Tanya Herbal

Kenali Faktor Penyebab Anemia Berikut Ini

Gejala anemia karena kekurangan zat besi kadang-kadang sulit dideteksi karena gejalanya ringan. Oleh sebab itu sangat penting sekali untuk kenali faktor penyebab anemia berikut ini karena gejala yang muncul biasanya tergantung pada seberapa parah anemia yang diderita.

Gejala anemia diantaranya adalah mudah lelah, mudah tersinggung, sesak nafas, mukapucat, kurang berenergi, pusing, sakit kepala, susah berkonsentrasi atau berpikir, nafsu makan menurun, hilang seleramakan, merasa kesemutan pada kaki, kaki dan tangan sering terasa dingin, lidah bengkak dan terasa sakit, kuku rapuh dan gampang patah, sakit dada, sistem kekebalan tubuh menurun sehingga rentan infeksi, jantung terasa berdebar, dan rambut mudah patah dan rontok.


Untuk memastikan apakah Anda terkena anemia atau tidak, yang bisa dilakukan adalah konsultasi kesehatan dan  tes darah. Tes darah bisa menunjukkan jika Anda kekurangan zat besi ataupun zat lain yang diperlukan untuk memproduksi sel darah merah sehat. Ada banyak faktor yang menyebabkan anemia.

Kenali Faktor Penyebab Anemia Berikut Ini

Berikut kami rangkum faktor penyebab anemia:

1. Selsabit - Anemia selsabit sebenarnya seringkali disebabkan karena faktor genetik. Kondisi tersebut terjadi ketika sel darah merah cacat atau berbentuk sabit dan tidak mampu membawa cukup oksigen keseluruh tubuh. Normalnya, bentuk sel darah merah adalah seperti koin dengan lapisan tengah lebih tipis. Namun pada orang yang memiliki kelainan bentuk sel darah merah, bentuknya akan seperti sabit, lebih mudah pecah, serta mudah menggumpal.

2. Malanutrisi - Penyebab anemia lainnya adalah karena kurangnya asupan zat besi dalam makanan. Hal ini menjadi penyebab anemia nomor wahid di tanah air. Menu makanan yang kurang variatif menjadi faktor penyebab anemia. Oleh karena itu, penderita anemia harus meningkatkan jumlah konsumsi makanan yang kaya zat besi serta membuat menu makanan yang sesuai dengan gizi seimbang. Makanan yang kaya zat besi diantaranya adalah tahu, brokoli, bayam, ikan, serta daging merah.

3. Talasemia - Pernahkah Anda mendengar penyakit talasemia? Penyakit genetik ini adalah kondisi dimana seseorang tidak mampu memproduksi hemoglobin yang normal. Penderita talasemia di Indonesia terbilang tinggi dibandingkan dengan negara lain. Jika tidak bisa dikendalikan dengan baik, penderita talasemia memiliki risiko tinggi mengalami anemia.

4. Masa kehamilan dimana kebutuhan zat besi lebih tinggi - Perempuan hamil biasanya rentan terkena anemia karena saathamil, zat besi yang diperlukan tubuh sangat tinggi karena harus dibagi dua dengan kebutuhan janin.

5. Pendarahan berlebih ketika menstruasi - Perempuan yang sedang haid biasnaya rentan terkena gejala anemia. Oleh karena itu, jaga asupan ketika sedang menstruasi agar gejala anemia tidak muncul.

6. Efek samping dari obat anti inflamasi non steroid (OAINS) - Penggunaan OAINS seperti aspirin dan ibu profen bisa membuat pendarahan pada sistem pencernaan. Jika dibiarkan lama, luka di lapisan dinding lambung dapat menyebabkan pendarahan yang berkesinambungan dan menyebabkan anemia.


By Rahman Amaruloh - Kesehatan Jum'at, 07 Oktober 2016 08:40:35

Kenali Faktor Penyebab Anemia Berikut Ini
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Sangat penting sekali untuk kenali faktor penyebab anemia berikut ini karena gejala yang muncul biasanya tergantung pada seberapa parah anemia yang diderita.
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    4 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Cara Mencegah Penyebaran E Coli

Infeksi E Coli merupakan infeksi…

Kesehatan
Cara Mengobati dan Menghilangkan Nyeri Sendi dengan Bahan Alami

Cara Mengobati dan Menghilangkan Nyeri…

Kesehatan
Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kesehatan.…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top