diantaranya adalah vaksin campak, rubella, dan gondong, pola asuh anak, serta pola makan.

Berikut kami jelaskan beberapa faktor yang diduga penyebab autisme yang bisa dipakai untuk mengelompokkan faktor pemicu terjadinya autisme pada anak.

1. Faktor keturunan
Adanya mutasi dari gen tertentu bisa mempertinggi risiko autisme pada anak. Gen-gen keturunan tertentu bisa membuat anak lebih rentan terhadap autisme. Jika ada orang tua dengan anaknya yang mengalami autis, mereka memiliki kemungkinan lebih tinggi memiliki anak lainnya yang mengidap autis lagi.

2. Pengaruh masa dalam kandungan dan pengaruh kelahiran
Seorang anak yang mengidap autis bisa saja pernah terpajang faktor-faktor lingkungan tertentu selama dia berada dalam kandungan. Beberapa peneliti mengungkapkan teori bahwa anak yang rentan terhadap autisme biasanya akan positif mengidap autisme jika terpajang faktor lingkungan seperti terpajang obat-obatan, alkohol, atau sodium valproate untuk mengobati epilepsi selama dalam kandungan.

3. Pengaruh faktor neurologis
Menurut beberapa teori medis yang mempelajari mengenai penyandang autisme, koneksi bagian-bagian otak pada orang yang mengidap autisme bisa jadi mengalami kekacauan sehingga menjadi hipersensitif. Koneksi tersebut membuat penyandang autisme tiba-tiba merasakan respon emosional berlebih ketika melihat objek tertentu. Inilah yang menjadi alasan penyandang autisme menyukai rutinitas berulang seperti mengetuk-ngetuk meja atau akan menjadi sangat marah jika ada perubahan.

4. Pengaruh faktor psikologis
Perbedaan dalam pola pikir menjadi salah satu faktor risiko yang mempengaruhi gejala penyandang autisme. Theory of mind atau teori pikiran menjadi dasar dalam penelitian yang mendalami kemungkinan faktor psikologis terhadap orang autis.Teori tersebut memaparkan mengenai kemampuan orang dalam memahami kondisi kejiwaan orang lain serta menyadari bahwa setiap individu memiliki emosi, keinginan, hasrat, dan keyakinan masing-masing. Anak-anak normal umumnya memiliki teori pikiran ketika berusia empat tahun. Sedangkan anak-anak dengan autisme mempunyai pemahaman terbatas mengenai teori ini bahkan tidak memilikinya sama sekali.

5. Pengaruh usia ibu
Risiko anak mengidap autisme biasanya akan meningkat jika ibu yang menjalani masa kehamilan dan melahirkan di usia yang lebih tua seperti di atas 35 tahun.

Itulah beberapa faktor yang diduga penyebab autisme pada seorang anak. Untuk itu, mulai lah dengan kebiasaan hidup sehat dan perbanyak pengetahuan tentang kehamilan dan perawatan tentang anak mulai dari masa kandungan, kelahiran hingga anak tumbuh besar.

By Ari Hermansyah - Kesehatan Selasa, 11 Oktober 2016 10:58:31

Beberapa Faktor Yang Diduga Penyebab Autisme
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Beberapa faktor yang diduga penyebab autisme antara lain karena faktor keturunan, pengaruh ketika masih dalam kandungan dan pada saat kelahiran, faktor neurologis, faktor psikologis serta pengaruh usia sang ibu ketika sedang dalam masa kehamilan.
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Manfaat Mengkudu Untuk Mencegah Kanker

Berikut Ini informasi lengkap tentang…

Kesehatan
Penyebab Orang Mengalami Buta Warna

Penyebab Orang Mengalami Buta Warna…

Kesehatan
5 Manfaat Teripang Laut Untuk Kesehatan

Teripang laut bisa dijadikan bahan…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top