Tanya Herbal

Bromhexine Obat Mukolitik Untuk Mengencerkan Dahak

Ada berbagai jenis obat yang bisa diminum untuk mengencerkan dan mengurangi dahak dalam saluran pernafasan. Salah satunya adalah bromhexine obat mukolitik untuk mengencerkan dahak serta mendukung mekanisme tubuh dalam membuang dahak. Pilek ringan bisa menyebabkan dahak. Tuberkulosis, iritasi, pneumonia, serta beberapa kondisi medis lain bisa juga menyebabkan dahak menggumpal dalam paru-paru. Iritasi yang terjadi biasanya akan menyebabkan masuknya partikel asing penyebab sel mukosa atau lendir diproduksi dengan berlebihan.


Penyebab tersebut harus ditangani dengan cepat dan dengan cara yang benar. Salah satunya dengan menngonsumsi bromhexine. Obat yang tergolong obat resep ini secara umum berguna untuk meredakan batuk yang disertai dengan dahak. Bromhexine yang berbentuk obat cair dan tablet ini bisa dikonsumsi anak-anak dan orang dewasa.

Perempuan yang sedang merencanakan program kehamilan, sedang hamil, serta sedang menyusui sebaiknya konsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi bromhexine. Hati-hati dalam mengonsumsinya jika Anda adalah penderita gangguan ginjal, tukak lambung, gangguan hati, atau memiliki sistem kekebalan tubuh rendah karena kemoterapi atau HIV. Hubungi dokter segera jika alergi atau overdosis bromhexine.

Dosis bromhexine obat mukolitik untuk mengencerkan dahak akan disesuaikan dengan usia pasien. Tidak hanya itu, ada dua bentuk obat bromhexine yang bisa diminum yakni obat cair dan tablet. Anak yang berusia 2 sampai 5 tahun, bromhexine yang diberikan biasanya beruba obat cair. Berikut akan kami berikan penjelasan mengenai dosis bromhexine.

  • Untuk orang dewasa atau anak-anak yang berusia di atas 12 tahun, dosisnya adalah 8 miligram dengan takaran 3 kali per hari.
  • Untuk anak-anak yang berusia 6 sampai 12 tahun, dosisnya 4 miligram dengan takaran 3 kali per hari.
  • Untuk anak-anak yang berusia 2 sampai 5 tahun, dosisnya 2,5 mililiter dengan takaran 3 kali per hari.

Konsumsi bromhexine dengan benar, ikuti petunjuk dokter serta biasakan untuk membaca petunjuk yang terdapat pada kemasan obat. Tidak dianjurkan untuk mengurangi atau menambahkan dosis tanpa sepengetahuan dokter.

Bromhexine dapat dikonsumsi dengan ataupun tanpa makanan. Khusus untuk obat cair, kocok dulu sebelum diminum. Disarankan agar tidak mengonsumsi bromhexine lebih dari 14 hari tanpa adanya anjuran dokter. Pasien yang lupa mengonsumsi bromhexine, sebaiknya segera mengonsumsinya saat ingat namun jika jadwal dosis minum selanjutnya tidak begitu dekat. Tidak direkomendasikan untuk menggandakan dosis di jam minum berikutnya jika ada dosis yang terlewat.

Bromhexine obat mukolitik untuk mengencerkan dahak berpotensi menyebabkan efek samping seperti mual dan muntah, kembung, gangguan pencernaan seperti diare, muncul ruam pada kulit, pusing, dan sakit kepala.

By Ari Hermansyah - Obat Kimia Selasa, 11 Oktober 2016 10:24:06

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Obat Yang Ampuh Untuk Alergi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Siang Dok.. Keponakan aku dari semalem tadi matanya bengkak juga sering gatal". Tapi aneh nya, gatal yang timbul itu kadang ada kadang engga, uda pake minyak / salep karena gigitan…

  • Obat Anemia Defisiensi Besi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Selamat siang dok. Adik saya divonis mengidap anemia defisiensi besi, obat yang tepat untuk mengobati anemia tersebut kira-kira apa ya dok ?

  • Wanita Hamil Minum Itraconazole

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Selamat pagi dok.. Saya bumil masuk usia kandungan 6 bulan, saya terserang infeksi jamur pada kulit. Yang mau saya tanyakan adalah, apakah saya bisa mengkonsumsi obat jamur Itraconazole ? Tolong…

  • apa efek samping dari obat Dimethicone?

    1 Balasan

    Obat Kimia

    saya mau perawatan kulit nih dok kata temen saya pake obat Dimethicone untuk menjaga kulit saya supaya tetap lembut dan cantik dok. Saya mau tanya apakah ada efek sampingnya dok…

  • Apakah Obat Clenbuterol Aman Untuk Ibu Hamil ?

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Siang Dok ... Mau Tanya nih kalau mengkonsumsi obat clenbuterol aman untuk ibu hamil gak? Kasih jawaban yang jelas ya dok Terimakasih .


Obat Kimia
Betametason, Obat Untuk Menekan Sistem Kekebalan Tubuh

Sedang menggunakan Betametason? Silahkan simak…

Obat Kimia
Ethambutol Obat Untuk Mengobati Tuberkulosis

Ethambutol adalah obat yang biasa…

Obat Kimia
Bromelain, Enzim Untuk Membantu Mencerna Protein

Bromelain merupakan enzim protease yang…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top