Tanya Herbal

Cara Mengobati Bisul Secara Alami

Bisul merupakan benjolan berisi nanah pada kulit berwarna merah yang rasanya sakit. Benjolan tersebut biasanya muncul karena infeksi bakteri yang memicu inflamasi pada bagian folikel rambut atau lubang tempat tumbuhnya rambut. Wajah, ketiak, leher, bokong, paha, dan bahu adalah bagian tubuh yang paling sering menjadi tempat tumbuhnya bisul. Hal tersebut dikarenakan bagian itu sering berkeringat dan mengalami gesekan. Bisul bisa tumbuh pula pada kelopak mata. Kondisi tersebut dikenal dengan istilah bintitan.

Sebelum mengenal Cara Mengobati Bisul Secara Alami mari kita simak ulasan gejala serta penyebab bisul itu sendiri.


Gejala Bisul

Gejala bisul adalah berupa benjolan merah pada kulit. Di tahap awal,  ukurannya kecil kemudian akan disertai dengan benjolan merah, bengkak, serta terasa hangat ketika disentuh. Hal tersebut mengindikasikan infeksi sudah menyebar kekulit yang ada di sekitarnya. Bisul yang telah ‘matang’ biasanya memiliki titik putih di bagian puncak benjolan.

Kondisi tersebut memang jarang membutuhkan penanganan medis karena bisa sembuh dengan sendirinya.Meski begitu, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter jika mengalami bisul yang menyebabkan demam, tumbuh di dalam wajah, hidung, maupun tulang belakang, membesar di atas 5 cm serta terasa sakit, tumbuh lebih dari satu di lokasi yang sama, sering kambuh, dan tidak sembuh selama lebih dari 14 hari.

Penyebab Bisul

Perlu Anda ketahui, penyebab bisul adalah bakteri yang bernama Staphylococcus aureus yang  bisa ditemukan dalam hidung manusia tanpa memicu infeksi apapun. Infeksi terjadi saat bakteri masuk sampai folikel lewat luka gores atau pun gigitan serangga. Bakteri dari bisul kadang menyebar kebagian tubuh lain dan jika menyebar di lapisan kulit maka akan timbul impetigo atau luka melepuh, selulitis, hingga menyebar ketulang atau osteomyelitis. Penyebaran tersebut bisa memicu terjadinya sepsis yang memiliki potensi menyebabkan infeksi pada organ tubuh seperti jantung.Tidak hanya itu, bisul juga bisa meninggalkan scar atau bekas luka.

Cara Mengobati Bisul Secara Alami

Bisul dapat terjadi pada siapa saja serta ada berbagai faktor yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena bisul. Faktor tersebut diantaranya adalah kontak secara langsung dengan pengidap, kurang menjaga kebersihan pribadi maupun lingkungan, memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, dan sering mengalami masalah kulit seperti jerawat. Bisul umumnya lebih banyak menyerang remaja.

Lalu bagaimana cara mengobati bisul secara alami? Sangat mudah sekali.Langkah yang paling sederhana adalah dengan mengompres bisul menggunakan air hangat dan lap bersih. Lakukan tiga kali dalam sehari.Langkah ini mampu mengurangi rasa sakit serta mendorong nanah agar berkumpul di puncak benjolan.

Selanjutnya, bersihkan bisul menggunakan kain kasa dan alkohol serta sabun anti-bakteri. Bubuhkan juga obat oles pada bagian bisul. Jangan lupa mencuci tangan dulu sebelum dan sesudah mengoleskan obat.

Dan untuk anda yang mencari obat herbal untuk mengatasi bisul anda bisa menggunakan kolom tanya di situs ini untuk menanyakan obat herbal yang tepat untuk bisul anda, silahkan klik tombol tambah pertanyaan kemudian ajukan pertanyaan anda seputar bisul dan obat herbalnya.

Tim kami akan membantu anda merekomendasikan obat obatan herbal untuk mengatasi bisul yang anda alami, Semoga bermanfaat

By Rifaldi Abdul Ridwan - Pengobatan Rabu, 05 Oktober 2016 14:09:52

Cara Mengobati Bisul Secara Alami
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Terkhusus untuk anda yang sedang memiliki bisul di area tubuh nya wajib simak Cara Mengobati Bisul Secara Alami di tanya herbal
Pengobatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Pengobatan
Asam Ursodeoksikolat, Zat Untuk Mengobati Batu Empedu

Asam ursodeoksikolat zat untuk mengobati…

Pengobatan
Cara Mengatasi Gejala Hipoglikemia

Inilah cara mengatasi gejala hipoglikemia…

Pengobatan
Cara Mengatasi Rasa Sakit Ketika Mata Bintitan

Bintitan merupakan kondisi adanya bintil…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top