Tanya Herbal

Obat Untuk Menangani Alergi

Setiap orang memiliki jenis alergi berbeda-beda seperti alergi makanan, debu, bulu binatang, sampai obat-obatan. Cara menghindari alergi yang paling mudah adalah dengan menghindari alergennya. Namun jika alergi sudah terlanjur muncul, berikut kami berikan informasi mengenai jenis obat-obatan yang bisa dipakai untuk menangani alergi.


Antihistamin. Cara kerja obat ini adalah dengan menghambat efek senyawa histamin yang membuat berbagai gejala alergi seperti hidung beringus, sesak nafas, serta mata berair. Antihistamin bisa dipakai dalam bentuk krim, tablet, semprot hidung, tetesmata, dan obat cair. Namun sebaiknya hati-hati dalam memakai semprot hidung ataupun tetes mata karena tidak semua obat antihistamin cocok dipakai segala usia. Sebelum menggunakan obat antihistamin, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter.

Obat Kortikosteroid. Obat Untuk Menangani Alergi ini bisa diandalkan untuk menangani peradangan yang terjadi pada saluran pernafasan seperti hidung yang tersumbat. Efek samping obat ini jarang dirasakan oleh pengguna karena hanya sedikit yang bisa diserap tubuh.

Dekongestan. Jenis obat alergi yang kedua ini biasanya tersedia dalam kapsul dan tablet, tetapi ada juga yang berbentuk semprot hidung atau obat tetes. Dekongestan bermanfaat untuk melegakan hidung yang tersumbat. Namun disarankan untuk tidak dipakai dalam jangka panjang.

Penghambat Leukotriene. Leukotriene merupakan senyawa yang bisa menyebabkan pembengkakan di saluran pernafasan ketika terjadi reaksi alergi. Obat ini berfungsi untuk menghambat efek leukotriene serta bisa dipakai dalam bentuk tablet. Contoh obat penghambat leukotriene adalah zafirlukast dan monteleukast.

Jika alergi mempunyai kemungkinan untuk menyebabkan serangan anafilaksis, sebaiknya Anda selalu membawa suntikan epinefrin yang direkomendasikan dokter. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kalung atau gelang penanda alergi sehingga jika anafilaksis terjadi, orang di sekitar bisa bertindak dengan cepat.

Pencegahan alergi sebenarnya tergantung pada alergennya. Cara paling sederhana dan efektif untuk mencegah terjadinya alergi adalah dengan menghindari allergen atau pemicu alergi. Namun tidak semua sumber alergi bisa dihindari seperti makanan, hewan peliharaan, dan tungau debu. Berikut kami berikan beberapa saran yang bisa dilakukan agar terhindar dari allergen tersebut :

1. Gunakan masker ketika keluar rumah jika Anda alergi debu atau sebelum keluar konsumsi dulu Obat untuk alergi.
2. Gunakan pakaian tertutup serta oleskan lotion penolak serangga jika bepergian terutama ketempat yang banyak serangga.
3. Bersihkan rumah dengan rutin terutama ruangan yang sering dipakai seperti ruang keluarga dan kamar tidur yang rawan tungau debu.
4. Membersihkan rumah sebaiknya tidak menggunakan kemoceng.
5. Membuka jendela ataupun pintu sehingga sirkulasi udara lebih lancer dan ruangan tidak terasa pengap dan lembap.
6. Tempatkan hewan peliharaan di satu ruangan tertentu saja.
7. Membersihkan kandang hewan pelihraan secara rutin.

Baiklah, hanya itu saja yang bisa kami berikan informasinya kepada Anda, semoga bermanfaat dan apabila ada salah-salah kata dalam penulisan artikel ini kami mohon maaf, Terimakasih sampai jumpa di artikel selanjutnya.

By Raka Dimas - Pengobatan Senin, 10 Oktober 2016 14:21:05

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Pengobatan
Cara Mengobati Bronkitis Akut

Bronkhitis adalah penyakit yang sering…

Pengobatan
Cara Mengobati Batuk Rejan Sebelum Terjadi Komplikasi

Cara Mengobati Batuk Rejan Sebelum…

Pengobatan
Mengobati Angin Duduk Dengan Operasi

Angin duduk atau angina merupakan…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top