Tanya Herbal

Amonium Klorida, Senyawa Yang Terdapat Dalam Obat Batuk

Amunium klorida merupakan bahan yang dipakai dalam obat batuk yang bermanfaat untuk mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan. Amonium klorida dicampurkan dengan bahan lain seperti menthol dan diphenhydramine dalam mengatasi batuk dan hidung tersumbat yang mengganggu. Dalam dunia medis, amonium klorida dipakai sebagai ekspektoran dalam komposisi obat batuk juga sebagai makanan.

Amonium klorida terbentuk secara alami di wilayah vulkanik serta bisa juga diproduksi dengan cara sintetis. Penggunaan amonium klorida yang utama dalam dunia medis adalah untuk ekspektoran, obat yang menekan, merangsang, dan memodifikasi sekresi selaput lendir pada tenggorokan dan bronkial. Amonium klorida memang dianggap efektif dalam mengatasi batuk.


Namun hati-hati dalam mengonsumsinya, harus sesuai dengan anjuran dokter. Karena jika tidak, akan terjadi overdosis. Gejala overdosis yang terjadi ketika terlalu banyak mengonsumsi ammonium klorida adalah muntah, mual, sakit kepala, haus, kantuk progresif, dan hiperventilasi.  Selain itu, amonium klorida juga biasa dipakai sebagai suplemen makanan dan dipakai sebagai senyawa untuk menjaga tingkat pH serta memperbaiki situasi ketika darah mengandung terlalu banyak klorida atau terlalu banyak basa. Senyawa yang satu ini juga dipakai dalam mendukung mekanisme tubuh yang berkaitan dengan pengaturan kreatinin, nitrogen urea dalam darah dan asam urat, serta retensi nitrogen.

Sebagai informasi, amonium klorida diproduksi pertama kali di Eropa dan Mesir sekitar abad ke-13. Partikel Kristal diproduksi selama reaksi kimia yang terjadi antara gas asam klorida, komponen vulkanik, serta vegetasi kaya nitrogen dalam tanah serta sedimen di sekitar gunung berapi. Di Italia terdapat Gunung Vesuvius yang menjadi lokasi vulkanik paling melimpah dalam terbentuknya amonium klorida.

Amonium klorida termasuk obat bebas terbatas tetapi beberapa merek ada yang hanya boleh di konsumsi dengan resep dokter.  Bentuk obatnya adalah obat cair yang diminum dan bisa dikonsumsi anak-anak serta orang dewasa. Untuk perempuan hamil, sedang mencoba hamil, dan sedang menyusui tidak dianjurkan mengonsumsi obat ini. Hati-hati dalam mengonsumsi amonium klorida jika memiliki glaukoma sudut tertutup, hipertrofi prostat, asma, gangguan hati, dan retensi urine.

Dosis amonium klorida tergantung dari merek obat batuk atau pilek yang dikonsumsi. Biasakan untuk membaca aturan pakai dan jika ragu, tanyakan kepada dokter atau apoteker. Selama menjalankan pengobatan dengan amonium klorida, hindari minum alkohol karena bisa meningkatkan efek samping. Efek samping amonium klorida diantaranya adalah pusing, mengantuk, mual dan muntah darah, sakit kepala, serta mulut kering.

Hubungi dokter segera jika selama mengonsumsi amonium klorida, penyakit gejala tidak kunjung sembuh atau efek samping tidak juga mereda. Apabila anda mempunyai pertanyaan, langsung saja tanyakan pada tanya herbal.


By Dede Rusdiaman - Obat Kimia Jum'at, 30 September 2016 14:14:49

Amonium Klorida, Senyawa Yang Terdapat Dalam Obat Batuk
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Amunium klorida merupakan bahan yang dipakai dalam obat batuk yang bermanfaat untuk mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan.
Obat Kimia - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Obat Yang Ampuh Untuk Alergi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Siang Dok.. Keponakan aku dari semalem tadi matanya bengkak juga sering gatal". Tapi aneh nya, gatal yang timbul itu kadang ada kadang engga, uda pake minyak / salep karena gigitan…

  • Obat Anemia Defisiensi Besi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Selamat siang dok. Adik saya divonis mengidap anemia defisiensi besi, obat yang tepat untuk mengobati anemia tersebut kira-kira apa ya dok ?

  • Wanita Hamil Minum Itraconazole

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Selamat pagi dok.. Saya bumil masuk usia kandungan 6 bulan, saya terserang infeksi jamur pada kulit. Yang mau saya tanyakan adalah, apakah saya bisa mengkonsumsi obat jamur Itraconazole ? Tolong…

  • apa efek samping dari obat Dimethicone?

    1 Balasan

    Obat Kimia

    saya mau perawatan kulit nih dok kata temen saya pake obat Dimethicone untuk menjaga kulit saya supaya tetap lembut dan cantik dok. Saya mau tanya apakah ada efek sampingnya dok…

  • Apakah Obat Clenbuterol Aman Untuk Ibu Hamil ?

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Siang Dok ... Mau Tanya nih kalau mengkonsumsi obat clenbuterol aman untuk ibu hamil gak? Kasih jawaban yang jelas ya dok Terimakasih .


Obat Kimia
Chlorpromazine, Obat Untuk Mengatasi Gangguan Mental

Chlorpromazine, Obat Untuk Mengatasi Gangguan…

Obat Kimia
Cefuroxime, Obat Untuk Infeksi Karena Bakteri

Obat ini bisa mengatasi infeksi…

Obat Kimia
Dopamine, Obat Jantung dan Gagal Ginjal

Dosis dopamine untuk setiap pasien…

Tanya Herbal

Terima kasih atas kunjungannya

Jika bermanfaat, bantu kami untuk share informasinya

Dan

Ikuti Update Terbaru Kami Di :

Top