Tanya Herbal

Asam Ursodeoksikolat, Zat Untuk Mengobati Batu Empedu

Asam ursodeoksikolat zat untuk mengobati batu empedu merupakan sejenis zat yang biasa sering dipakai untuk dijadikan salah satu bahan pengobatan batu empedu. Penyakit batu empedu merupakan kondisi yang terjadi karena adanya pengerasan atau pengkristalan kolesterol dalam saluran empedu sehingga membuat orang yang mengalaminya akan merasakan sakit pada bagian perut. Tidak hanya rasa nyeri, jika kondisi ini dibiarkan dan tidak diobati maka batu empedu dapat menyebabkan komplikasi seperti penyakit kuning atau jaundice serta radang pankreasi atau pankreatitis.


Dalam mengobati baju empedu, Asam ursodeoksikolat bekerja dengan mengurangi pelepasan kolesterol dari hati ke kantong empedu serta melarutkan kolesterol sampai batu pecah. Obat yang berjenis asam empedu ini tergolong obat resep yang bermanfaat dalam mengobati penyakit batu empedu. Hanya boleh dikonsumsi orang dewasa, obat ini berbentuk cairan, kapsul, dan tablet.

Untuk perempuan yang sedang hamil dan menyusui alangkah baiknya tidak untuk mengonsumsi Asam ursodeoksikolat kecuali jika dokter menyarankan. Anak-anak juga tidak direkomendasikan untuk mengonsumsi Asam ursodeoksikolat. Hati-hati dalam mengonsumsi obat ini jika sedang mengalami gangguan hati, mengalami penyakit yang berhubungan dengan kandung empedu, serta penyakit yang berhubungan dengan usus seperti kolitis ulseratif dan penyakit Crohns.

Konsultasikan dengan dokter jika sedang mengonsumsi obat apapun, terutama obat yang tergolong pengganti hormon atau kontrasepsi. Tidak dianjurkan untuk mengonsumsi asam ursodeoksikolat zat untuk mengobati batu empedu ini apabila berbarengan dengan mengonsumsi obat-obatan lain tanpa adanya petunjuk dari dokter. Hal tersebut dikhawatirkan bisa menyebabkan efek samping merugikan.

Dosis Asam ursodeoksikolat yang paling umum adalah 450 hingga 600 miligram per hari yang dibagi menjadi dua jadwal konsumsi yakni siang dan malam. Asam ursodeoksikolat sebaiknya dikonsumsi setelah makan. Gunakan Asam ursodeoksikolat dengan benar dengan mengikuti anjuran dokter serta membaca informasi yang terdapat dalam kemasan sebelum mengonsumsinya. Beri jarak waktu cukup antara satu dosis dengan dosis selanjutnya. Upayakan untuk mengonsumsi Asam ursodeoksikolat di jam yang sama setiap hari agar efeknya maksimal.

Pasien yang lupa dalam mengonsumsi Asam ursodeoksikolat sebaiknya segera mengonsumsinya begitu ingat dengan catatan jadwal minum selanjutnya tidak terlalu dekat. Dikarenakan tidak dianjurkan untuk menggandakan dosis di jadwal selanjutnya untuk mengganti dosis yang terlewat. Pengobatan kasus batu empedu menggunakan Asam ursodeoksikolat zat untuk mengobati batu empedu pada umumnya akan berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk menghentikan pengobatan hingga waktu yang ditentukan dokter.Kenali pula efek samping serta bahaya asam ursodeoksikolat seperti ruam pada kulit dan terasa gatal seperti reaksi alergi, diare, serta mual.

By Hanif Maulana - Pengobatan Rabu, 05 Oktober 2016 08:46:22

Asam Ursodeoksikolat, Zat Untuk Mengobati Batu Empedu
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Asam ursodeoksikolat zat untuk mengobati batu empedu merupakan sejenis zat yang biasa sering dipakai untuk dijadikan salah satu bahan pengobatan batu empedu.
Pengobatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Pengobatan
Pengobatan Angin Duduk Resep Dokter

Pengobatan Angin Duduk Resep Dokter…

Pengobatan
Pengobatan Bronkiolitis dan Cara Mencegahnya

Bronkiolitis merupakan infeksi yang terjadi…

Pengobatan
Cara Mengobati Dan Mencegah Disentri Dengan Sederhana

Sangat penting sekali bagi Anda…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top