Tanya Herbal

Waspadai Jika Mengalami Batuk Darah

Waspadai Jika Mengalami Batuk Darah | Batuk darah atau yang disebut dengan hemoptysis merupakan keadaan saat seseorang mengalami batuk disertai dengan darah. Batuk biasanya merupakan gejala yang timbul karena berbagai kondisi baik serius ataupun tidak. Jika batuk berdarah dialami mereka yang terbilang masih muda dengan riwayat kesehatan baik, umumnya hal tersebut bukan pertanda adanya penyakit serius. Namun jika yang mengalaminya diketahui mempunyai riwayat kesehatan buruk seperti seorang perokok, kemungkinan besar batuk berdarah tersebut adalah sebuah gejala dari kondisi serius.



Bentuk batuk berdarah bervariasi. Ada yang disertai dengan busa, ada yang berwarna merah ada, ada juga darah yang disertai dengan lendir. Sebaiknya jika Anda mengalami hal tersebut, segera hubungi dokter. Terlebih jika batuk darah disertai dengan dahak, dengan volume darah yang banyak, disertai gejala turun berat badan, hilang nafsu makan, sesak nafas, pusing, demam, berkeringat di malam hari, nyeri dada, urine dan kotoran juga bercampur dengan darah, serta berlangsung lebih dari seminggu. Nah, oleh karena itu waspadai jika mengalami batuk darah.

Berikut akan kami jelaskan penyakit yang mungkin sedang Anda derita ketika Anda batuk darah.

  • Bronkhitis. Batuk berdarah karena bronkhitis jarang berkembang menjadi masalah serius atau mengancam nyawa penderitanya.
  • Bronkiektasis. Jenis penyakit paru - paru seperti bronkiektasis juga bisa menjadi penyebab penumpukan lendir dalam saluran nafas sehingga berpotensi menyebabkan batuk darah.
  • Infeksi paru - paru. Tidak hanya batuk darah, penderita juga biasanya mengeluarkan dahak bernanah atau berwarna merah disertai dengan demam dan sesak nafas.
  • Penumpukan cairan atau edema paru. Batuk berdarah juga bisa terjadi pada orang yang menderita edema paru yang terdiagnosis menderita penyakit jantung. Darah yang keluar ketika batuk bisa mempunyai tekstur berbusa atau berwarna merah muda.
  • Tuberkulosis atau TBC. Penyakit ini tergolong infeksi paru - paru parah.Tidak hanya batuk darah, TBC juga bisa membuat penderitanya berkeringat berlebih sampai mengalami demam.
  • Penggumpalan darah atau emboli paru. Tidakhanya batuk darah, kondisi tersebut juga bisa membuat sesak nafas dan nyeri dada dengan tiba - tiba.
  • Kanker tenggorokan atau kanker paru - paru. Waspadai jika Anda batuk berdarah, bisajadi Anda itu adalah gejala kanker tenggorokan atau kanker paru - paru.
  • Efek samping dari penggunaan obat - obatan. Batuk darah bisa jadi sebagai efek samping penggunaan narkoba atau efek samping obat - obatan pengencer darah.

Selain kondisi yang disebutkan di atas, batuk darah juga dapat disebabkan karena pendarahan yang terjadi di dalam mulut, tenggorokan, maupun hidung yang bercampur air liur saat penderita batuk. Namun saat Anda mengalami batuk darah, hal yang sebaiknya dilakukan adalah pergi kedokter atau rumah sakit terdekat untuk didiagnosis dan diberikan pengobatan dengan cepat.

Nah, sekian ulasan tentang waspadai jika mengalami batuk darah yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda dan keluarga.

By Yayat Ruhiyat - Kesehatan Rabu, 05 Oktober 2016 08:21:19

Waspadai Jika Mengalami Batuk Darah
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
SImaklah informasi kali ini yang akan saya bahas secara lengkap yang pastinya bermanfaat untuk anda, yaitu tentang Waspadai Jika Mengalami Batuk Darah.
Kesehatan - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Anak batuk terus, Kenapa ya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, bayi saya umurnya 3 bulan udah sekitar 7 hari lebih batu terus, Padahal udah konsultasi ke dokter anak dan dikasih obat, Tapi sampai sekarang kenapa terus batuk ya?…

  • Nyeri saat mentruasi tak tertahankan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Baru-baru ini diawal mentruasi saya sering sakit dan rasanya itu tak tertahankan, tapi sebelumnya gak pernah kaya gini, ini kenapa ya?

  • Apa Penyebab Dari Dermatitis Seboroik

    2 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ,, nama saya dea dari jakarta, mau tanya dok, Apakah penyebab dari dermatitis seboroik dan apakah dermatitis seboroik bisa hilang dengan pake shampo? Tolong jawab ya terimakasih..

  • Bagaimana cara mencegah diare kambuh?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok, Saya safa, Sudah 3 hari lebih saya ini mengalami diare dok, dan ini adalah penyakit langganan saya tapi jika diobati langsung sembuh tapi suka kambuh lagi. yang saya…

  • Apakah daun sirih bisa mengobati demam berdarah?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Hallo dok ... nama saya rita dari bandung, mau tanya dok 4 hari kemudian saya demam tinggi apakah ini tanda-tanda demam berdarah? Terus apakah dengan sirih hijau bisa menurunkan demam…


Kesehatan
Lakukan Penanganan Disleksia Sejak Dini

Lakukan Penanganan Disleksia Sejak Dini…

Kesehatan
Gejala dan Penyebab Batu Ginjal

Gejala batu ginjal yang sangat…

Kesehatan
Gejala-gejala Hipertiroidisme

Kelenjar tiroid yang terlalu aktif…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top